taupasar.com

we read, we create and we share it.

9 Tips Penjualan di Shopee Laku Keras Dijamin Untung Puluhan Juta

9 Tips Penjualan di Shopee Laku Keras Dijamin Untung Puluhan Juta

Sudah lama jualan di Shopee tapi hasilnya segitu-gitu saja? Kamu perlu tahu tips jualan laku keras di Marketplace Shopee. Berikut tips penjualan di Shopee laku keras dijamin untung puluhan juta rupiah.
Tips Penjualan
Berdasarkan laporan iPrice Q3 2020 Shopee merupakan marketplace yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah lebih dari 96,5 juta pengguna. Dengan jumlah tersebut tentunya akan menghasilkan tingkat penjualan yang besar.

Jika penjualan mu di Shopee masih di angka yang kecil bisa jadi strategi kamu berjualan masih kurang tepat. Penjualan kamu belum menjangkau luas ke pengguna platform Shopee.

Ingin meningkatkan penjualan di Shopee tentunya kamu harus mempelajari tips jualan di aplikasi oren ini. Berikut strategi dan tips jualan di Shopee.

Tips Penjualan di Shopee


1. Jualan Berbagai Variasi Produk

Calon pembeli akan lebih menyukai toko yang menjual berbagai variasi produk dari suatu barang yang mereka cari. Maka toko kamu harus menambah berbagai jenis variasi dari suatu produk. Semakin lengkap akan semakin disukai calon pembeli.

Pastikan toko kamu memiliki minimal 2 jenis barang dari suatu produk dan memiliki setidaknya ada 12 barang di toko online. Toko online menyediakan fitur etalase yang dapat membantu kamu untuk mengelompokkan produk yang satu jenis.

Kamu bisa menjual satu produk dengan berbagai variasi warna dan ukuran. Cara ini akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan banyak pelanggan. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu ke toko kompetitor di Shopee.

Memiliki berbagai variasi produk di toko kamu, maka akan memberikan banyak kesempatan untuk mendapatkan banyak pembeli. Jika penjualan kamu semakin meningkat maka keuntungan jualan di Shopee pun akan semakin banyak.

2.  Cantumkan Harga Barang yang Kompetitif

Harga suatu produk akan mempengaruhi tingkat penjualan toko di Shopee. Pembeli akan mencari toko yang menjual produk dengan harga yang murah tetapi barangnya berkualitas baik.

Apakah harga produk kamu di Shopee sudah Kompetitif? Apakah dengan harga tersebut sudah bisa bersaing dengan harga produk yang sama di toko lain?

Tips Penjualan di Shopee yang kedua adalah menetapkan harga produk yang kompetitif di setiap barangnya. Menentukan harga yang kompetitif bisa dengan survey harga produk yang sama di toko lain.
Harga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan calon pembeli di toko online. Harga produk yang terlalu murah dibandingkan dengan toko lain bisa membuat calon pembeli mengira produk kamu itu palsu. 

Jika menetapkan harga yang kemahalan pembeli akan mengurungkan niatnya untuk berbelanja di toko kamu karena harganya yang mahal.

Berikan harga produk dengan harga yang tidak kemahalan tetapi juga tidak kemurahan. Pastikan harga produk di toko kamu bisa bersaing dengan toko lainnya.

3. Deskripsi Produk yang Jelas

Setiap marketplace selalu menyediakan tempat untuk menuliskan deskripsi produk yang dijual. Pastikan kamu sudah mengisi deskripsi setiap produk yang kamu jual di Shopee.

Pastikan bahwa deskripsi produk yang diunggah di Shopee sudah lengkap dan akurat. Cantumkan dalam deskripsi produk seperti merek produk, model produk, spesifikasi warna, dan spesifikasi ukuran.

Selain mencantumkan spesifikasi produk di atas, kamu juga harus mencantumkan spesifikasi produk dari kegunaan dan garansi produk. Kemaslah kata-katanya dengan informatif dan menarik.

Deskripsi produk akan mempengaruhi kepercayaan calon pembeli. Sebelum calon pembeli memutuskan untuk membeli produk kamu, mereka akan membaca deskripsi produk yang kamu tulis.

4. Mengajak Untuk Mengikuti Toko

Salah satu kunci sukses jualan di Shopee adalah kepercayaan dari para pelanggan. Calon pembeli menggunakan jumlah follower yang kamu miliki untuk tolak ukur bahan pertimbangannya.

Kamu bisa meningkatkan follower dengan strategi menambahkan kalimat ajakan untuk mengikuti toko kamu. Misalnya dengan tulisan “ikuti toko kami, dapatkan potongan hingga 15% “ atau “ikuti toko kami, dapatkan produk yang berkualitas dan murah”

Kalimat di atas dapat membius calon pelanggan untuk mengikuti toko kamu. Semakin banyak follower akan menambahkan tingkat kepercayaan pelanggan tehadap toko online kamu.

5. Menggunakan Fitur Free Ongkir

Mendapatkan promo gratis ongkir di Shopee merupakan salah satu yang paling disukai oleh pembeli. Mengaktifkan fitur gratis ongkir adalah strategi paling sukses ketika berjualan di Shopee.

Shopee menyediakan fasilitas free ongkir untuk penggunanya dengan jumlah pembelian minimal 30 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah. Mengaktifkan fitur ini terbukti berhasil menarik pembeli dengan jumlah yang banyak.

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan mengajukan pengaktifan fiturnya terlebih dahulu. Berikut caranya;

  • Masuk ke menu Gratis Ongkir X-tra di halaman utama.
  • Pilih menu ‘Semua Gratis Ongkir’
  • Klik ‘Daftar Sekarang’
  • Lengkapi semua format pengajuannya dan tunggu pengajuan kamu diproses. Setelah disetujui, fitur gratis ongkir akan muncul di toko kamu.
 
6. Mengikuti Program Promo Shopee

Setiap bulan Shopee menyediakan fitur untuk program promo para seller-nya. Misalnya pada promo flash Sale kamu akan memberikan diskon super besar yang berlaku pada waktu tertentu. Pembeli biasanya memburu diskon ini di Shopee, dengan begitu ada kemungkinan mereka juga siap memburu produk di toko kamu.

Selain promosi flash sale kamu juga bisa memanfaatkan voucher toko untuk sarana promosi. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menarik pembeli dan meningkatkan keinginannya untuk belanja di toko kamu. berikut cara untuk mengaktifkan fitur Voucher di Shopee via Seller Center;

  • Klik ‘Promosi Saya’
  • Klik ‘Buat Voucher Baru’
  • Kamu juga bisa mengaktifkan fitur ini di aplikasi. Berikut caranya;
  • Klik ‘Saya’
  • Klik ‘Toko Saya’
  • Klik ‘Promosi Saya’
  • Klik ‘Voucher’
7. Sebarkan Informasi Toko Ke Media Sosial

Kamu bisa menggunakan media sosial untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk yang kamu jual di Shopee. Sebarkan informasi toko kamu ke WhatsApp, Line, Facebook Telegram, Instagram hingga Tiktok.

Posting foto-foto produk ke media sosial dan disertai dengan deskripsi yang lengkap tentang produk yang kamu jual. Agar pengguna lain tertarik untuk melihat dan berbelanja di toko online milikmu.

Ajak mereka juga untuk mengikuti toko kamu di Shopee dengan melalui link toko online kamu yang diposting di media sosial. Cara lainnya kamu bisa menambahkan link toko Shopee kamu di bio semua media sosial. Sehingga memudahkan mereka menemukan toko kamu di Shopee.

8. Menggunakan Fitur Naikkan Produk

Tips penjualan di Shopee selanjutnya adalah dengan menaikkan 5 produk setiap 4 jam sekali. Semakin sering menaikkan produk akan semakin besar kemungkinan produk kamu dilihat oleh banyak calon pembeli.

Menggunakan fitur naikkan produk juga ada kemungkinan besar muncul di bagian teratas hasil pencarian produk. Perlu digaris bawahi produk yang sudah mencapai batas maksimal dan masih dalam proses pemeriksaan Shopee tidak bisa menggunakan fitur ini.

Kamu bisa menggunakan fitur ini dengan mengaktifkannya melalui aplikasi. Berikut cara mengaktifkannya;
  • Klik Saya
  • Klik ‘Toko Saya’
  • Klik ‘Pilih Produk’
  • Klik ‘Naikkan Produk’
Selain melalui aplikasi, kamu bisa mengaktifkannya melalui Seller Center di Website Shopee, berikut caranya;
  • Klik ‘Saya’
  • Klik ‘Produk’
  • Klik ikon titik 3
  • Klik ‘Naikkan Produk’
9. Buat Rekapitulasi Hasil Penjualan

Berjualan di Shopee memang secara online, dan langsung dapat diketahui hasil penjualannya. Akan tetapi rekapitulasi penjualan harus tetap dilakukan.

Catat semua hasil penjualan dengan rinci dan teratur. Ini akan memudahkan kamu mengetahui hasil dari semua transaksi di Shopee. Rekapitulasi juga untuk memudahkan kamu dalam memikirkan perputaran uang yang kamu dapatkan.

Kamu juga bisa menyimak informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Itu dia tips Penjualan di Shopee Dijamin untung hingga puluhan juta rupiah per bulan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat sukses berjualan di Shopee.
Related Posts