taupasar.com

we read, we create and we share it.

8+ Rekomendasi Usaha Rumahan Lengkap Dengan Cara Promosikannya

8+ Rekomendasi Usaha Rumahan Lengkap Dengan Cara Promosikannya

Memiliki usaha, bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak cara yang bisa di lakukan salah satunya memiliki atau membuka usaha dengan cara di rumah saja. Dengan bisnis rumahan, kamu tidak perlu susah tentunya, karena memang sangat mudah  dan bisa di kerjakan dengan cara online maupun offline. Maka dari itu membuka usaha bisnis rumahan inilah sejumlah rekomendasi usaha bisnis rumahan.

pilihan usaha rumahan

Sejumlah Rekomendasi Usaha Rumahan 

1. Berjualan Pulsa Elektrik dan Paket Internet 

Dengan zaman yang semakin maju telepon genggam sudah menjelma menjadi komoditas satu-satunya yang hampir tidak dapat dinpisahkan oleh manusia , dengan melihat situasi ini rekomendasi usaha bisnis rumahan seperti  berjualan pulsa dan paket internet adalah yang sangat di butuhkan.

Hal yang perlu di lakukan hanya telepon genggam untuk mengirim pulsa elektrik dan paket internet. Untuk berjualan pulsa dan paket internet ini bisa dengan mendaftarkan diri sebagai agen distributor pulsa dan paket internet secara online.

2. Jualan Cemilan Makanan 

Diperlukan riset agar usaha yang di jalankan di rumah ini berjalan dengan lancar, dengan potensi yang sangat besar .Usaha bisnis rumahan yang satu ini tidak akan pernah ada habisnya. Karena kebanyakan orang menekuni usaha di bidang ini . Usaha ini juga sangat cocok jika mempunyai rumah yang berlokasi di daerah yang ramai ,seperti dekat kampus, perkantoran ,atau sekolah.

Menjual makanan yang mudah, enak, dan tentunya murah adalah menjadi kan makanan banyak di sukai banyak orang. Aneka kue basah, kue kering, keripik singkong, cireng isi, dan makanan lainnya.Bisa di jual dengan cara offline, atau pun online melalui metode Cash On Delivery (COD)

3. Membuka Jasa Lundry Kiloan 

Manusia sekarang banyak yang serba ingin praktis, bisnis rumahan laundry ini sangat bermanfaat. Hanya dengan modal 3 jutaan saja sudah bisa memulai usah bisnis ini. Karena banyak orang yang memilihu membeli waktu orang lain untuk mengerjakan pekerjaan rumah nya sendiri. Dengan peluang seperti ini membuka usaha laundry kiloan bisa menjadi ladang emas yang siap di keruk.

Permintaaan jasa laundry sangat besar sekali, baik mahasiswa pegawai, yang sudah tidak punya waktu untuk mencuci pakaian nya sendiri. Untuk mendapatkan konsumen yang banyak maka perlu di perhatikan lokasi jualan yang baik. Dengan lokasi yang tepat dan strategis usaha rumahan laundry ini bisa menjadi ladang usaha yang besar. 

4. Buka jasa konveksi

Mempunyai hobi menjahit dapat membuat kamu bisa membuka usaha ini di rumah. Usaha ini juga tak jarang orang bisa, dan tetapi banyak sekali orang yang membutuhkan. Meskipun banyak yang berfikir rekomendasi usaha bisnis rumahan ini terdengar ketinggalan zaman tetapi dapat menghasilkan penghasilan yang besar .

Contohnya saja dalam acara pernikahan. Pasti sebagian besar dari orang itu akan lebih memilih untuk membeli kain dan menjahit nya ke tukang jahit, Karena bisa bebas menentukan model yang di inginkan. Bayangkan saja pernikahan yang terjadi dalam setahun dan hitung berapa seragam pernikahan yang bisa di jahit.

5. jasa Cuci Motor ( steam )

Perhatikan saja tempat cuci motor mana yang selalu terlihat sepi? Pasti tidak ada. Jenis usaha yang satu ini juga tidak kalah menguntungkan. Karena hampir semua orang sekarang mempunyai kendaraan, maupun saat musim hujan ataupun kemarau ketika kendaraan mereka kotor pasti lebih memilih yang praktis dan lebih mudah .

Dengan modal yang tidak sampai puluhan juta tetapi bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Maka kamu bisa memilih untuk mencobanya tentu saja. 

6. Photo Studio

Semua orang mungkin sudah mempunyai handphone yang canggih dan bagus tetapi kebanyakan orang kurang puas jika ingin mengabadikan moment nya. Rekomendasi usaha bisnis rumahan photo studio bisa jadi salah satu sasaran untuk mengabadikan moment tersebut dan banyak orang yang memakai nya karena praktis dan hasilnya memuaskan.

Memangnya bisa dilakukan di rumah? Tentu sangat bisa. Kamu bisa menyulap sebuah ruangan dalam rumah kamu, untuk kemudian dijadikan tempat melakukan pemotretan. Tidak perlu modal besar untuk menyewa atau membeli Gedung tertentu bukan.? Kreatifitas kamu akan sangat dibutuhkan untuk bisa mengembangkan usaha yang satu ini. 

7. Warung kopi 

Dengan ber modalkan teras dan mesin kopi, sudah bisa membuka kedai kopi sendiri. Namun perlu di ingat juga untuk mempunyai kemampuan untuk mengolah kopi. Jika di kelola dengan baik usaha rumahan ini bisa berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Banyak yang menyukai kopi bukan hanya laki-laki saja bahkan wanita pun sudah banyak. Dengan menyediakan tempat yang bagus dan cocok buat spot foto akan membuat pembeli kopi lebih asik untuk nongkrong sambil menikmati kopi.

8. Air Minum Isi Ulang 

Sebagai usaha bisnis yang menjadikan hidup lebih mudah, usaha ini sangat menjanjikan. Karena zaman sekarang orang-orang kebanyakan memilih yang serba praktis.

9. Ternak Ikan Lele

Untuk menjalankan usaha yang satu ini tentu tidak sulit, karena ikan lele termasuk ikan yang mudah di dapatkan dan cara perawatan nya pun lebih mudah. Kamu bisa bekerja sama dengan penjual makanan yang di rumah makan untuk memasok ikan setiap harinya. 

Untuk penjualan nya dapat di jual dengan harga per kilogram. Dengan menggunakan digital marketing supaya penjualan dan usaha semakin berkembang dan mem buat omzet bisnis bertambah.

Cara Promosi Usaha Bisnis Rumahah

1. Promosi langsung 

Metode atau cara promosi usaha bisnis rumahan yang satu ini mungkin sudah tidak aneh lagi, banyak sebagian besar yang mempunyai usaha melakukan cara seperti ini. Tetapi jangan salah, promosi langsung dapat meningkatkan tingkat penjualan produk.

Lakukan promosi ini dengan cara mempromosikan sampel produk lalu mendatangi beberapa rumah tetangga. Misalkan barang yang kamu jual itu kue, bagikan tester makanan ke tetangga atau kerabat . Jangan lupa sertakan harga jual, dan diskon sebagai penawaran pertama. Semakin banyak orang yang mengenal produk yang kamu jual maka semakin besar peluang untuk mendapatkan banyak keuntungan.

2. Promosi via media sosial

Manfaatkan media sosial seperti whatssapp, instagram, facebook, line, tiktok dan media sosial lainnya yang kamu punya untuk melakukan promosi usaha bisnis rumahan. Cukup gunakan akun media sosial pribadi untuk mendapatkan pembeli. Gunakan caption dan foto produk yang menarik supaya mendapat respon yang baik.

3. Marketplace

Pada masa sekarang ini teknologi semakin berkembag, jumlah marketplace yang hadir di Indonesia semakin banyak. Untuk menjual mempromosikan produk yang kamu jual, sebelum masuk ke marketplace, pelajarilah terlebih dahuly sejumlah hal yang berkaitan dengannya. 

Buat logo sederhana untuk produk yang hendak kamu promosikan. Upload foto produk,buat deskripsi produk dan buat metode pembayaran atau pengiriman. 

4. Endorsment

Cara promosi usaha bisnis rumahan juga bisa maksimalkan promosi produk yang kamu jualkan. Bagi skala usaha kelas menengah (UKM) cara ini sudah cukup efektif dan tepat sasaran. Pakai jasa endorsement seperti mengajak konten creator atau influencer lokal untuk bekerjasama dengan kamu. 

Tentunya dengan cara memberikannya sejumlah produk yang kamu jual. Maka influencer tersebut akan secara langsung mempromosikan produk yang kamu miliki.

5. Menitipkan produk ke warung 

Manfaatkan warung-warung yang berada di sekitar untuk membantu promosikan dagangan yang di produksi. Bisa dengan cara menitipkan barang jualan, tetapi pastikan dulu pemilik warung yang di titipkan sepakat dengan kamu, dan memberikan komisi yang sesuai .

Lengkapi produk dengan contact person pada kemasan produk. Hal ini akan menguntungkan jika pembeli tertarik memesan dalam jumlah banyak. Cara promosi usaha bisnis rumahan ini menjadi cara yang banyak dipilih, bagi yang memiliki produk seperti camilan produksi rumahan. Maka tidak ada salahnya jika kamu juga mencobanya. 

Selain itu, kamu juga bisa membaca sejumlah pilihan artikel di bawah ini. Tentunya agar bisa melengkapi informasi yang tadi kamu dapatkan. 

Baca juga:

1. cara identifikasi peluang usaha

2. modal usaha laundry kiloan

3. tips membuat ide nama bisnis

4. kata kata promosi makanan di ig

Itulah 10 pilihan atau rekomendasi usaha rumahan, lengkap tentunya dengan cara promosi usaha bisnis rumahan yang mudah, selamat mencoba semoga bermanfaat.

Penulis : Nur Sapitri

Related Posts