taupasar.com

we read, we create and we share it.

Contoh Kata-Kata Untuk Penggalangan Dana/Donasi Lengkap Dengan Tipsnya

Contoh Kata-Kata Untuk Penggalangan Dana/Donasi Lengkap Dengan Tipsnya

Program penggalangan dana merupakan kebaikan yang amat mulia, baik untuk korban bencana alam, pembangunan fasilitas umum, maupun orang sakit. Hal ini dikarenakan dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu orang lain. Oleh karena itu, perlu adanya kata-kata bijak untuk penggalangan dana/donasi.

kata untuk penggalamgan dana

Adapun tujuannya, yaitu untuk mengetuk hati para calon donatur untuk mengikuti program tersebut. Dengan demikian, dana yang terkumpulkan pun semakin banyak dan memberikan manfaat lebih kepada para penerimanya. Hal ini diperbolehkan, asal dalam konteks kebenaran tanpa adanya unsur penipuan atau mencari keuntungan.

Tips Menulis Kata Kata Untuk Penggalangan Dana

Sebelum membuat kata-kata bijak untuk penggalangan dana/donasi, alangkah lebih baik jika Anda mempelajari tips untuk menulisnya. Dengan tips-tips tersebut, diharapkan kalimat penggalangan dana atau donasi terkesan lebih menarik dan tepat sasaran. Berikut beberapa tips yang bisa dipraktikkan:

1. Identitas Penggalang Dana

Pada paragraf awal, isi dengan identitas penggalang dana baik atas nama pribadi maupun organisasi. Tujuannya agar para calon donatur bisa mengetahui dan percaya pada program penggalangan tersebut. Namun, jika akan diposting di media sosial, informasi ini bisa ditaruh pada paragraf akhir.

2. Identitas Penerima

Untuk menambah kepercayaan donatur, berikan identitas penerima bantuan secara jelas dan gamblang. Jika pihak penerima adalah personal, maka lengkapi dengan informasi mengenai kesehariannya. Baik tentang kondisi ekonomi, tempat tinggal, anggota keluarga yang lain, maupun cerita kesehariannya. 

Seandainya pihak penerima memerlukan dana untuk pengobatan yang besar, maka sertakan informasi dari rumah sakit atau tenaga medis. Begitu juga penggalangan donasi untuk kemanusiaan lainnya, seperti kepedulian terhadap nasib TKI, pendidikan, dan lain-lain. Maka pemberian bukti resmi harus dipastikan ada. 

3. Informasi Penggalangan Dana

Jangan lupa untuk membubuhkan informasi mengenai cara dan batas pengumpulan donasi, agar donatur tidak kebingungan. Perkuat dengan gambaran tentang kondisi terkini, agar donatur semakin tergerak hatinya. Selain berupa potret, gambaran tersebut juga bisa berupa video agar lebih banyak informasi yang bisa disampaikan.

4. Status Bantuan atau Donasi

Lakukan update data mengenai posisi donasi atau dana yang sudah berhasil dikumpulkan, berikut dengan penyaluran (jika sudah dilakukan). Dengan begitu, para calon donatur bisa mengetahui berapa kekurangan jumlah dana yang diperlukan. Hal tersebut juga memberi kepercayaan lebih, karena sudah ada dana yang sampai ke tujuan.

5. Susunan Kata

Tips terakhir yang harus diperhatikan adalah kata-kata bijak untuk penggalangan dana/donasi. Di sini, tantangan terbesar yang harus dihadapi, yakni meyakinkan hati para donatur. Gunakan kata-kata yang menyentuh atau menggugah hati para calon donatur, agar tidak ada lagi keraguan untuk memercayakan sebagian harta mereka. 

Contoh Kata-Kata Untuk Penggalangan Dana/Donasi

Sekali lagi, melakukan pemilihan kata untuk meyakinkan para donatur adalah hal yang sangat diperbolehkan. Sebab, sudah menjadi hal yang sangat manusiawi jika ada seseorang yang merasa ragu untuk beramal. Bukan hanya karena pelit, tetapi maraknya kasus penipuan berkedok bantuan sosial. Berikut beberapa contoh kata-kata bijak untuk penggalangan dana/donasi:

1. Uluran tangan Anda mungkin tidak bisa menghapus air mata dan kesedihan yang dialami. Namun, sedikit dari Anda akan menjadi sangat berarti untuk meringankan beban mereka. Berapapun nilai rupiah yang Anda transfer ke rekening kami akan menjadi sangat berarti.

2. Bencana tidak hanya berupa fenomena alam yang biasa, tetapi pengingat kita untuk membuka hati dan mata. Di luar sana, masih ada orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan kita. Kini, saatnya untuk menyingsingkan lengan dan galang dana, karena seberat apapun akan jauh lebih mudah saat bersama.

3. Semua bencana dan peristiwa yang terjadi secara bertubi-tubi menjadi pertanda kekuasaan Tuhan. Kita memang tidak bisa mencegahnya, tetapi kita bisa turut mengubah keadaan para korban. Mari berdonasi untuk saudara setanah air.

4. Tidak semua orang memperoleh kenikmatan dan keberuntungan yang sama. Di luar sana, ada orang-orang terpilih dengan segala keterbatasan yang ada. Mari manfaatkan keberuntungan kita untuk membantu sesama.

5. Memiliki masa depan cerah adalah impian semua orang, begitu juga dengan adik kita Sucita Anggraini. Namun, ia masih harus berjuang di meja operasi karena penyakit jantung bocor yang dideritanya. Mari bersama-sama kita galang donasi, agar adik Sucita bisa segera dioperasi. 

6. Tidak ada kemalangan yang direncanakan maupun musibah yang diharapkan. Namun, kita bisa merencanakan bantuan untuk memberi sedikit harapan bagi para korban banjir dan tanah longsor. Salurkan donasi Anda, biarkan kami yang menyampaikannya kepada mereka. 

7. Bersihkan hati dan beresin lemari. Ayo, bantu saudara-saudara kita yang ada di TPA Bantar Gebang dengan menyumbangkan pakaian yang masih layak pakai. Masuk satu, keluar satu. Lemari lapang, pahala membenteng. Semoga berkah.

Selain kata kata untuk penggalangan dana di atas, kamu juga bisa mengetahui sejumlah informasi tambahan yang masih berkaitan berikut ini.

baca juga:

1. contoh kata ajakan donasi

2. contoh kata kata promosi online

Demikian beberapa tips serta contoh kata-kata untuk penggalangan dana/donasi yang bisa diterapkan. Semoga referensi di atas bisa digunakan sebagaimana mestinya dan tidak untuk hal-hal yang dilarang. Mari awali dengan niat baik, lakukan dengan penuh ketulusan, dan akhiri penggalangan donasi dengan pemenuhan amanah.   

Penulis: Devi

Related Posts