taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Aplikasi Promosi Online Gratis, Efektif Untuk Dicoba

Saat ini banyak UMKM yang muncul pada setiap tahunnya. Ini merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi oleh UMKM agar dikenal orang dan mampu memenangkan persaingan pasar.

promosi online gratis

Cara yang dapat digunakan adalah dengan melakukan promosi. Anda dituntut harus kreatif dalam menyusun strategi marketing. Salah satu caranya adalah dengan membuat website. Apabila bisnis Anda memiliki website resmi, biasanya akan lebih dipercaya orang dan reputasi bisnis akan meningkat.

Buatlah website yang unik. Misalnya kamu dapat memakai domain yang berbeda dari biasanya agar menampilkan kesan unik. Contoh domainnya yakni .online atau .site. Dengan memiliki domain yang unik dan berbeda, akan membuat pengunjung website  terus mengingatnya dan menarik pengunjung baru untuk mengunjungi website Anda.

Apabila Anda telah melakukan promosi melalui website tetapi kurang puas dengan hasilnya dan ingin mencoba promosi di tempat lain, berikut ini kami akan memberikan referensi mengenai 8 aplikasi promosi online gratis yang dapat Anda coba. Berikut ulasannya.

8 Aplikasi Promosi Online Gratis

Sebenarnya ada banyak platform promosi yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis online Anda. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. 

Namun, bagi Anda yang baru memulai merintis bisnis dan belum berminat untuk melakukan cara promosi yang berbayar, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas 8 aplikasi promosi online gratis. Yuk, langsung simak saja ulasan lengkapnya.

1. Facebook

Facebook merupakan aplikasi yang sangat populer. Hampir semua kalangan menggunakan Facebook. Hingga saat ini, Facebook memiliki pengguna sekitar 2,3 miliar. 

Facebook dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis online Anda secara gratis. Semua jenis produk dapat Anda promosikan melalui aplikasi ini. Tersedia tools yang di desain sedemikian mungkin untuk memudahkan penggunanya dalam mempromosikan produk agar tepat ke target bisnis.

Dengan tools itulah, promosi Anda akan lebih banyak dijangkau oleh pengguna yang sesuai dengan sasaran bisnis. Ini sudah terbukti sangat efektif dan dapat menambah conversation rate website Anda.

2. Instagram

Instagram juga merupakan salah satu sosial media yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis online. Jumlah pengguna Instagram juga tidak kalah banyak dari pengguna Facebook. 

Cara mempromosikan bisnis Anda secara gratis di Instagram adalah dengan melalui fitur Instagram Stories ataupun melalui feed Instagram. Kamu dapat membuat akun khusus bisnis Anda kemudian memposting foto atau video yang berkaitan dengan bisnis.

Sedangkan cara untuk promosi yang berbayar melalui Instagram, Anda dapat menggunakan fitur Instagram Ads. Fitur ini akan membuat pengguna mengunjungi akun atau website Anda. Untuk cara yang lain, Anda bisa lakukan promosi dengan bekerja sama dengan artis, selebgram, ataupun influencer.

Bagi Anda yang memiliki target pasar anak muda, maka aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan promosi. Karena kebanyakan pengguna Instagram adalah anak muda.

3. Zomato

Zomato adalah sebuah aplikasi untuk promosi yang cocok digunakan untuk bisnis yang bergerak di bidang kuliner.

Di aplikasi Zomato ini, kita dapat mencari review mengenai tempat makan. Beberapa informasi yang ditampilkan pada aplikasi Zomato antara lain nama tempat makan, alamat, lokasi, menu, nomor kontak yang dapat dihubungi, hingga acara yang diadakan di tempat tersebut.

Zomato juga menampilkan informasi mengenai jam buka tempat makan, fasilitas yang disediakan, Wi-fi, live music. Pengguna bisa memberikan penilaian terhadap suatu tempat makan.

4. Linked Business

Apakah kalian sudah mengetahui bahwa LinkedIn bisa dijadikan untuk promosi bisnis online? LinkedIn tidak hanya dijadikan sebagai tempat para profesional, namun juga terdapat fitur marketing solution yang diberi nama LinkedIn Business.

Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk menemukan pelanggan yang potensial. Lebih dari 500 juta orang dapat Anda jangkau melalui aplikasi ini. Bahkan Anda dapat menjangkau pemilik bisnis untuk menjadi pelanggan Anda.

5. Google My Business

Aplikasi Google My Business dapat membantu Anda untuk menjangkau banyak pelanggan. Semua orang menggunakan Google ketika hendak mencari kebutuhannya. Maka dari itu, apabila Anda menggunakan Google My Business, tentu bisnis Anda bisa lebih dikenal.

Google Maps termasuk fitur dari Google My Business. Apabila bisnis Anda ada kaitannya dengan yang dicari orang melalui Google Maps, maka informasi bisnis Anda bisa muncul di hasil pencarian dan memiliki peluang untuk dikunjungi orang.

6. Twitter

Anda dapat promosi dari aplikasi Twitter. Caranya dengan memanfaatkan fitur Twitter Ads untuk menjangkau banyak pengguna yang sesuai dengan target bisnis Anda.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat tweet mengenai promosi kan berikan hashtag tertentu. Pada tweet tersebut Anda dapat memberikan tambahan informasi dan membalas komentar pengguna lain.

7. Quora

Aplikasi Quora dapat Anda pertimbangkan sebagai media untuk promosi karena konten pertanyaan dan jawaban pada Quora sering muncul pada halaman pencarian di Google sehingga dengan menjadikan Quora sebagai media promosi bisnis Anda akan semakin dikenal.

8. Forum Indonesia

Tempat promosi yang terakhir adalah Anda dapat menggunakan forum. Caranya mudah dan gratis hanya dengan mendaftar pada forum, kemudian Anda membuat thread yang berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan. 

baca juga:

1. kata kata promosi online shop

2. promosi makanan di sosial media

3. jenis media promosi dan tipsnya

Itu tadi 8 aplikasi promosi online gratis yang dapat kalian pertimbangkan untuk digunakan.  Karena tidak dipungut biaya alias gratis tentunya Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini semaksimal mungkin.

Dengan pemilihan tips marketing yang baik dan platform promosi yang tepat, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat antara lain banyak orang semakin mengenal bisnis

Anda dan bisnispun semakin maju. Selamat mencoba.


Penulis: Rachel

Related Posts