taupasar.com

we read, we create and we share it.

10+ Cara Promosi Jualan Baju Batik Dijamin Laris

10+ Cara Promosi Jualan Baju Batik Dijamin Laris

Cara promosi jualan baju batik – Baju batik merupakan baju khas Indonesia yang dimiliki oleh setiap daerah di nusantara. Motif dari baju batik tentu saja berbeda dari satu daerah dengan daerah lain, dimana hal ini menjadi ciri khas dari masing-masing daerah tersebut.

promosi jualan baju batik

Usaha atau bisnis fashion kini tengah merebak dan banyak digunakan oleh para pebisnis pemula maupun profesional. Tak terkecuali bisnis fashion baju batik yang tengah ramai dilakukan oleh pelaku bisnis.

Nah, bagi kamu yang ingin jualan baju batik, tentunya ada beberapa cara promosi yang mesti dilakukan agar produkmu mampu bersaing dengan produk pebisnis lain.

Perlu kamu ketahui, promosi jualan baju batik bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu secara online dan offline. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak informasinya di bawah ini.

Cara Promosi Jualan Baju Batik Secara Online

Perkembangan teknologi menjadikan para pelaku bisnis untuk memasarkan bisnisnya melalui online atau jaringan internet. Tentu saja, persaingan yang ada disana sama dengan persaingan pasar offline. Bedanya, kamu bisa menjangkau banyak konsumen dari seluruh Indonesia, bahkan mancanegara.

Cara promosi jualan baju batik secara online bisa kamu lakukan dengan strategi maupun bisnis plan yang tepat. Untuk cara-caranya sendiri, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Promosi Jualan Baju Batik di Marketplace 

Marketplace bisa menjadi tempat untuk jualan baju batik paling laris dan cepat mendapatkan konsumen. Ada banyak sekali marketplace yang bisa kamu kunjungi, pastinya kamu harus masuk ke marketplace khusus fashion agar mampu bertemu dengan konsumen yang membutuhkan juga.

Buatlah promosi yang menarik terkait produk baju batikmu dan berikan keterangan terkait kualitas, ukuran, bahan, serta harga baju batik tersebut. Layani konsumen yang bertanya dengan ramah dan respon cepat agar mereka nyaman berbelanja di tempatmu, bahkan berlangganan baju batik yang kamu jual.

2. Promosi Jualan Baju Batik di Facebook

Bukan hanya jualan di marketplace saja, kamu juga bisa jualan di media sosial, salah satunya adalah Facebook. Saat ini, Facebook menyediakan fitur khusus untuk para pebisnis agar mereka bisa berjualan dengan nyaman dan cepat menemukan para konsumen.

Fitur itu bernama ‘Marketplace’ khusus facebook, dimana kamu bisa memasarkan atau promosi baju batik jualanmu dengan baik dan terstruktur. Saat ada orang yang tertarik untuk membeli, maka pesanannya akan masuk ke kotak masuk Facebook-mu dan kamu bisa langsung memprosesnya.

Selain di Marketplace Facebook, kamu bisa mempromosikan jualan baju batik melalui postingan-postingan di akun Facebook atau halaman Facebook. Bahkan, kamu bisa mengunjungi grup Facebook khusus penjualan agar mendapatkan lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia.

3. Selain Facebook, Medsos Instagram Bisa Jadi Pilihan

Saat ini, Instagram memiliki fitur marketplace juga dimana kamu bisa menjual produk dengan mudah dan efisien. Cukup masuk ke layanan marketplace, lalu jual produk baju batik yang kamu miliki. Kamu juga bisa membuat akun khusus jualan baju batik dengan membuat postingan beragam baju batik dengan motif cantik dan kualitas tinggi.

Jangan lupa untuk menyertakan nomor telepon WA, email, alamat lengkap, serta informasi lainnya agar konsumen yang mengunjungi Instagram-mu percaya dan tertarik untuk melakukan order.

4. Daftar di Toko Online Populer, Bisa Menjadi Peluang Promosi Baju Batikmu Semakin Luas

Saat ini, banyak sekali aplikasi toko online yang memberikan kesempatan kepada para pebisnis online untuk memasarkan sekaligus promosi produk mereka. Jangan sampai kesempatan ini kamu biarkan begitu saja, jadi segeralah mendaftar dan pasang promosi produk baju batikmu, hingga banyak pembeli tertarik untuk membelinya.

Berjualan di aplikasi toko online tentu saja akan memudahkan pembeli menemukan produk yang mereka inginkan, termasuk saat ingin membeli baju batik. Sehingga, promosi disini bisa membuat penjualan baju batikmu meningkat, serta mendapatkan omzet besar setiap bulannya.

Cara Promosi Jualan Baju Batik Secara Offline

Nah, jika kamu sudah mengetahui cara promosi jualan baju batik secara online, kini saatnya kamu mengetahui informasi mengenai promosi baju batik secara offline. Jadi, ketika membuat bisnis baju batik, kamu tidak hanya menjual dan promosi secara online saja. Tetapi, kamu harus memiliki toko online agar pembeli percaya dan yakin bahwa kamu tidak menjual produk yang asal-asalan.

1. Buat Baligo Untuk Promosi Jualan Baju Batikmu

Baligo yang menarik terkait baju batik yang kamu jual bisa menjadi salah satu cara promosi yang efektif. Pasang baligo di dekat toko online dan jalan-jalan yang sering dilalui oleh kendaraan.

Sehingga, setiap orang yang melihatnya akan penasaran dan tertarik untuk membeli baju batik di tokomu tersebut. Jangan lupa unt uk mencantumkan alamat lengkap toko, beserta media sosial yang dimiliki untuk berjualan.

2. Berikan Pamflet atau Katalog Baju Batik kepada Pengunjung atau Orang di Jalan

Cara ini sudah sejak lama digunakan oleh para pemilik toko fashion dan lainnya karena efektif dan bisa mendatangkan banyak pembeli. Apalagi jika produk baju batikmu begitu berkualitas dan sesuai dengan harga yang diberikan, pastinya akan banyak orang yang berlangganan dan membeli baju batik dengan jumlah banyak.

Selain kedua cara di atas, biasanya pembeli yang sudah berlangganan kepada toko baju batik-mu akan dengan sukarela memberikan promosi kepada orang-orang terdekatnya. Mereka akan mengatakan bahwa dirinya sudah membeli baju batik dengan kualitas terbaik, tetapi harga yang terjangkau.

Pastinya, orang yang mendengarkan akan tertarik dan mencoba mengunjungi toko baju batikmu secara langsung atau membeli online.

Apa Saja Hal-Hal yang Mesti Diperhatikan Agar Promosi Jualan Baju Batik Semakin Meningkat?

Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan agar penjualan baju batik semakin meningkat dengan promosimu itu. Beberapa hal itu diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cari Reseller dan Dropshipper Untuk Membantu Promosi Jualan Baju Batik Semakin Luas

Dalam melakukan promosi, kamu membutuhkan tim atau seseorang yang mampu membantu proses promosi tersebut. Membuka lowongan reseller dan dropshipper bisa menjadi suatu cara terbaik untuk memperluas promosi secara online maupun offline.

Kamu bisa memberikan pengumuman ini dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya reseller dan dropshipper. Sehingga, proses promosi akan semakin luas dan mampu mendapatkan konsumen lebih banyak dari biasanya.

  • Rutin Cek Traffic Penjualan Agar Mampu Membuat Strategi Promosi Lebih Baik

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus rutin mengecek traffic penjualan agar bisa membuat strategi promosi menjadi lebih baik. Saat promosi yang dilakukan tidak mendapatkan peningkatan penjualan, maka kamu harus membuat strategi baru agar promosi yang dilakukan bisa menarik pembeli lebih banyak lagi.

  • Buat Website Khusus Penjualan Baju Batik Agar Mampu Bersaing di Pasar Internasional

Agar promosimu bisa masuk dan bersaing di pasar internasional, kamu bisa membuat website dan mengisi website tersebut dengan katalog baju batik, harga, serta cara pemesanannya. Semakin giat kamu melakukan promosi, maka semakin banyak pelanggan yang berdatangan dan mencoba produk baju batik dari tempatmu tersebut.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kamu melalui sejumlah artikel di bawah ini. 

baca juga:

1. aplikasi promosi online gratis

2. kata kata promosi gamis

3. kata kata promosi olshop

Itulah informasi yang bisa diberikan, tentunya perihal cara promosi jualan baju batik. Semoga informasinya bisa membantu dan juga berguna bagi kamu semua.

Penulis: Yuliawanti Dewi

Related Posts