taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Modal Usaha Sabun Cuci Piring yang Perlu Kamu Persiapkan

Inilah Modal Usaha Sabun Cuci Piring yang Perlu Kamu Persiapkan

Modal usaha sabun cuci piring – Banyak sekali peluang bisnis yang bisa kamu coba di jaman serba digital ini. Tentunya, promosi dan marketing yang bagus, peluang mendapatkan banyak konsumen akan lebih mudah didapat, apalagi jika kamu memiliki etika bisnis yang tinggi.

usaha sabun cuci piring

Seperti apapun jenis bisnisnya, apabila terjamin halal dan memiliki pelayanan bagus akan membuat konsumen tidak berpikir panjang untuk berlangganan di toko yang kamu kelola.

Salah satu bisnis yang bisa kamu lakukan adalah usaha sabun cuci piring. Jangan anggap remeh usaha ini, pasalnya banyak orang yang sudah meraup keuntungan dengan menjual sabun cuci piring dengan modal terjangkau. Hal ini dikarenakan sabun cuci piring sangat dibutuhkan dan memiliki manfaat bagus untuk mencuci piring dengan bersih.

Lantas, berapa modal usaha sabun cuci piring yang mesti dipersiapkan? Kamu dapat menemukan jawabannya dalam ulasan di bawah ini.
Modal Usaha Sabun Cuci Piring, Tak Perlu Banyak Untuk Pebisnis Pemula.

Bagi kamu yang masih memiliki status sebagai pebisnis pemula, tak perlu risau tatkala memikirkan modal yang perlu dipersiapkan untuk usaha ini. Pastinya, kamu hanya perlu membutuhkan beberapa modal saja dengan penjualan melalui online agar bisa menjangkau banyak konsumen di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri.

Biar gak penasaran dan bisa segera memulai bisnis, berikut merupakan rincian modal usaha sabun cuci piring yang bisa kamu persiapkan.
                                                      

Rincian Modal Usaha Sabun Cuci yang Dibutuhkan

 
No. Nama Barang                  Vol        Satuan Harga (Rp)          Jumlah
1. Texavon                      50 kg             Rp.50.000             Rp.2.000.000
2. Sodium Sulfat                    35 kg             Rp.15.000             Rp.350.000
3. Foam Boster                      300 ml           Rp.500                  Rp.150.000
4. Pewarna                              30 ons            Rp.3000                Rp.80.000
5. EDTA                                    25 ons            Rp.5000                Rp.150.000
6. Parfum                                        500 ml            Rp.2000                Rp.600.000
7. Fisativ                                  30 ons            Rp.3000                Rp.60.000
8. Pengaduk ukuran besar 5 buah            Rp.10.000             Rp.50.000
9. Jerigan berbagai ukuran         2000 buah      Rp.1000                Rp.2.000.000
10. Ember dan tong besar    5 buah            Rp.100.000           Rp.500.000
11. Gelas ukur                          5 buah            Rp.50.000             Rp.250.000
12. Alat press                            2 buah            Rp.1.000.000        Rp.2.000.000
TOTAL                                                                                                Rp.8.190.000
 
Rincian modal usaha sabun cuci piring di atas bisa digunakan untuk kamu yang ingin memulai usaha sendiri, mulai dari pembuatan produk, pendistribusian, hingga marketing dan penjualan. Tentu saja, kamu pasti membutuhkan pegawai atau karyawan untuk bisa membantumu dalam melaksanakan pekerjaan tersebut.

Saat pertama kali memulai bisnis, dua orang pegawai sudah cukup membantu dan bisa bekerjasama denganmu untuk menjual sabun cuci piring. Pemasaran yang dilakukan bisa melalui media sosial online seperti, Facebook ads, Instagram, Line, Whatsapp, hingga blog atau website.

Untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas lagi, kamu bisa mempromosikan produk sabun cuci piring di markeplace dan mendaftar di aplikasi toko online. Tanpa perlu menunggu lama lagi, konsumen yang membutuhkan produk ini akan berdatangan dan jika hasilnya sesuai dengan ekspetasi mereka, maka para konsumen tersebut akan berlangganan dan membeli produk kamu terus.

Penjualan sabun cuci piring bisa dijual mulai dari harga Rp.3.500 sampai Rp.5.000 per satuannya. Agar bisa mendapatkan konsumen lebih banyak, kamu bisa menjualnya secara eceran, grosir dan membuka lowongan reseller agar jangkauan semakin luas.


Alasan Memilih Usaha Sabun Cuci Piring untuk Bisnis Pemula

Dalam sebuah bisnis, kamu pasti mengalami jatuh bangun yang membuat kekonsistenmu akan teruii disini. Di saat tengah mengalami ketahuan atau krisis, jangan sampai kamu menyerah di tengah jalan dan membiarkan bisnis kamu bangkrut begitu saja. Pikirkan kembali usaha keras yang tengah kamu lakukan serta para pegawai yang menggantungkan hidupnya dalam pekerjaan ini.

Jika kamu tengah mengalami masalah itu, lakukan kembali bisnis plan serta strategi bisnis yang bisa memperkuat bisnis dan membuatnya berkembang kembali. Setidaknya, pikirkan lagi alasan awal kenapa kamu memilih bisnis usaha sabun cuci piring dalam perjalanan awal kamu di dunia bisnis tersebut.

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus memilih usaha sabun cuci piring, diantaranya adalah sebagai berikut:

• Sabun cuci piring merupakan kebutuhan pokok yang wajib dimiliki oleh para ibu rumah tangga untuk membersihkan peralatan dapur mereka. Dalam hal ini, kamu dapat menyimpulkan bahwa permintaan pasar akan sabun cuci piring pasti terus berlanjut dan tidak pernah kehilangan konsumen.

• Bahan-bahan pembuatan sabun cuci piring bisa diperoleh dengan mudah. Alasan ini membuat kamu menjadi semakin yakin akan bisnis yang akan dikelola, karena semua bahan tersebut bisa ditemukan di toko kimia terdekat.

• Modal usaha yang dibutuhkan tidak terlalu banyak alias terjangkau. Kamu bisa memulai bisnis ini hanya dengan modal kurang dari 10 juta saja. Tentu saja, modal ini akan kembali dalam kurun waktu 2 bulan dan membuatmu sudah bisa merasakan omset hingga 30% selama penjualan tersebut.

Setelah mengingat kembali beberapa alasan di atas, tentunya kamu akan mempertahankan bisnis yang sudah dikelola ini. Jangan khawatir, bisnis ini tidak akan pernah mati dan memiliki jangka waktu panjang karena sabun cuci piring selalu dibutuhkan oleh setiap ibu rumah tangga.

Apakah Usaha Sabun Cuci Piring  Bisa Didapatkan Dengan Modal 500 Ribu?


Banyak orang yang masih kesulitan untuk mendapatkan modal sekitar 8 jutaan untuk memulai usaha sabun cuci piring. Hal ini dikarenakan tabungan yang belum mencukupi serta tidak ingin melakukan pinjaman uang ke fintech atau bank. Mereka kemudian bertanya-tanya apakah memulai usaha sabun cuci piring bisa dilakukan dengan modal sekitar 500 ribu saja?

Jawabannya, tentu saja bisa. Untuk modal usaha sabun cuci piring ini, kamu hanya perlu membeli bahan-bahan yang paling penting saja. Seperti, cairan sabun sebanyak 17 liter dengan harga sekitar Rp.150.000. Lalu, bahan lainnya yang perlu dibeli adalah kemasan satu botol saja dengan ukuran 450ml senilai Rp.1.300 dan label untuk kemasan tersebut senilai Rp.400/label.

Perlu kamu ketahui bahwa cairan 17 liter itu mampu menampung hingga 37 botol dengan ukuran 450 ml. Satu botol sabun cuci piring ini bisa kamu jual dengan harga 10 ribu perbotol dan mendapatkan margin paling sedikit 30% dari hasil penjualan.

Bagi kamu yang ingin membuka usaha lainnya, bisa simak sejumlah rincian modal usaha berikut ini. 

baca juga:



Usaha ini bisa kamu buat sendiri di rumah sebagai salah satu usaha kecil-kecilan paling menguntungkan di masa ini. Tidak perlu ke luar rumah atau membuka toko, cukup dengan memasarkannya secara online, maka banyak orang yang tertarik dan membeli produk sabun cuci tersebut.

Itulah informasi mengenai modal usaha sabun cuci piring yang bisa kamu ketahui dan dijadikan rujukan untuk memulai bisnis di bidang sama. Usaha ini sudah pasti akan memberikanmu banyak keuntungan, karena permintaan pasar akan sabun cuci piring tidak pernah mati, sehingga menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi para ibu rumah tangga. 

Menariknya, kamu bisa membuat label kemasan sendiri dan menjualnya atas nama produk bisnis kamu, lho. Tertarik untuk mencoba?

Penulis: Yuliawanti Dewi


Related Posts