taupasar.com

we read, we create and we share it.

Bingung Ingin Buka Usaha? Inilah Rincian Modal Usaha Laundry Kiloan untuk Pemula

Bingung Ingin Buka Usaha? Inilah Rincian Modal Usaha Laundry Kiloan untuk Pemula

Rincian usaha laundry kiloan – tertarik dengan dunia bisnis dan juga memiliki keinginan untuk membuka usaha adalah hal yang bagus. Apalagi kini sudah banyak orang yang memutuskan untuk banting setir menjadi pelaku usaha. 

modal usaha laundry kiloan

Kini, sudah banyak ditemukan bidang usaha yang bisa dilakoni, mulai dari bidang makanan, percetakan, hingga penyedia jasa. Dengan begitu, peluang untuk berbisnis pun kian terbuka.

Salah satu bidang usaha yang tidak kalah keren dan juga bagus adalah usaha laundry kiloan. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa malas mencuci pakaian adalah salah satu hal yang dialami oleh setiap orang. Oleh karena itu, hadirlah jasa laundry kiloan sebagai solusi dari permasalahan tersebut. 

Laudry kiloan juga memiliki prospek penghasilan yang selalu meningkat setiap tahunnya. Mengapa? Sebab kini sudah banyak orang yang menggunakan jasa laundry untuk membersihkan pakaiannya, bahkan kini laundry menyediakan layanan mencuci boneka, sepatu, karpet, gorden, dan juga yang lainnya. 

Sehingga jasa laundry ini sangat membantu. Apalagi kini mahasiswa sudah banyak yang menggunakan jasa laundry.


Tips Membuka Usaha Laundry


Setelah memutuskan untuk membuka jasa laundry, ada baiknya Anda mengetahui tips-tips sederhana dalam mengelola usaha tersebut. Di antara tips untuk membuka usaha laundry adalah:

1. Memiliki Pemahaman tentang Laundry

Jika Anda tidak menginginkan usaha laundry yang akan dijalankan mengalami kegagalan, maka penting bagi Anda untuk memahami tentang laundry dengan baik. Hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan dasar mengenai manajemen bisnis yang akan dijalankan. 

Anda bisa melakukan riset mengenai laundry kiloan terlebih dahulu, salah satunya adalah bertanya pada orang yang lebih paham. Jika Anda melakukan tips ini, maka Anda akan mengetahui dengan baik mengenai peluang usaha laundry, persiapan peralatan, desain, biaya operasional, dan juga harga yang sesuai yang akan diberikan. Oleh karena itu, usahakan agar tidak mengabaikan tips yang satu ini.

2. Melakukan perhitungan modal usaha

Dengan melakukan riset pada tahap sebelumnya, Anda akan memiliki gambaran mengenai modal usaha yang dibutuhkan. Banyak faktor yang bisa menjadi pengaruh suksesnya usaha laundry, beberapa di antaranya adalah pelayanan, peralatan penunjang, dan juga kinerja para karyawan. 

Jika Anda sudah mengetahui modal yang harus dikeluarkan, maka Anda pun dapat dengan mudah membagi opsi untuk pembiayaan pada usaha yang sedang dijalani.

3. Memilih lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis merupakan hal mutlak yang ditentukan oleh para pelaku usaha, tidak hanya bagi pelaku bisnis laundry. Sebab, jika tempat usaha tersebut terlatk di lokasi yang strategis, maka besar kemungkinan bahwa usahanya akan mencapai target dengan cepat. 

4. Menentukan harga yang sesuai

Harga yang sesuai juga menjadi salah satu pertimbangan orang-orang dalam memilih tempat laundry kiloan. Biasanya orang-orang akan melakukan perbandingan harga sebelum memutuskan akan melakukan laundry di tempat mana. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui harga pasaran mengenai laundry kiloan agar dapat menentukan harga yang sesuai.

Penentuan harga tersebut bisa dilakukan dengan melakukan kalkulasi terhadap modal awal, biaya sewa, beban listrik, gaji karyawan, dan juga perawatan pada peralatan. Jika sudah dikalkulasikan, maka cobalah untuk membandingkannya dengan harga pasar. 

Anda dibolehkan untuk memberikan harga yang lebih mahal dari harga pasar, tetapi berikanlah pelayanan tambahan agar konsumen merasa puas dengan hasil laundryan di tempat Anda.

5. Menentukan strategi pemasaran

Strategi pemasaran juga merupakan hal yang penting dalam suksesnya sebuah usaha yang dijalankan. Salah satu strategi pemasaran yang bisa dilakukan adalah menyebar brosur, melakukan promosi di media sosial, dan juga memberikan harga promo saat pembukaan tempat laundry. 

Anda juga bisa mendaftarkan usaha laundry kiloan Anda pada Google My Business agar terdeteksi oleh Google Maps sehingga orang-orang bisa dengan mudah menemukan tempat laundry yang Anda kelola.

6. Melakukan pengelolaan uang dengan baik

Tips yang terakhir sebelum mengetahui rincian modal usaha laundry kiloan adalah dengan melakukan pengelolaan terhadap keuangan. Keuangan merupakan bahan bakar penggerak dari bisnis yang sedang dijalankan. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui ke mana saja dana yang dimiliki mengalir.

Apabila Anda sudah tepat dalam mengelola keuangan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa usaha laundry kiloan akan mendapat profit yang besar. Anda mun berpotensi membuka cabang dari usaha laundry kiloan tersebut.

Rincian Modal Usaha Laundry Kiloan


Setelah mengetahui tips-tips membuka usaha laundry kiloan, kini Anda pun perlu mengetahui rincian modal usaha laundry kiloan. Adanya rincian tentang modal usaha laundry kiloan ini agar dapat membuat rencana yang baik. Di antara modal yang harus disiapkan tersebut adalah:

1. Modal peralatan utama

a. Mesin cuci AQUA @1 unit: Rp. 4.000.000

b. Setrika Phillips @1 unit: Rp. 250.000

c. Timbangan @1 unit: Rp. 250.000

d. Rak dan meja laundry @1 set: Rp. 3.600.000

e. Kursi @3 unit: Rp. 600.000

f. Impule sealer @1 unit: Rp. 180.000

Total: Rp. 8.800.000

Jika modal yang Anda miliki ternyata tidak mencukupi, maka Anda dapat menyiasatinya dengan membeli mesin cuci, rak, dan juga meja laundry bekas. Namun, tetap perhatikan kualitas dan juga kondisinya agar tetap awet ketika digunakan.

2. Modal kerja

a. Detergen pakaian: Rp. 300.000

b. Pewangi dan pelembut pakaian: Rp. 300.000

c. Plastik: Rp. 250.000

d. Brosur promosi: Rp. 50.000

e. Sanduk: Rp. 150.000

f. Neon box: Rp. 350.000

g. Listrik/bulan: Rp. 500.000

h. Sewa tempat/bulan: Rp. 1.000.000

Total: Rp. 2.900.000

Estimasi sewa tempat etrsebut tidak berlaku bagi Anda yang membuka usaha laudry di rumah, sehingga nantinya modal kerja yang disiapkan akan lebih sedikit. Jika dijumlahkan, maka modal awal yang perlu disiapkan saat membuka usaha laundry kiloan adalah sebesar Rp. 11.700.000.

Analisa Keuntungan Membuka Usaha Laundry Kiloan

Jika Anda memberikan harga Rp. 7000/kg dengan rata-rata 100kg cucian setiap harinya, maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan setidaknya Rp. 21.000.000.

Laba bersih yang didapatkan (30% dari omzet) adalah Rp. 6.300.000

Jumlah tersebut terbilang besar bagi Anda yang baru dalam menjalani bisnis laundry kiloan.

Kamu juga bisa mengetahui sejumlah jenis modal usaha lainnya, dalam artikel di bawah ini.

baca juga:



Itulah estimasi rincian modal usaha laundry kiloan, analisa, dan juga tips yang perlu diperhatikan. Anda dapat langsung mempraktikkan tips-tips tersebut dan membuka usaha laundry kiloan. Tetap perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis laundry tersebut agar target yang sudah direncanakan dapat tercapai dengan baik. 

Penulis: Melia F

Related Posts