taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Tips Membuat Ide Nama Bisnis Makanan Beserta Contohnya

Nama bisnis atau usaha adalah hal yang sangat penting dalam membangun sebuah perusahaan terutama dalam usaha makanan, hal ini dikarenakan nama usaha kita nanti akan dikenal oleh orang lain. 

contoh ide nama bisnis makanan

Mencari nama untuk usaha memang gampang-gampang susah, walaupun begitu jangan sampai kamu memberikan nama usaha makanan kamu sembarangan, kamu harus pandai menyusun nama yang unik, menarik dan memiliki makna yang bagus.

Selain nama usaha kamu akan dikenal oleh para pelangganmu kelak, nama usaha juga bisa mengandung harapan, agar usaha yang dijalankan sesuai dengan nama usaha yang dibuat.

Nah, maka itu kali ini akan dibagikan  tips mencari ide nama bisnis makanan yang keren, menarik, dan pastinya berkesan.

Tips Mencari Nama Ide Makanan 

1. Mencerminkan Produk

Satu hal penting dalam menentukan nama usaha adalah nama tersebut harus mencerminkan produk yang dijual, kan gak lucu kalau produk yang dijual makanan tetapi namanya usahanya elektronik, orang akan salah mengira, orang-orang akan mengira bahwa kamu menjual produk elektronik.

Padahal kamu menjual produk makanan, hal ini dikarenakan nama usaha kamu yang tidak sesuai dengan usaha yang kamu jalani.

2. Mudah dibaca 

Setelah kamu menemukan nama usaha yang cocok sesuai dengan produk yang kamu jual, selanjutnya kamu harus memastikan bahwa nama usaha yang kamu tentukan itu kata-katanya dapat dibaca dengan mudah.

Nama usaha kamu akan disebutkan oleh pelangganmu ketika akan merekomendasikan produk kamu kepada teman atau keluarga mereka. Maka buatlah nama usaha yang mudah dibaca oleh mereka, mereka akan enggan untuk menyebutkan ketika nama usaha kamu sulit untuk dibaca.

Kamu bisa meminta orang lain untuk menyebutkan nama usaha atau bisnismu, untuk mengetes apakah nama yang kamu tentukan itu sulit dibaca atau tidak

3. Mudah diingat

Tips selanjutnya untuk menemukan ide nama bisnis makanan yang keren dan menarik yakni carilah kata yang mudah diingat.

Kenapa harus yang mudah diingat? Karena ketika para pelangganmu ingin merekomendasikan produkmu, mereka akan mudah menyebutkan nama usaha kamu karena mudah diingat oleh mereka.

Maka nama usahamu akan mudah dikenal oleh masyarakat luas, dan berhubungan dengan itu usahamu juga akan semakin membesar pendapatanpun akan semakin bertambah.

4. Menggunakan kata yang diplesetkan

Tips selanjutnya dalam menemukan ide nama bisnis makaanan yakni dengan menggunakan kata yang diplesetkan, hal ini agar memberikan kesan lucu kepada usahamu, dengan memiliki nama usaha yang lucu mereka akan tertarik dan penasaran dengan proaduk yang kamu juall.

Contohnya kirun makarun, produk makanan yang personal brandingnya seorang artis bernama Rizky Harun ini memproduksi makaroni renyah. Nama ini terdiri dari dua kata yakni kirun yang merupakan singkatan dari nama Rizky Harun dan makarun plesetan dari produk yang dijualnya yakni makaroni.

5. Terdiri dari minimal 3 kata

Untuk mengajukan atau mengesahkan nama perusahaan, di Indonesia memiliki aturan bahwa nama usaha minimal memiliki 3 suku kata, hal ini agar terhindar dari memiliki nama usaha yang sama dengan nama usaha yang lain.

Maka itu sebelum kamu mengajukan nama usaha kamu pastikan bahwa nama usahamu sudah memiliki tiga suku kata. Tetapi aku saranin jangan lebih dari suku kata, karena menurutku itu terlalu panjang.

6. Tambahkan kata Food

Tips selanjutnya untuk memberikan nama usaha yakni menambahkan kata food kedalam nama usaha kamu. Menambahkan kata food juga merupakan salah satu cara menyampaikan kepada masyarakat bahwa produk yang kamu jual merupakan produk makanan.

Berikut beberapa contoh perusahaan yang menggunakan kata food

- Indofood

- Wingsfood

Sebenarnya banyak sekali perusahaan yang menggunakan kata food untuk nama perusahaannya, namun dua perusahaan ini yang terkenal dan paling dihafal aku.

7. Tambahkan kata snack

buat kamu yang usahanya berfokus dalam produksi snack, sangat disarankan untuk menambahkan kata snack dalam memberikan nama bisnis makanan kamu, hal ini agar nama usaha kamu semakin dikenal.

8. Menambahkan kata Resto/ Cafe/ Kedai

Memiliki usaha dibidang rumah makan, resto, kedai ataupun kafe, agar jenis usaha kamu semakin dikenal maka salah satu tipsnya yakni menambahkan kata Resto/ Kafe/ Kedai/ atau Rumah Makan.

9. Menambahkan nama daerah

Memiliki usaha oleh-oleh khas daerah? Nah, salah satu tips dalam memberikan nama bisnis makanan oleh-oleh khas daerah yakni memberikan nama daerah tempat usaha kamu dibuka.

Contohnya seperti usaha makanannya Bang Teuku Wisnu yang memiliki usaha makanan oleh-oleh, dia memberikan nama usahanya dengan Strudle Malang.

10. Hindari menggunakan simbol atau aksara tertentu

Hindarilah simbol atau aksara tertentu hal ini untuk mempermudah orang mengenali usaha yang kamu jalani, ketika menambahkan aksara tertentu atau simbol tertentu  akan mempersulit penyebutan nama usaha kamu.

Dengan menambahkan aksara atau simbol tertentu usahamu akan sulit diingat, dan hal ini akan mempersulit untuk berkembang terhadap usaha yang kamu jalankan.

Maka itu hindarilah simbol atau aksara tertentu dalam memberikan nama bisnis makanan yang akan kamu jalankan kelak.

11. Manfaatkan Internet

Cara atau tips terakhir dalam memberikan nama usaha makanan yakni dengan memanfaatkan internet. Kamu bisa mencari ide nama untuk bisnis makanan kamu dengan cara cari tahu nama perusahaan makanan yang lain lewat internet. Atau kamu juga bisa manfaatkan keyword atau kata kunci di google yang sering dipakai.

baca juga:

1. kata kata promosi makanan

2. menyusun kata kata promosi makanan

3. contoh usaha makanan ringan

4. rincian modal usaha makanan

Contoh Ide Nama Bisnis Makanan

1. Contoh nama usaha makanan rumahan

Berikut contoh nama usaha rumahan dalam bidang makanan:

- Dapur Bunda Ahkaf

- Seblak Bunda Maryam

Nama usaha diatas bisa digunakan juga untuk nama usaha makanan rumahan online, buat kamu yang memiliki usaha makanan ringan yang dipromosikan lewat online.

2. Contoh nama usaha makanan ringan

Berikut aku kasih contoh nama unik untuk usaha makanan ringan.

- Dewa Snack

- Brownchips

- Dll

3. Nama untuk usaha makanan berbahan dasar pisang

Pisang merupakan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Berikut aku kasih contoh nama unik untuk usaha makanan pisang.

- Sang Pisang

- Banana Crispi 

- dll

Nah itu tadi 11 tips dalam memberikan ide nama bisnis makanan disertai dengan contohnya, semoga bermanfaat buat kamu yang lagi mencari ide nama bisnis makanan yang keren dan menarik.


Penulis: Leli Ferlina

Related Posts