taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ketahuilah Tips Memulai dan Rincian Modal Usaha Caffe

Ketahuilah Tips Memulai dan Rincian Modal Usaha Caffe

Saat ini semakin meningkat jumlah orang yang gemar berbisnis. Terdapat banyak jenis usaha yang mulai dijalankan. Salah satu contohnya yaitu usaha caffe yang kian berkembang. 

modal usaha caffe

Konsep yang dimiliki usaha cafe ini sangat beragam, mulai dari yang sederhana hingga modern. Cafe banyak diminati kalangan mudah untuk dijadikan tempat nongkrong.

Usaha cafe merupakan suatu usaha kuliner yang menyediakan tempat untuk pelanggannya berkumpul dan berbincang-bincang ataupun sekedar bersantai melepas penat sambil menikmati live musik, dimana pelanggan bisa memesan minuman. 

Seiring berjalannya waktu, cafe tidak hanya menyediakan kopi saja, namun juga menyediakan minuman lain, makanan ringan, hingga bahkan pada beberapa cafe juga menyediakan menu makanan berat.

Biasanya cafe berlokasi di sekitar pusat perkantoran, perbelanjaan, ataupun di tempat umum lainnya. Cafe memiliki dekorasi dan tatanan yang baik supaya mempunyai suasana lain sehingga bisa memberikan kesan bagi setiap pengunjungnya yang datang.

Waktu operasional cafe  umumnya buka dari pagi hingga malam atau ada juga yang buka dari sore hingga tengah malam. Jadi, yang membedakan cafe dan restoran atau tampat makan lainnya yaitu cafe lebih mengutamakan hiburan serta kenyamanan pengunjungnya.

Anda tertarik dengan usaha cafe ini? Tentu Anda dapat mencobanya. Namun, biasanya yang menjadi kekhawatiran adalah tentang modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Jangan khawatir, kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai rincian modal usaha cafe. Berikut rinciannya:

Langkah Memulai Usaha Cafe

Sebelum memulai usaha cafe, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut:

1. Menyusun Konsep Cafe

Hal yang harus diperhatikan pertama kali selain mempunyai niat dan tekad yang kuat yakni Anda harus menyusun konsep untuk usaha cafe Anda terlebih dahulu. Tersedia berbagai jenis konsep cafe yang telah ada sebelumnya dapat dijadikan inspirasi usaha Anda.

Konsep ini nantinya akan dijadikan sebagai brand tersendiri bagi usaha Anda. Jika cafe Anda memiliki konsep yang unik, tentu akan lebih menarik minat konsumen untuk mengunjungi cafe tersebut. Ada beberapa konsep usaha cafe yang bisa dipilih yaitu mulai dari konsep yang simple atau tradisional, modern, hingga vintage ataupun konsep lainnya.

2. Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi tempat usaha cafe ini menjadi salah satu hal yang sangat penting dan harus Anda perhatikan. Lokasi yang digunakan bisa dari bagian kecil di rumah Anda, apabila tidak mempunyai modal lebih untuk menyewa tempat lain. Jika Anda memilih lokasi yang strategis biasanya nanti Anda akan mendapatkan keuntungan lebih.

3. Menyiapkan Menu

Menu merupakan aspek utama dalam usaha Anda. Apabila cafe Anda mampu menarik perhatian banyak pengunjung, bahkan Anda juga dapat memberi kesan yang berbeda kepada pengunjung melalui menyajikan menu yang special atau menu khas cafe Anda.

Dalam pemilihan menu yang akan disajikan pada usaha Anda akan sangat berpengaruh bagi minat pengunjung. Riset menu pun sangat penting untuk dilakukan serta Anda harus melakukannya dengan baik. Bahkan Anda dapat menyediakan menu yang pernah Anda cicipi dan sukai sebelumnya, kemudian lakukan variasi terhadap menu tersebut selanjutnya disajikan pada cafe Anda.

Biasanya sebuah cafe akan dijadikan sebagai salah satu tempat yang disukai sebagian besar orang untuk mereka menghabiskan waktunya. Oleh karena itu, sebagai pemilik usaha, tentu sangat disayangkan jika momen ini terlewatkan begitu saja. Sehingga, Anda harus bisa  menyajikan berbagai makanan dan juga minuman yang cocok untuk dijadikan teman nongkrong pengunjung di cafe Anda.

4. Mengurus Izin Usaha

Mengurus izin usaha ini penting juga untuk dilakukan, tujuannya untuk menghindari berbagai macam kemungkinan masalah yang akan terjadi di esok hari.

Rincian Modal Usaha Cafe

Di bawah ini modal yang harus Anda siapkan untuk membuka usaha cafe. Gambaran modal yang dibutuhkan di bawah ini adalah untuk usaha cafe mini sederhana yang berkisar antara Rp 20 juta sampai Rp 25 juta.

• Biaya untuk menyewa toko/ruko/bangunan selama 1 tahun : Rp 8 juta

• Biaya pembelian meja dan kursi 10 set @Rp 100 ribu : Rp 1 juta

• Biaya pembelian etalase : Rp 1 juta

• Beli peralatan makan (piring, gelas, mangkok, dan sebagainya) : Rp 1,5 juta

• Beli peralatan masak (kompor, wajan, panci, dan lainnya) : Rp 3,5 juta

• Pembelian bahan baku awal : Rp 3 juta

• Biaya lain-lain : Rp 4 juta

• Biaya untuk gaji pelayan (2 orang) : Rp 2 juta

• Total biaya keseluruhan : Rp 24.juta

Tips Agar Usaha Cafe Sukses

Setelah mengetahui peluang usaha dan juga modal yang diperlukan untuk memulai usaha cafe, selanjutnya kami akan membagikan beberapa tips agar usaha cafe yang dijalankan bisa didatangi banyak pengunjung. Berikut tipsnya:

1. Menyediakan daftar menu yang lengkap dan mura

Umumnya pengunjung cafe hanya akan menikmati kopi, minuman dingin, dan lainnya sambil berbincang-bincang santai. Jadi perbanyaklah varian minuman dan juga snack ringan.

2. Sediakan fasilitas Wifi gratis

Fasilitas Wifi gratis dapat menarik minat konsumen untuk mendatanginya. Terutama bagi kalangan muda yang dekat dengan media sosial akan membutuhkan akses internet tiap waktu. 

3. Berikan promo berupa voucher minuman dan makanan gratis

Tips yang terakhir ini akan sangat menarik apabila Anda memberikan promosi ini ke kalangan mahasiswa. Apalagi kita telah mengetahui banyak orang yang suka dengan promo gratisan ini.

Setelah kamu tahu sejumlah tips dan juga rincian modal untk membuka usahanya, ketahuilah juga bagaimana cara mempromosikannya beserta kalimat promosinya pada artikel di bawah ini.

baca juga:

1. kata kata promosi coffeshop

2. kalimat promosi resto dan cafe

Demikian informasi mengenai rincian modal usaha caffe beserta dengan tips agar cafe bisa didatangi banyak pengunjung. Semoga artikel ini bermanfaat.


Penulis: Rachel 

Related Posts