taupasar.com

we read, we create and we share it.

13 Jenis Media Promosi Disertai Tipsnya, Bisa Bantu Mudahkan Promosi

Jenis - Jenis Media Promosi Beserta Contoh Lengkapnya

Promosi adalah salah satu pekerjaan yang harus kamu lakukan jika produk yang kamu jual ingin dikenal oleh masyarakat, sehingga penjualanpun meningkat yang dapat membuat omzet penghasilan semakin besar dari terjualnya produk kamu.

Banyak media yang dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan produkmu, media-media tersebut mungkin belum kaamu tahu cara memanfaatnya. Nah kali ini akan dibagikan mengenai 13 jenis media promosi dan tipsnya.

jenis - jenis media promosi

Jenis Media Cetak dan Elektronik Untuk Promosi Bisnis

1. Media Cetak

Media cetak adalah salah satu media promosi yang sudah sejak lama dipakai oleh para pengusaha, walaupun teknologi sudah maju tetapi promosi dengan media cetak jangan pernah kamu lewatkan.

Lantas apa saja sih jenis-jenis media cetak yang dapat kita manfaatkan untuk promosi? Berikut macam-macam media promosi cetak.

a. Brosur

Brosur adalah salah satu media cetak yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produkmu. Dalam pembuatan brosur aku saranin jangan terlalu besar dalam pembuatannya, maksimal setengah kertas HVS, selain untuk menghemat biaya juga dapat memberikan kesan simpel terhadap para pembaca, orang jika melihat brosur iklan hanya membutuhkan informasi mengenai produkmu dan harga yang kamu tawarkan, mengenai detail produk mereka akan menanyakan lagi sama kamu.

b. Koran 

Koran merupkan salah satu jenis media promosi yang dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan produkmu. Walaupun sekarang informasi ataupun berita bisa dengan mudah didapatkan lewat internet, tetapi masih banyak orang yang lebih menyukai untuk mencari informasi lewat koran, mereka memiliki alasan tertentu untuk tidak memiliki media sosial atau menggunakan internet.

Koran kadang juga digunakan untuk membungkus gorengan, alas untuk bungkusan nasi, dan sebagainya. Terkadang ketika membeli atau mendapatkan nasi bungkus, korannya itu tidak langsung kita buang melainkan kita baca. Dengan adanya fakta yang sering kita temukan itu membuktikan bahwa promosi lewat koran menjadi salah satu yang harus kamu lakukan.

c. Majalah

Sebelum internet berkembang dengan pesat seperti sekarang ini, media cetak seperti majalah menjadi salah satu media yang sering digunakan oleh para pelaku usaha untuk mempromosikan produknya. Tetapi, saat inipun majalah masih menjadi salah satu media promosi yang menarik untuk kamu coba.

d. Poster

Jika usahamu berjualan di tempat keramaian seperti di car free day atau acara-acara seperi bazar dan lainnya poster merupakan alat promosi yang dapat membantu kamu membuka usaha di tempat-tempat tersebut.

Sedikit saran, poster yang kamu buat jangan terlalu besar, rata-rata ukurang poster tingginya tidak sampai satu meter, dan lebarnya tidak sampai 500 cm. Maka jangan lupakan hal tersebut. 

e. pamphlet dan spanduk

Jika kamu sudah memiliki tempat tetap untuk berjualan, pamphlet dan spanduk salah satu alat promosi yang tidak boleh kamu lewatkan, karena dengan adanya pamphlet dan spanduk akan dapat dilihat oleh orang-orang yang melewati tempat usahamu.

Diatas merupakan media cetak yang dapat kamu manfaatkan untuk memperkenalkan produkmu ke masyarakat luas. Kamu boleh memilih jenis-jenis media yang sesuai dengan usahamu.

2. Media Elektronik

Media elektronik adalah media informasi yang membutuhkaan media elektronik untuk mendapatkaannya. Berikut daftar media elektronik yang dapat kamu manfaatkan untuk promosi.

a. Radio

Radio adalah salah satu media elektronik yang masih digandrungi oleh orang-orang termasuk kaula muda. Hal ini menjadi peluang kamu untuk memperkenalkan produkmu dengan  cepat dan mudah. Jika kamu ingin membuat iklan untuk di radio, kamu haaru memastikan terlebih dahulu apakah iklanmu bisa difahami hanya dengan lewat auido saja atau tidak. Lalu kamu bisa kirim iklan ke radio.

b. Televisi

TV  adalah salah media elektonik yang saat ini masih banyak penggunanya, hampir setiap rumah pasti minimalnya memiliki televisi, terbukti banyak film-film televisi yang jumlah penontonnya cukup banyak, dan mereka seperti terbentuk kebiasaan bila tak meninton TV serasa ada yang kurang. 

Dengan fakta tersebut media televisi salah satu media promosi yang tidak boleh kamu lewatkan.  Buatlah iklan produk atau jasamu berupa video yang menarik dengan durasi maksimal satu menit periklanmu.

c. Internet

Media selanjutnya yang dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan jasa atau produkmu yakni media internet atau media online, media internet bisa kamu gunakan dengan gratis dan ada juga yang bayar untuk mempromosikan usahamu. 

Fungsi media promosi yakni memperkenalkan produkmu kemasyarakat luas, dengan menggunakan internet atau media online promosi akan sangat efektif dan efisien, karena sekarang ini orang-orang sangat menggandrungi penggunaan media sosial. Lantas apa saja jenis-jenis media promosi yang dapat kamu gunakan?

Jenis Media Online Untuk Promosi

1. Facebook

Saat ini facebook salah satu media sosial yang terus meningkat jumlah penggunanya. Kamu  bisa manfaatkan fitur-fitur gratis di facebook untuk promosi usahamu, walaupun Fb sekaarang ini sedang ketat, ketika menuliskan japri saja postingan kita akan dihapus di fb.

2. Instagram

Salah satu contoh media promosi online yang dapat kamu gunakan yakni Instagram, sama halnya dengan Fb, fitur-fitur gratis di Instagram pun salah satu media sosial yang mudah kamu gunakan untuk mempromosikan usahamu.

3. Facebook ads, youtube ads dan google ads.

Jika omzet usahamu meningkat, sekali-kali kamu harus mencoba untuk promosi dengan Facebook ads, YouTube ads, dan Google ads. Dengan memanfaatkan 3 media tersebut merupakan salah satu cara promosi yang sangat cepat sampai kepada orang banyak.

4. Tiktok

Tiktok saat ini menjadi salah satu media sosial yang setara dengan media sosial diatas, bahkan lebih banyak penggunanya dibandingkan dengan beberapa media diatas. Buatlah iklan semenarik mungkin, bisa berupa video singkat atau sekedar foto saja.

5. WhatsApp

Saat ini WhatsApp menjadi aplikasi chatting gratis yang sangat digemari oleh masyarakat, dengan fitur status bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan usahamu.

Nah itu tadi 13 jenis media promosi dan tipsnya yang dapat kamu manfaatkan untuk mengenalkan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada calon pelangganmu.

Semoga informasi diatas dapat membantu kamu dalam mencari tahu mengenai media-media yang dapat dimanfaatkan untuk beriklan atau memperkenalkan produkmu kemasyarakat luas, terus semangat dan belajar mengenai cara promosi untuk meningkatkan omzet yang sangat tinggi.

Penulis : Leli F.

Related Posts