taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Tips Memulai Usaha dari Nol Agar Menjadi Pengusaha yang Sukses

7 Tips Memulai Usaha dari Nol Agar Menjadi Pengusaha yang Sukses


Banyak pengusaha menginginkan sukses melalui dunia bisnis, namun pada akhirnya mereka tidak dapat melebarkan sayapnya dan juga omzetnya malah semakin menurun. Hanya beberapa pengusaha saja yang benar-benar dapat mencapai kesuksesan sesuai dengan yang mereka inginkan.
Tips Memulai Usaha
Mencapai kesuksesan pastinya membutuhkan ilmu dan pengalaman. Ilmu yang wajib dicari agar sukses dalam bidang bisnis adalah tips dalam merintis usaha dari nol. Buat kamu yang sedang mencari tips menjalankan usaha dari nol. Berikut di bawah ini 7 tips memulai usaha dari nol agar menjadikan kamu sebagai pengusaha yang sukses.

Tips Memulai Usaha dari Nol

1. Niatkan Memulai Usaha untuk Kebaikan

Menjalankan usaha pastinya selain mendapatkan laba, juga harus diniatkan untuk bisa memberikan kebaikan kepada orang lain khususnya kepada pembeli. Misalnya saja ketika kamu menjual produk, niatkan bukan semata-mata karena ingin mendapatkan laba. 

Tapi niatkan untuk mempermudah pelanggan atau pembeli dalam mendapatkan produk atau barang yang mereka butuhkan, dan memberikan kepuasan kepada mereka atas produk yang dihasilkan. 

Jika kamu niat memulai usaha hanya sekedar mendapatkan laba, maka kemungkinan kamu akan tidak terima jika ada kritik dan saran dari pembeli. Padahal pembeli membeli produk untuk mereka pakai, jika produk tidak memuaskan wajar saja jika mereka memberikan saran dan kritiknya terhadap produk kamu.

Mereka sudah rela-rela mengeluarkan uang untuk membeli, maka mereka berhak mendapatkan produk yang sesuai dengan uang yang mereka keluarkan.

Tips memulai usaha dari nol yang paling utama adalah terus mendengarkan kritik dan saran dari pembeli, karena kritik dan saran merekalah kamu bisa terus berinovasi dan memperbaiki kualitas usaha kamu.

2. Yakin untuk Memulai Usaha

Memulai usaha tidak hanya laba yang akan didapatkan, melainkan tantangan, hambatan, kritikan dan saran dari pembeli. Kritik dan saran dari pembeli inilah yang kadang menyakitkan hati, sehingga banyak pengusaha yang akhirnya berhenti menjalankan usahanya. 

Selain kritik dan saran dari pembeli yang membuat pengusaha pemula akhirnya mundur adalah hambatan seperti cuaca yang tidak mendukung, atau kondisi-kondisi tertentu yang dapat menghambat jalannya usaha. Contohnya pandemi Covid-19 yang membuat para pengusaha pemula mundur.

Tipsnya adalah yakinkan dirimu untuk memulai usaha, dan yakinkan bahwa kamu pasti bisa menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Jika keyakinan saja tidak ada, maka kedepan bukan tidak mungkin jika kamu akan menyerah untuk menjalankan usaha.

3. Tentukan dan Persiapkan Produk yang Akan Dijual

Memulai usaha tentunya akan membutuhkan produk yang akan dijual. Produk ini haruslah produk yang akan diterima dipasaran, dan memiliki target pasar yang luas, tentunya harus berkualitas bagus juga. Kualitas bagus belum tentu akan laku dipasaran karena target pasar yang sedikit atau kurang tepat sasaran. 

Misalnya kamu tinggal di daerah yang penduduknya kebanyakan orang Sunda, lalu kamu menjual makanan yang rasanya kurang diminati oleh orang Sunda. Bukan tidak mungkin lagi jika usaha kamu tidak akan berkembang, karena produknya tidak tepat sasaran. 

Solusinya kamu bisa mengganti produk atau bisa juga memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan menjual produknya di marketplace atau pesan antar makanan. 

4. Berpikir Kreatif

Menghadapi tantangan zaman, agar usaha tetap bertahan kunci utamanya adalah terus berpikir kreatif dengan memanfaatkan atau menciptakan peluang usaha baru. Orang-orang sekarang ini ketika ada produk baru mereka akan cepat tertarik, namun jika produk itu tidak berkualitas dan tidak kreatif biasanya akan ditinggalkan. 

Misalnya usaha membuat undangan yang saat ini lebih banyak diminati adalah undangan digital berupa video undangan atau website undangan. Membuat video undangan dan website undangan lebih mudah dan murah untuk menyebarkan sebaran undangannya. 

Video undangan hanya perlu mengirim video undangannya melalui WhatsApp ataupun media sosial lain, sama dengan website undangan yang hanya butuh waktu kurang dari satu menit untuk mengirimkan sebaran undangan. 

Undangan kertas saat ini sangat sedikit diminati oleh orang-orang yang akan melangsungkan suatu acara. Jika pengusaha undangan kertas tidak upgrade, bisa dipastikan mereka akan tergeser oleh orang lain yang kreatif dengan memanfaatkan teknologi.

5. Siapkan Modal Usaha

Modal dalam memulai usaha adalah hal yang paling penting. Menjadi dropshipper atau marketing suatu produk yang katanya tidak membutuhkan modal, nyatanya usaha inipun membutuhkan modal, walaupun tidak besar. Era teknologi ini, minimalnya kamu sudah memiliki modal ponsel dan kuota untuk memulai usaha dari nol. 

Modal sangat menentukan usaha yang akan dijalankan. Jika modalnya kecil maka usaha yang akan dijalankan pastinya usaha yang kecil-kecilan terlebih dahulu. Tetapi berbeda jika kamu memiliki modal yang cukup besar, kamu bisa memulai usaha yang besar pula. 

6. Siapkan Peraturan Perusahaan

Mengelola suatu usaha tentunya harus menyiapkan berbagai peraturan. Dimulai dari peraturan rekrut calon karyawan, sistem kerja karyawan, sistem gaji, tata kelola ruangan, hingga peraturan pembayaran apakah hanya menerima tunai ataukah juga menerima pembayaran melalui kartu debit. 

Aturan mengenai karyawan ini sangat penting sekali untuk kamu buat, karena ini berhubungan dengan hak dan kewajiban mereka. Hal ini harus jelas dan rinci dan harus disampaikan dengan jelas ke calon karyawan agar tidak ada kesalahpahaman antara perusahaan kamu dengan karyawan. 

7. Catat dan Hitung Setiap Transaksi 

Pengusaha pemula biasanya akan malas untuk mencatat semua kegiatan transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, pembelian dan penjualan produk. Padahal mencatat semua transaksi akan berpengaruh dalam kesuksesan suatu usaha. Catatan keuangan ini nantinya bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan gaji, membuka usaha baru, membuat produk baru, untuk promosi dan lainnya. 

Ada banyak template atau aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mencatat semua kegiatan transaksi usaha kamu, ini menjadi solusi buat kamu yang malas untuk mencatat usaha karena ribet. Hanya dengan aplikasi pencatatan, kamu sudah bisa mengontrol kegiatan usaha kamu. Jika kegiatan usaha terkontrol kamu akan dengan mudah dalam menentukan keputusan usaha kedepannya. 

Untuk bisa menambah informasi kamu, simak sejumlah artikel pilihan berikut ini.

Baca juga:





7 tips memulai usaha dari nol di atas sangat penting untuk kamu para pemula. Jika semua kegiatan di atas dijalankan dengan baik, saya yakin kamu akan menjadi pengusaha yang sukses. 
Related Posts