-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Perbedaan Sales dengan Merchandiser (MD) Beserta Persamaannya

Sales dan Merchandiser (MD) adalah dua istilah profesi yang sering kita dengar dalam dunia marketing. Apalagi jika mengacu pada marketing off line seperti toko atau supermarket, dua kata tadi pasti tidak jarang disebut. 

Perbedaan sales dan MD


Menariknya, banyak orang yang masih bingung apa sebenarnya persamaan dan perbedaan antara sales dengan merchandiser atau biasa disingkat MD. Bahkan tidak jarang orang salah atau bingung mana sales mana MD. 

Untuk mempermudah atau memahami persamaan dan perbedaan keduanya, mari simak ulasan berikut:

Perbedaan Sales dan Merchandiser (MD) :

  1. Sales adalah seseorang yang ditugaskan untuk mencapai target penjualan tertentu. Artinya mereka berorientasi pada hasil atau besar angka dalam bentuk transaksi suatu produk. Sedangkan MD atau merchandiser adalah seseorang yang ditugaskan untuk memastikan produk yang dia handle available (tersedia) dan visible (bisa dilihat atau diambil orang) .
  2. Sales memiliki ruang lingkup kategori toko atau customer yang lebih beragam. Bisa bentuk toko tradisional, modern marketing hingga perseorangan. Namun MD atau merchandiser lebih fokus pada modern trade seperti supermarket atau minimarket. Alasan utama karena katagori toko tersebut memiliki sistem pajang (display) produk yang baku sehingga jika barang kosong atau habis bisa membuat potensi penjualan berkurang. 
  3. Dari segi tugas utama, sales lebih memiliki jobdesc yang kompleks, mereka harus bisa menemukan target pembeli, melakukan penawaran, membuat transaksi hingga memastikan produk terkirim dengan baik. Sedang MD berfokus pada bagaimana menjaga produk yang sudah masuk ke toko bisa dengan mudah dilihat orang sehingga mendapatkan attention. 
  4. Dalam struktur organisasi yang lebih besar, tim sales dan marketing biasa dipisahkan. Alasannya senderhana, keduanya dianggap memiliki orientasi target masing-masing. Tim sales orientasi pada penjualan, sedang tim marketing berorientasi pada brand dan marketing share. Dalam ruang lingkup teknis, tim sales mewakili distributor sedangkan tim marketing diwakilkan oleh merchandiser. 
  5. Dari segi jumlah toko yang di handle secara rutin biasa sales dan MD memiliki perbedaan cukup signifikan. Karena banyak yang merasa tugas utama MD tidak se kompleks salesman, maka implikasinya adalah jumlah toko yang harus mereka pegang otomatis lebih banyak. 
  6. Salesman dari bagian distributor bisa meng-handle lebih dari satu brand atau principle. Sedangkan MD sebagian besar ditugaskan untuk satu principle saja. 
Persamaan Sales dengan MD atau Merchandiser:
  1. Salesman dan MD sama-sama berorientasi bagaimana toko atau supermarket bisa terpenuhi kebutuhan barangnya. 
  2. Sales dan MD harus siap menerima komplain atau respon apapun dari pelanggan terkait produk yang mereka harus handle. 
  3. Jika diperlukan, posisi ini bisa saling ditukar atau dilebur karena dalam skala yang belum terlalu besar peran keduanya sangat mungkin dikombinasikan. 
Demikian tadi ulasan tentang persamaan dan perbedaan sales dan merchandiser. Apakah pasti seperti itu? Sebagian besar iya. Namun pada prateknya sangat mungkin diubah atau dimodifikasi sesuai kebutuhan organisasi tim sales marketing. Semoga bermanfaat. 


Penulis : Sigit Ardho

Related Posts