taupasar.com

we read, we create and we share it.

Simak Inilah Sejumlah Cara Promosi Produk Yang Menarik

Simak Inilah Sejumlah Cara Promosi Produk Yang Menarik

Ada banyak cara agar sebuah perusahaan atau usaha bisa mencapai target omzet yang diinginkan salah satunya adalah dengan melakukan promosi produk agar barang yang dijual bisa lebih dikenal dan meningkatkan target penjualan.

cara promosi produk

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai promosi, mulai dari pengertian promosi, manfaat promosi, dan cara promosi yang menarik untuk membantu meningkatkan penjualan usaha kamu.

Apa Itu Promosi?

Dapat diartikan promosi adalah sebuah upaya untuk menginformasikan, menyebarluaskan, memengaruhi, dan mengajak masyarakat agar membeli produk baik barang ataupun jasa yang kamu tawarkan.

Seorang pakar pemasaran Harper boyd juga pernah mengartikan promosi sebagai membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

Manfaat Promosi

Ada banyak cara untuk melakukan promosi produk atau jasa, ditambah dengan perkembangan teknologi semakin mempermudah pelaku usaha agar dapat mempromosikan barang atau jasa mereka secara luas.

Berikut ini adalah manfaat yang akan usaha kamu dapatkan dari melakukan salah satu strategi bisnis yakni promosi

Informasi mengenai produk maupun jasa yang ditawarkan bisa dikenal secara luas dan tertuju pada konsumen yang potensial

  • Untuk mendapatkan calon konsumen baru
  • Meningkatkan loyalitas konsumen lama 
  • Untuk meningkatkan penjualan suatu produk
  • Untuk mengunggulkan dan juga membedakan produk dengan produk kompetitor
  • Untuk mempengaruhi pendapat dan merubah tingkah laku konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan

Cara Promosi Produk Yang Menarik

Ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan untuk melakukan promosi, namu perlu diingat untuk melakukan promosi tersebut dibutuhkan sejumlah biaya yang tidak sedikit oleh karena itu promosi yang kamu lakukan membutuhkan strategi dan menyasar pada konsumen yang berpotensi menjadi pelannggan kamu.

Berikut ini adalah beberapa cara promosi yang menarik, yang dapat kamu tiru dalam mempromosikan produk dan jasa kamu.

1. Memberikan Diskon

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang, salah satu yang pasti menjadi pertimbangan konsumen adalah harga, misalnya dengan membandingkan sebuah produk yang mirip tapi memiliki harga yang berbeda, dan biasanya konsumen cenderung memilih produk yang memberikan porongan harga dibandingkan barang mirip yang menawarkan harga normal.

Oleh karena itu cara promosi dengan memberikan potongan harga ini sering kamu jumpai dan banyak dilakukan oleh pelaku usaha untuk menarik konsumen.

2. Menggunakan Jasa Influencer

Cara promosi yang menarik, yang banyak dilakukan oleh pelaku usaha lainnya adalah menggunakan jasa influencer, biasanya harga yang ditawarkan oleh influencer tersebut berdasarkan jumlah follower yang influencer tersebut miliki.

Agar hasil promosi kamu tidak sia-sia pilihlah influencer yang memiliki follower sesuai dengan target konsumen produk kamu misalnya produk peralatan masak bisa menggunakan jasa influencer yang fokus dengan konten kuliner atau cara memasak.

3. Memberikan Garansi

Selain harga produk, garansi juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk memutuskan membeli produk, karena dengan toko tersebut memberikan garansi pada produknya akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko dan juga produk serta memberikan nilai lebih dibandingkan produk kompetitor.

4. Memberikan Hadiah Bagi Konsumen

Cara promosi yang menarik lainnya adalah memberikan hadiah bagi konsumen, dengan mengadakan program pemberian hadiah akan meningkatkan loyalitas konsumen dan juga meningkatkan penjualan misalnya seorang konsumen hanya ingin membeli satu buah produk namun dengan program membeli lebih banyak akan mendapat hadiah konsumen akan tertarik dan menambah jumlah belanjanya.

5. Mengadakan Flash Sale

Cara promosi yang menarik dengan mengadakan flash sale pasti sudah sering kamu temui saat berbelanja online, promosi yang memberikan aturan pembelian produk dengan harga menarik hanya pada periode waktu tertentu, sehingga konsumen saling berlomba untuk mendapatkan barang tersebut.

Sebagai bonusnya nama toko akan lebih dikenal dan meningkatkan kunjungan ke toko yang berpotensi meningkatkan penjualan juga.

6. Memberikan Kemudahan Dalam Pemesanan

Jika sebelumya toko kamu hanya tersedia secara offline, dan konsumen harus repot datang ke toko untuk membeli barang kini dengan membuka toko secara online konsumen menjadi lebih mudah dalam hal pemesanan namun jika tidak memiliki toko online pun kamu cukup mencantumkan nomor pesan antar di toko untuk mempermudah konsumen dalam memesan barang.

7. Memberikan Gratis Ongkos Kirim

Setelah memberikan kemudahan dalam pemesanan kamu juga bisa menambah promosi toko dengan memberikan gratis ongkos kirim kepada konsumen, tentunya dengan kuota tertentu dan syarat minimal belanja agar biaya promosi tersebut bisa tertutupi dari keuntungan penjualan yang didapat.

8. Pengumpulan Poin Reward

Pengumpulan poin reward juga menjadi salah satu cara promosi menarik yang sangat jitu untuk menarik konsumen juga meningkatkan loyalitas konsumen.

Biasanya untuk mengumpulkan poin tersebut konsumen harus membeli dengan ketentuan minimal belanja, lalu setelah poin terkumpul bisa ditukar potongan harga atau hadiah.

10. Membagikan Promo Voucher Atau Kupon Promo

Pada awal pembukaan biasanya sebuah toko memberikan voucher promo pembukaan untuk para calon konsumen agar konsumen tertarik datang untuk mencoba, setelah dapat menarik konsumen pemberian kupon promo untuk setiap pembelian selanjutnya dapat diberikan kepada konsumen dengan harapan konsumen tersebut kembali berbelanja lagi karena ingin menggunakan kupon promo tersebut.

Simak juga sejumlah tambahan informasi berikut ini.

Baca juga:

1. Cara Promosi Bisnis Online

2. Kata-kata Promosi Olshop

3. Cara Promosi Jualan Baju Batik

4. Kata-kata Promosi Jualan Tas

Cara promosi yang menarik diatas cukup bagus dicoba untuk kamu yang baru merintis atau sedang menjalankan usaha untuk meningkatkan penjualan namun hal yang perlu di perhatikan sesuaikanlah biaya promosi tersebut dengan modal yang ada serta lakukanlah perencanaan matang sebelum menentukan cara promosi yang akan digunakan agar promosi tersebut membeikan keuntungan bagi usaha.

Related Posts