taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Cara Promosi Lagu Ciptaan Sendiri, Lengkap Beserta Tipsnya

8 Cara Promosi Lagu Ciptaan Sendiri, Lengkap Beserta Tipsnya

Apakah Anda termasuk orang yang gemar bermain musik atau bahkan menciptakan lagu sendiri namun Anda tidak mengetahui bagaimana cara promosi lagu ciptaan sendiri tersebut? Tetap tenang dan jangan khawatir karena pada artikel ini akan memberikan solusi bagi Anda.

promosi lagu ciptaan sendiri

Pertama sebelum mempromosikan lagu Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah lagu ciptaan Anda ini berkualitas dan bisa diterima oleh orang lain atau tidak. Caranya bisa melalui meminta pendapat mengenai lagu tersebut dari keluarga, teman, sahabat, saudara, bahkan tetangga Anda. 

Pastikan bahwa lagu ciptaan Anda mempunyai kualitas suara yang bagus juga jernih. Anda bisa melakukan rekaman yang baik tanpa memerlukan modal mahal, yang terpenting hasil mixing dan mastering studio rekaman yang dipilih bisa menghasilkan lagu yang baik dan enak didengar.

Selain hal tersebut, keberuntungan juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting pada saat Anda melakukan promosi. Dikarenakan banyak musisi hebat namun karena tidak memiliki faktor keberuntungan sehingga lagu mereka tidak terkenal. 

Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips promosi lagu ciptaan sendiri agar cepat terkenal di kalangan masyarakat. Berikut caranya:

Tips Promosikan Lagu Ciptaan Sendiri

1. Miliki atau siapkan lagu andalan

Sebelum beranjak pada cara promosi lagu, Tips pertama pastikan Anda sudah memiliki minimal satu lagu yang telah menjadi andalan atau paling populer di group band Anda. Ada baiknya apabila Anda menyiapkan lagu yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Selain itu Anda harus dapat mempertimbangkan perkembangan musik yang akan terjadi selama beberapa bulan ke depan. Lagu yang diciptakan sebisa mungkin menari, unik, dan enak untuk di dengarkan pada semua kalangan usia.

2. Mengikuti acara atau event

Tips berikutnya Anda bisa mengikuti setiap acara atau event yang diselenggarakan baik di dalam kota hingga di luar kota. Jangan lupa untuk menyanyikan lagu ciptaan Anda tersebut yang menjadi andalan group band milikmu.

Popularitas band atau lagu Anda ini dipengaruhi oleh seberapa banyak kamu mengikuti event-event yang ada. Semakin banyak mengisi acara maka semakin populer pula lagu yang Anda ciptakan sendiri ini. 

Melalui kesempatan ini juga Anda akan memperoleh peluang untuk lagu Anda disukai banyak orang bahkan hingga mereka tidak akan merasa asing lagi apabila mereka mendengarkan lagu Anda di radio ataupun aplikasi-aplikasi pemutar musik lainnya.

3. Bagikan lagu ke ponsel teman

Anda bisa mencoba untuk membagikan lagu ciptaan sendiri ke ponsel milik teman-teman, ataupun saudara. Selain itu juga dapat memasukkan lagu ke radio-radio yang Anda ketahui.

Lebih baik lagi apabila Anda membuat situs website yang berisikan informasi mengenai band Anda, event-event yang telah kamu ikuti, dan informasi lainnya yang berkaitan. 

Buat seunik dan juga semenarik mungkin, supaya penggemar akan betah ketika membaca informasi tentang band Anda.

4. Unggah lagu ke sosial media

Tips yang terakhir sebelum beranjak pada cara promosi lagu sendiri, Anda bisa mengunggah lagu ciptaan sendiri ke situs sosial media yang ada.

Cara Promosi Lagu Ciptaan Sendiri

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk promosi lagu. Berikut ini referensinya.

1. Youtube

Sebagai salah satu pilihan dalam cara promosi lagu ciptaan sendiri. Sosial media satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena saat ini banyak penyanyi dan juga group band yang terkenal karena mereka mempromosikan lagu menggunakan Youtube. Bahkan ada beberapa produser juga mencari penyanyi atau grup band melalui aplikasi ini.

Apabila Anda hendak mencoba mempromosikan lagu melalui Youtube, maka pastikan terlebih dahulu video Anda memiliki kualitas yang baik. Pastikan juga supaya video Anda tidak dibuat dengan sembarangan, buatlah semenarik mungkin agar dapat menarik lebih banyak penonton.

2. Ngemusik.com

Anda juga dapat mempromosikan lagu ciptaan sendiri melalui situs website ngemusik.com. Cara promosikan lagu ciptaan sendiri dengan cara yang satu ini pun cukup mudah, Anda hanya akan diminta untuk mengunggah tanpa memerlukan registrasi terlebih dahulu.

Pada website ini Anda bisa mengupload lagu sebanyak-banyaknya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan tunggulah sambil berdoa supaya banyak orang yang mendownload lagu Anda tersebut.

3. Reverbnation

Semakin banyak Anda mempromosikan lagu ke berbagai media, maka Anda juga akan memiliki peluang yang semakin besar supaya lagu Anda lebih dikenal banyak orang. Maka dari itu, Anda bisa mencoba mempromosikannya melalui Reverbnation.

Setelah Anda mengunggah lagu di media ini, kemudian bagikanlah linknya ke sosia media lainnya agar banyak orang yang mendengarkan sehingga ranking lagu Anda semakin naik, dan tentu akan semakin menarik perhatian pengguna lainnya.

4. Twitter

Twiiter merupakan salah satu sosial media yang dapat Anda manfaatkan sebagai tempat promosi lagu. Selain bisa digunakan untuk melalukan komunikasi dengan penggemar, Anda juga bisa mempromosikan konten dan menarik perhatian orang lain supaya mereka bisa lebih antusias untuk mendengarkan lagu Anda. 

Cara yang harus dilakukan yaitu Anda harus aktif untuk terus memperbarui kronolgi menggunakan informasi yang terbaru misalnya tentang event yang akan diikuti, promosi lagu, hingga perilisan album baru.

5. Radio atau Televisi

Selain cara promsi lagu ciptaan sendiri yang diinformasikan di atas tadi, Anda juga bisa mempromosikan lagu melalui televisi. Namun, tentu saja apabila ingin mempromosikan melalui televisi maka Anda harus menyiapkan dana banyak karena harganya yang mahal.

Jika dana terbatas, Anda bisa mempromosikan melalui radio. Untuk promosi setiap radio menentukan tarif yang berbeda. Namun, jangan ragu karena cara ini juga efektif terbukti dari beberapa musisi yang populer karena melalui radio.

6. Sound Cloud

Meskipun Sound Cloud tidak banyak digunakan untuk promosi lagu, tetapi tidak ada salahnya apabila Anda mencoba mempromosikan melalui media ini supaya pengguna lain juga bisa mendengarkan lagu ciptaan Anda sendiri.

7. Kirim ke Label Musik

Sudah ada banyak label musik di Indonesia sekarang yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi lagu. Caranya juga mudah yaitu dengan mengirimkan demo lagu baik melalui cara offline maupun online. Untuk cara online bisa dikirim melalui website ataupun email. Cara ini tergolong cukup efektif ketika kamu hendak melakukan cara promosi lagu ciptaan sendiri. 

8. 4Shared

Cara promosi lagu terakhit yang bisa dilakukan adalah yang satu ini. 4Shared merupakan media yang hampir sama dengan SoundCloud. Melalui media ini Anda bisa mempromosikan lagu melalui mengunggahnya kemudian orang lain dapat mengunduh lagu Anda. Untuk masuk ke media ini, bisa melalui email, facebook, google plus, hingga twitter.

Kamu juga bisa menambah wawasan kamu, terkait sejumlah aplikasi promosi online gratis dan yang berkaitan, tentunya dengan mengunjungi sejumlah artikel di bawah ini.

baca juga:

1. jenis media promosi dan tipsnya

2.  aplikasi promosi online gratis

Itu tadi beberapa cara promosi lagu ciptaan sendiri yang bisa Anda coba untuk lakukan supaya lagu Anda bisa dikenal lebih banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!


Penulis: Rachel


Related Posts