taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ketahui Cara Promosi Makanan di WA Paling Mudah dan Cepat

Ketahui Cara Promosi Makanan di WA Paling Mudah dan Cepat


Cara promosi makanan di WA – Ada banyak sekali bisnis yang bisa kamu coba di jaman modern ini, salah satunya adalah bisnis makanan. Bisnis ini memang banyak diminati karena mudah didapatkan dan tidak memerlukan modal besar. Bahkan, kamu bisa memasarkannya dengan cepat melalui media sosial dan layanan online lainnya.
promosi makanan di wa
Salah satu media yang biasa digunakan untuk promosi adalah Whatsapp. Meskipun Whatsapp termasuk ke dalam kategori media sosial pribadi, tetapi kamu bisa membuka bisnis melalui Whatsapp Business dan memasarkan produk makanan sesuai keinginan.

Untuk mengetahui bagaimana cara promosi, membuat promosi, hingga contoh promosi makanan di WA, kamu bisa menemukannya dengan membaca informasi berikut ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan promosi makanan di WA, diantaranya seperti di bawah ini.


Cara Promosi Makanan di WA


1. Membuat Pesan Siaran dan Membagikannya ke Kontak Whatsapp

Cara promosi makanan di WA bisa kamu lakukan dengan membagikan pesan siaran ke seluruh kontak Whatsapp yang dimiliki. Kamu bisa membagikan fotho beserta caption yang mendeskripsikan tentang makanan dan harganya sendiri.

Saat teman-temanmu melihat pesan siaran atau broadcast darimu, mereka akan melihat daftar foto makanan yang dikirimkan dan membaca caption promosi disana. Pastikan bahwa foto makanan yang kamu kirimkan begitu menggiurkan serta kalimat promosi yang bisa menarik mereka untuk membeli.

Dengan begitu, pasti diantara teman-temanmu akan ada yang membeli karena tertarik dengan makanan tersebut. Apabila masih ada yang bertanya-tanya seputar produk, kamu harus melayaninya dengan ramah dan memberikan kesan terbaik, sehingga mereka bisa nyaman mengobrol denganmu.

Alhasil, mereka akan langsung memesan dan segera proses pesanan masuk tersebut agar pembelimu tidak menunggu lama.

2. Pasang Fotho Makanan dan Buat Kalimat Promosi Menarik di Status

Whatsapp sudah lama memiliki fitur status yang mana kamu bisa membagikan apapun, baik dalam bentuk foto, video atau tulisan agar bisa dilihat oleh orang yang menyimpan nomor WA-mu. Nah, sebagai pemilik bisnis, kamu harus mengoptimalkan penggunaan fitur ini untuk membagikan foto makanan yang dijual.

Agar lebih menarik, buatlah sebuah video singkat untuk menggambarkan makanan yang jual sangat lezat dan wajib dicoba. Jangan lupa untuk memberikan caption yang bagus, sehingga orang yang melihatnya akan langsung melakukan pemesanan karena penasaran dengan makanan yang kamu jual tersebut.

3. Tawarkan kepada Teman-Temanmu yang Ada di Dalam Grup WA

Cara promosi makanan di WA ketiga bisa kamu lakukan dengan menawarkan produk makanan yang dijual kepada teman-teman di dalam grup. Kamu pasti bergabung dengan banyak grup di akun WA-mu kan? Nah, gunakanlah kesempatan ini untuk promosi dan membuat bisnismu semakin tersebar luas.

Dengan memberitahukan kepada teman-teman di grup bahwa kamu berjualan aneka makanan, maka akan banyak orang yang melakukan pemesanan kepadamu. Ditambah lagi kamu akan mendapatkan bantuan promosi gratis dari teman-teman baikmu, lho.

Kamu dapat membagikan produk makanan ke sejumlah grup WA dengan ijin terlebih dahulu, disambung dengan kata-kata sopan, ya. Beberapa grup yang bisa dijadikan sasaran adalah grup alumni, grup teman-teman, grup keluarga dan masih banyak lagi.

4. Memberikan Harga Diskon Menarik Untuk Setiap Pembelian

Diskon memang menjadi suatu hal yang mampu menarik konsumen dengan kecepatan maksimal. Banyak orang yang membeli suatu produk karena adanya diskon menggiurkan. Kamu bisa membuka kesempatan ini pula di setiap produk makanan yang dijual.

Buatlah diskon mulai dari 5% sampai 15% untuk setiap produk atau paket makanan yang kamu jual. Saat teman-temanmu melihat kata diskon di produk makanan yang dijual, maka mata mereka akan langsung terbuka dan tanpa pikir panjang memesan produk makanan tersebut.

5. Tawarkan Keunggulan Lainnya Jika Ada yang Order Makananmu

Cara promosi makanan  di WA yang terakhir adalah Anda bisa menawarkan sejumlah keunggulan lain apabila ada orang yang ingin membeli  produk makananmu. Hal ini bisa kamu sematkan di dalam caption agar orang-orang dapat langsung  membaca dan mengetahuinya.

Misalnya, produk makanan yang kamu jual memiliki kualitas baik, aman bagi kesehatan, memiliki kandungan gizi dan dijual dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa memberikan layanan COD dan gratis ongkir untuk domisili yang sama denganmu. 

Sementara untuk pemesan yang berada di luar kota, maka mereka bisa menggunakan jasa ekspedisi terpercaya yang bisa mengantarkan produk makanan dengan aman dan sampai ke tujuan dalam keadaan baik.

Bagaimana Membuat Promosi Makanan Menarik di WA?


Setelah mengetahui cara promosi makanan di WA, kini saatnya kamu harus belajar untuk membuat promosi makanan yang mampu menarik perhatian pembeli. Tenang saja, kamu tak perlu bingung karena kamu dapat membuat promosi menarik dengan cara berikut ini.

1. Tentukan Sasaran Pembeli Produk Makananmu

Sebelum membuat kalimat promosi makanan menarik di WA, pastikan kamu sudah menentukan terlebih dahulu sasaran pembeli dari poduk makanan tersebut. Apakah kamu menjual makanan ini untuk kalangan anak kecil, remaja, dewasa, orangtua, atau semua umur.

Jika kamu memutuskan untuk memasarkan produk makanan yang bisa dikonsumsi semua umur dan kalangan, maka kalimat promosi yang digunakan tentu tidak akan lebih sulit. Cukup dengan kata-kata yang mudah dipahami dan membuat mereka tertarik untuk membeli.

2. Gunakan Kata Kata yang Menarik dan Mampu Mempengaruhi Pembeli

Nah, jika sudah menentukan sasaran pembelinya, saatnya kamu membuat kata kata menarik alias tulisan ajaib untuk caption produk makananmu nanti. Ada beberapa kata yang bisa dijadikan patokan untuk membuat kalimat promosi, diantaranya adalah kata terbatas, bonus, diskon, jangan sampai kehabisan, segera beli, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menggunakan paduan kata-kata itu untuk mengisi caption atau tulisan di dalam daftar produk makanan. Yang terpenting, kata-kata itu bisa menjadi kalimat menarik dan mampu mempengaruhi pembeli untuk membeli makanan kamu itu.

3. Buat Daftar Makanan yang Menggiurkan dan Tak Bisa Menolak Saat Melihatnya

Setelah berhasil membuat kata-kata promosi makanan menarik di WA, saatnya kamu membuat daftar makanan dari foto yang sudah kamu ambil. Usahakan foto produk makananmu terlihat jelas, pencahayaannya bagus, dan terlihat menggiurkan.

Buatlah daftar makanan yang keren dan kekinian agar orang yang melihatnya merasa penasaran dan ingin membelinya. Cantumkan juga harga serta diskon yang kamu berikan di setiap makanan. Dengan begitu, orang yang melihat akan langsung tahu harga serta diskonnya dan tidak lama kemudian, segera menghubungimu untuk melakukan order.

4. Sampaikan Manfaat dari Makanan yang Kamu Jual

Dalam caption promosi yang akan kamu bagikan ke nomor kontak Whatsapp-mu, sampaikan juga beberapa manfaat dari makanan tersebut. Semakin banyak manfaat yang diberikan, maka semakin banyak pula orang yang ingin membeli dan merasakan sendiri manfaat dari makanan tersebut.

Misalnya, kamu mencantumkan manfaat bahwa makanan ini halal, aman bagi kesehatan, semua umur bisa memakannya, dan tidak mengandung pengawet makanan. Saat orang-orang melihat manfaat dari makanan tersebut, tentu saja mereka akan tergoda dan mencoba untuk memesan makanan sehat darimu.

5+ Contoh Promosi Makanan di WA yang Bisa Kamu Coba


Nah, jika sudah mengetahui terkait cara melakukan promosi hingga membuat kalimat promosi makanan menarik di WA, saatnya kamu mulai membuat contoh promosinya, ya. Jika kamu masih kesulitan dalam membuat kalimat promosi ini, kamu bisa mengintip beberapa contoh promosi di bawah ini agar bisa memberikan referensi terbaik untuk mempromosikan produk makananmu sendiri.

Berikut ini merupakan contoh promosi makanan di WA yang bisa kamu ikuti dan lakukan.

1. Sematkan Harga, Diskon, dan Bonus

  • Mulai dari 15 ribu saja, kamu sudah bisa membeli makanan sehat yang kayak akan gizi. Segera order dan jangan sampai kehabisan!
  • Dengan pembelian minimal 3 produk makanan, kamu berkesempatan untuk mendapatkan diskon mulai dari 15%, lho. Tunggu apalagi, segera pesan sekarang juga.
  • Halo teman-teman semua. Kini kamu bisa belanja hemat sampai 50% dengan membeli produk-produk makanan ini. Dapatkan juga bonus menarik setiap pembelian diatas Rp.150.000. Jangan sampai dilewatkan, ya!
  • Khusus hari ini, pembelian minimal 50 ribu, kamu bisa  mendapatkan satu produk dengan harga 5 ribu saja. Ayo, borong sekarang juga!
  • Spesial awal bulan, kamu bisa mendapatkan diskon 10% untuk seluruh produk makanan tersedia. Dapatkan diskon 15% untuk pembelian minimal 200 ribu rupiah. Yuk, belanja sekarang juga!
2. Gunakan Kata-Kata Peringatan dan Terbatas

  • Khusus hari ini! Kamu bisa membeli produk makanan sesuai keinginanmu dan mendapatkan hadiah gratis menarik. Ayo, jangan sampai ketinggalan!
  • Peringatan! Bagi kamu yang berhasil mengajak teman untuk patungan beli makanan disini, maka kamu berkesempatan untuk menangkan hadiah gratis menarik, lho. So, ajak teman sebanyak-banyaknya saat ini juga. Promo terbatas hanya hari ini saja!
  • Hanya hari ini! promo beli 2 gratis 1 produk makanan sesukamu. Kapan lagi coba ada promo gini? Jangan sampai ketinggalan, ya.
  • Persiapkan budgetmu untuk promo besar-besaran awal bulan. Terbatas! Hanya berlaku untuk 100 orang tercepat saja.
3. Promosi dengan Kalimat Menggiurkan yang Mampu Menghidupkan Imajinasi Pembeli

  • Dengan kandungan gizi seimbang dan vitamin di dalamnya, kamu bisa mengkonsumsi makanan enak dan sehat setiap hari. Harganya pun terjangkau, lho. Ayo, order sekarang juga!
  • Kue kering ini begitu menggoda siapa saja yang melihatnya. Di dalamnya terdapat cokelat lumer yang pecah di mulut sejak gigitan pertama. Dijamin rasanya tak akan pernah kamu lupakan dan membuatmu selalu ingin mencobanya lagi dan lagi. Jadi, jangan sampai kamu ketinggalan order, ya. Lagi ada promo juga, lho.
  • Kami menyediakan aneka kue basah tanpa bahan pengawet untuk Anda. Segera order dan makanan akan segera dikirimkan pada saat itu juga. Nikmati kelembutan dan rasa yang tak terlupakan setiap kali kamu memakannya.
  • Dengan lelehan keju, cokelat dan taburan meises, siapa yang tidak tergoda untuk mencicipinya, bukan? Jangan hanya melihat saja, kamu bisa membelinya sekarang juga sebelum kehabisan.
  • Ingin makan yang manis-manis tapi lagi diet? Gak masalah, disini kamu bisa membeli produk makanan rendah kalori dan cocok bagi orang yang lagi diet. Jadi, gak masalah kamu memakannya karena berat badanmu tetap akan terjaga.
4. Sematkan Manfaat di Dalam Kata Promosi
  • Dengan kandungan nutrisi yang sehat bagi tubuh, kamu tidak perlu khawatir lagi karena makanan ini jelas aman bagi tubuh kamu sendiri.
  • Ini dia produk makanan tanpa bahan pengawet yang bisa kamu coba. Jangan sampai kehabisan, ya. Stock terbatas, lho!
  • Dengan menggunakan bahan-bahan premium yang halal, kamu akan merasakan citarasa makanan sehat, tapi tetap nikmat di lidah. Penasaran ingin mencoba? Yuk, order sekarang juga!
  • Lagi marahan sama pacar nih? Gak perlu bingung, bawa aja makanan ini dan dijamin pacar langsung suka serta kembali akur lagi. Gak percaya? Buktiin sendiri dengan order disini, ya.
  • Dengan ekstra madu alami, kamu bisa merasakan makanan sehat bernutrisi setiap hari. Rasakan sensasinya dan buat tubuhmu sehat agar kebal dari berbagai serangan penyakit.
Kamu juga bisa menambah pengetahuan, dan referensi lainnya tentu saja pada artikel di bawah ini.

Baca juga:





Itulah beberapa informasi terkait cara promosi makanan di WA yang bisa kamu ketahui dan lakukan saat ini juga. Jalankan bisnis ini dengan senang hati, disertai bisnis plan dan strategi yang tepat agar produk makananmu bisa laris setiap hari. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan omzet besar setiap bulannya dan membuat bisnismu semakin besar, bahkan memiliki pelanggan tetap.

Penulis: Yuliawanti Dewi

Related Posts