taupasar.com

we read, we create and we share it.

15+ Cara Promosi Bisnis Online Paling Kreatif

15+ Cara Promosi Bisnis Online Paling Kreatif


Di era menjamurnya bisnis online di berbagai platform media sosial maupun marketplace, teknik cara promosi bisnis online menjadi pengetahuan wajib bagi para pelaku bisnis online. Teknik ini akan membantu Anda bersaing dalam dunia jual beli digital yang sengit. Sebagai seorang pebisnis, tentu Anda tidak boleh terpaku dengan satu media atau cara promosi saja, bukan?
promosi bisnis online

Cara Promosi Bisnis Online Terlengkap


Kunci kesuksesan cara promosi bisnis online adalah ketelatenan dan totalitas. Seringkali banyak orang menjadikan bisnis online sebagai pengisi waktu luang dan dikerjakan setengah hati. Tentu cara seperti itu tidak sepenuhnya benar, karena sama dengan profesi lain, Anda perlu totalitas dan perhatian penuh.

Selain ketelatenan dan totalitas, jangan pernah melupakan peran promosi. Iklan berperan sebagai sarana yang mempertemukan produk penjual dengan para peminatnya. Semakin optimal dan maksimal iklan tersebut, semakin besar pula kemungkinan mendapatkan keuntungan dari transaksi pembelian.

Berikut beberapa teknik promosi pada bisnis online yang bisa Anda terapkan sebagai variasi promosi:

1. Buat Kartu Member untuk Pelanggan

Pepatah menyatakan. ‘mencari keuntungan lebih mudah daripada mencari pelanggan’. Ungkapan ini sepatutnya menjadi pengingat bagi para penjual atau pebisnis online untuk menghargai konsumen, terutama mereka yang sudah melakukan transaksi pembelian berulang kali (pelanggan).

Salah satu teknik memanjakan pelanggan tersebut ialah membuat kartu member. Pemilik kartu member ini nantinya bisa mendapatkan keuntungan khusus, misalnya info promo, potongan harga untuk pembelian tertentu, point setiap pembelian, atau lainnya. Jumlah pelanggan dapat menunjukkan profesionalitas bisnis Anda sehingga akan lebih mudah mengundang konsumen baru.

2. Pemetaan Konsumen yang Tepat

Para pebisnis sukses tidak melakukan promosi tanpa perhitungan. Pemetaan konsumen masuk dalam elemen cara mempromosikan produk di sosmed yang penting sebagai penunjang efektifitas promosi. Kabar baiknya, pemetaan konsumen tidaklah sulit dan dapat diperbarui seiring berjalannya waktu.

Contohnya, Anda menjual produk jilbab pashmina yang sedang populer di kalangan remaja. Kegiatan promosi perlu difokuskan seiring penyesuaian dengan tipikal para remaja perempuan sebagai konsumen potensial. Dari sini, Anda dapat mengetahui bagaimana cara menyampaikan promosi, media yang tepat, dan lain-lain.

3. Manfaatkan Fitur Hashtag

Di banyak media sosial populer seperti Instagram, Facebook, dan Twitter tersedia fitur hashtag. Fungsi hashtag ialah menandai kategori produk atau tema postingan. Jika seseorang mengetik #sambalkhaskediri, misalnya di kolom pencarian, maka produk Anda dengan hastag tersebut akan muncul.

Hastag menjadi bagian tak terpisahkan bagi penjual produk. Hastag memudahkan calon konsumen menemukan produk Anda. Perlu diperhatikan, penggunaan hastag paling optimal adalah 4 sampai 5 buah tagar.

4. Melakukan Promosi secara Personal

Maksud teknik promosi ini ialah menawarkan produk kepada konsumen secara privat, baik melalui email, pesan pribadi di WhatsApp, Direct Massage (DM) Instagram, maupun media sosial lain. Metode personal ini cocok untuk konsumen yang sudah pernah bertransaksi di toko Anda. Dengan demikian, pesan tersebut akan efektif.

Data alamat personal pelanggan ini bisa Anda dapatkan melalui form digital ataupun akun registrasi yang perlu diisi oleh konsumen. Agendakan promosi personal Anda dengan baik, jangan sampai iklan dikirim terlalu sering sehingga menjadi spam. Hal tersebut justru sangat berpotensi membuat konsumen Anda kabur.

5. Gunakan Poto Profil yang Profesional

Poto profil sering menjadi unsur yang diabaikan oleh para pebisnis online, terutama bagi mereka yang menganggap bisnisnya masih kecil. Poto profil pada dasarnya menunjukkan totalitas dan kesungguhan Anda dalam mengelola bisnis. Adapun poto profil yang menarik dan profesional diantaranya sebagai berikut:

  • Logo bisnis
  • Foto produk terbaik
  • Foto diri dengan pose profesional

6. Buat Event Promo

Event promo dapat menjadi daya tarik konsumen untuk mengenal bisnis Anda. Bentuk promo dapat bervariasi, misalnya potongan harga, gratis ongkir, bonus produk spesial, hingga give away. Promo juga memungkinkan dilakukan di media sosial maupun marketplace karena sudah banyak fitur pendukung promo dari aplikasi.

7. Endorsment

Endorsment merupakan teknik promosi dengan memanfaatkan popularitas seorang public figur atau komunitas tertentu yang sudah memiliki banyak followers di media sosial. Endorsment bersifat kerjasama karena Anda harus memberikan upah kepada pihak yang sudah mempromosikan produk tersebut. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan endorsment juga bersifat sukarela.

8. Fast Respond

Memberikan tanggapan sigap kepada konsumen adalah bukti prioritas Anda kepada mereka. Ibarat pepatah mengatakan, pembeli adalah raja. Etika pebisnis yang baik adalah memperlakukan konsumen secara sigap agar mereka puas dan merasa istimewa. Promosi menarik Anda tidak akan lengkap tanpa pelayanan tanggap.

Banyak orang tidak menyadari bahwa tindakan mereka dalam melayani pembeli adalah bagian dari teknik pemasaran, terutama untuk bisnis berbentuk online. Sebut saja ketika konsumen puas dengan pelayanan Anda, pada berbagai kesempatan mereka akan mempromosikan toko Anda kepada teman maupun kerabat mereka. Tentu promosi yang natural dan sukarela ini sangat menguntungkan, bukan?

9. Mengupload Konten secara Rutin Setiap Hari

Anda perlu paham bahwa keaktifan dalam memposting konten di media sosial dapat mempengaruhi insight akun. Mengupload terlalu sering dapat menyebabkan spam, sedangkan jika terlalu jarang akan membuat postingan mudah tertimpa postingan akun lain di beranda karena dianggap kurang aktif.

Jadwal memposting konten yang ideal adalah satu hingga dua konten setiap hari. Tak kalah penting, Anda juga perlu memperhatikan jam tayang konten. Riset jam tayang optimal dapat dipelajari melalui fitur insight gratis bisa Anda akses jika akun Anda dalam mode bisnis.

10. Menerapkan Teknik SEO dalam Promosi

Salah satu variasi cara promosi bisnis online adalah website. Tanpa mengeluarkan biaya, Anda bisa memanfaatkan website sebagai media promosi dengan menerapkan sistem SEO atau Search Engine Optimazion. Strategi SEO bekerja menjadikan halaman website Anda muncul dalam ranking pertama halaman pencarian.

Dalam menerapkan SEO, Anda perlu tools untuk melakukan riset kata kunci. Saat ini, sudah banyak tersedia tools untuk mendukung kegiatan ini, baik itu gratis maupun berbayar. Riset keyword secara gratis dapat dilakukan melalui Google Trend. Namun untuk hasil presisi, Anda bisa menggunakan berbagai pilihan fitur berbayar dari developer website.

11. Memanfaatkan Marketplace

Selain melakukan promosi di media sosial, jangan lupa akun marketplace Anda. Jika media sosial berperan ajang promosi, maka marketplace adalah toko yang sangat perlu diperhatikan kualitas dan kredibilitasnya. Tidak heran jika banyak pebisnis online menjadikan marketplace sebagai satu-satunya tempat transaksi.

Marketplace yang memiliki kualitas bintang penuh, rating maksimal, serta testimoni baik akan menjadikan bisnis Anda kredibel dan terpercaya di hadapan konsumen. Dengan demikian, konsumen tidak akan ragu mendatangi toko Anda. Dengan begitu, jangan pernah lepaskan apapun bentuk promosi Anda dari marketplace.

12. Memanfaatkan Fitur Promosi Berbayar

Sesuai kebutuhan, berbagai media sosial menerbitkan fitur akun bisnis dan promosi berbayar mereka kepada para pengguna. Sebut saja platform Instagram, Facebook, Line, dan Youtube. Tentu fitur-fitur ini sangat berguna dan membantu para penjual atau pebisnis menemukan peminatnya.

Mengaktifkan promosi berbayar juga terhitung simple dan tersedia dalam berbagai pilihan harga. Pilihan ini akan memudahkan Anda menyesuaikan budget yang dimiliki. Mengaktifkan promosi berbayar merupakan opsi paling tepat bagi bisnis Anda yang sedang naik daun.

13. Melakukan Kerjasama dengan Event-Event Virtual

Di era pandemi, promosi secara virtual membuka kesempatan yang lebih lebar daripada event di dunia nyata. Pada banyak sisi, event virtual  juga menguntungkan sebagai sarana promosi karena sasaran konsumen yang tidak terbatas wilayah maupun batas-batas lainnya. Kebutuhan promosi pun menjadi lebih ekonomis karena biaya transportasi maupun akomodasi yang lebih minim.

Bekerjasama dalam event virtual juga memudahkan Anda menjangkau konsumen potensial. Misalnya, Anda memiliki lembaga bimbingan belajar, maka event seminar anak SMA atau Universitas bahkan event-event pendidikan lainnya dapat menjadi sasaran yang tepat.

14. Menggunakan Kalimat-Kalimat Promosi Menarik

Selain teknik dan variasi, jangan lupakan isi konten promosi Anda. Baik berupa tulisan, desain grafis, maupun video, konten promosi harus bersifat persuasif dan menggugah minat siapapun yang membacanya. Salah satu elemen yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah diksi kata-kata promosi jualan online.

Contoh kata-kata persuasif yang menarik untuk promosi diantaranya, 

ayo bergabung di …, silahkan …., jangan sampai …, jangan lupa …, ada yang baru dari …., kamu sedang.? bergabung yuk di …, bingung memilih produk …?, dan lain-lain.

15. Optimalkan Testimoni

Testimoni merupakan bentuk reaksi pembeli atau pelanggan terhadap produk Anda. Dalam cara promosi online yang menarik, testimoni memiliki peran penting. Testimoni sering kali menjadi unsur yang akan dicari terlebih dahulu oleh calon konsumen sebelum memutuskan membeli.

Oleh karena itu, bagi seorang pebisnis, menghimpun testimoni yang baik harus dimaksimalkan. Jangan pernah mencantumkan testimoni palsu karena akan menciderai kualitas bisnis Anda sekaligus menyalahi etika bisnis. Jika Anda melayani konsumen dengan jujur dan amanah, testimoni baik akan berdatangan dengan sendirinya.

16. Membuka Waralaba Dropship atau Reseller

Cara promosi bisnis online ampuh yang terakhir adalah membuka waralaba baik berupa dropship maupun reseller. Teknik ini sangat efektif terutama bagi Anda yang berada di ranah bisnis produksi, baik produksi apa saja. Dengan membuka jaringan waralaba, secara tidak langsung Anda membuka jaringan marketer untuk penjualan.

Tidak semudah 15 teknik promosi lainnya, membuka jaringan dropshipper maupun reseller membutuhkan teknik tersendiri. Contoh kontrak kerjasama, pembagian hasil, pelayanan dan penyediaan barang, hingga seluk beluk lainnya. Terkait keuntungan, tenang saja. Dijamin tak akan mengecewakan.

Sejumlah pilihan artikel berikut ini bisa dijadikan pilihan untuk tambahan pengetahuan dan referensi.

Baca juga:





Demikian 16 teknik cara promosi bisnis online yang dapat coba Anda terapkan. Semakin banyak variasi promosi, kemampuan dalam bidang digital marketing juga akan semakin terasah. Oleh karena itu, pebisnis tidak hanya perlu mahir dalam dunia teori-teori ekonomi, melainkan juga kreatif.
Related Posts