taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips dan Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Tips dan Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung

Jualan makanan yang laris di kampung adalah hal yang terdengar menarik. Siapa pun bisa menekuni usaha yang satu ini, sebab biasanya jenis makanan yang dijual di desa merupakan makanan yang unik dan juga khas. Tidak hanya itu, bahan baku untuk pembuatan makanan tersebut terbilang sangat mudah untuk ditemukan. Sehingga banyak orang yang kini membuka usaha makanan di kampung.

tips dan ide jualan makanan

Beragam pilihan jenis jualan makanan yang laris di kampung yang bisa Anda pilih. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat sekalipun. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa untuk membuka usaha atau jualan makanan di kampung memerlukan tips dan juga strategi. Hal ini tentu saja bertujuan agar produk makanan tersebut diketahui dan dibeli oleh banyak orang.

Tips Jitu Jualan Makanan yang Laris di Kampung


Sebuah strategi sangat diperlukan dalam proses pemasaran. Hal inilah yang akan membuat produk dikenal oleh masyarakat. Di antara tips atau strategi agar produk tersebut laku di pasaran adalah:

1. Memproduksi makanan yang lezat dan unik

Tips yang pertama agar makanan yang dijual bisa laris di pasaran adalah cita rasa makanannya yang lezat. Tidak hanya lezat, tampilan makanan pun sebisa mungkin harus unik agar dapat menarik minat calon pembeli. Jika tips ini berhasil dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa usaha makanan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

2. Harga yang bersahabat

Dalam menjual makanan di kampung, perhatikan pula mengenai harga yang diterapkan. Agar produk tersebut bisa diterima dan dibeli oleh masyarakat, maka berikanlah harga yang sesuai.

Akan tetapi, perlu diingat pula untuk tidak memberikan harga yang terlalu murah ataupun terlalu mahal. Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda dapat melakukan survey terlebih dahulu mengenai rentang harga yang diterapkan pada makanan-makanan di kampung. Dengan begitu, pembeli pun tertarik untuk membeli produk makanan yang ditawarkan.

3. Melakukan promosi yang menarik

Tips selanjutnya adalah lakukan promosi terhadap produk yang akan dijual. Hal ini adalah yang terbilang penting untuk dilakukan, apalagi bagi para pengusaha makanan yang baru. Dalam hal ini, Anda dapat memberikan harga promo kepada konsumen dalam pembelian pertama. Atau bisa juga memberikan potongan harga pada hari-hari tertentu.

Kini, promosi juga bisa dilakukan di berbagai media sosial. Sebab, setiap orang sudah memiliki akun media sosial, maka tidak menutup kemungkinan untuk melakukan promosi di sana. Dengan begitu, produk yang ditawarkan pun bisa laris di pasaran.

Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung


Setelah mengetahui tisp dan juga strategi yang harus dilakukan, Anda pun perlu mengetahui ide-ide makanan yang bisa dijual di kampung. Hal ini bertujuan agar dapat mencapai target pasar. Di antara ide makanan tersebut adalah:

1. Bakso

Tidak hanya laris dan digemari di kampung, makanan yang satu ini pun sudah terkenal di kota-kota besar. Bahkan kini sudah tersedia berbagai varian baso yang bisa dinikmati. Baso juga sudah dikreasikan dengan tujuan menarik minat para pembelinya. Orang-orang pun semakin tertarik dengan baso karena kuahnya yang menggugah rasa.

Dengan begitu, Anda dapat menjadikan bakso sebagai ide jualan makanan di kampung. Perhatikan pula kualitas baso yang diproduksi, hal ini tentu saja karena akan membawa pengaruh pada cita rasa dari bakso tersebut.

2. Sate

Selain bakso, sate juga termasuk jenis makanan yang dijamil laris jika dijual di kampung. Banyak orang yang berbondong-bondong membeli sate karena rasanya yang nikmat dan juga bumbu kacang yang diraciknya.

Jangan lupakan pula kualitas daging yang digunakan, sebab daging adalah kunci sukses larisnya sate. Bagi Anda yang ingin membuka usaha sate, maka pastikan Anda mencari resep sate terbaik agar sate tersebut memiliki cita rasa yang membuat konsumen ingin membeli lagi dan lagi.

3. Seblak

Siapa yang tidak kenal dengan jenis makanan yang satu ini? Makanan asli Bandung ini sudah menjadi tren yang digemari masyarakat, khususnya anak-anak muda. Keunikan rasa dari kencurnya membuat orang-orang mengonsumsinya. 

Kini, seblak tidak hanya dijual oleh para pedagang di pinggir jalan, tetapi juga oleh para kedai dan juga beberapa toko di marketplace. Jenis makanan yang satu ini pun berpotensi mendatangkan keuntungan bagi para pengusahanya.

Anda bisa menjadikan seblak sebagai salah satu ide jualan sebab bahan-bahan untuk membuatnya tidak terlalu sulit dicari. Untuk membuatnya pun tidak memerlukan waktu yang lama. Beberapa bahan makanan yang bisa dicampur di dalam seblak adalah ceker, telur, makaroni, bakso, dan juga cuanki.

4. Cireng

Salah satu produk dari tepung kanji yang digemari masyarakat adalah Cireng. Cireng ini merupakan singkatan dari Aci Digoreng. Cita rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukai makanan yang satu ini.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha cireng, maka hal tersebut sangat menguntungkan. Sebab, bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Anda juga tidak perlu khawatir karena jenis makanan yang satu ini sudah digemari oleh berbagai kalangan.

5. Cemilan mentah

Cemilan mentah yang bisa dijual adalah berupa opak, rengginang, kerupuk, dan lain-lain. Kini sudah banyak ditemukan varian kerupuk yang beredar di kalangan masyarakat. Hal tersebut berarti membuka usaha kerupuk adalah produk jualan makanan yang laris di kampung. 

kamu juga bisa lakukan promosi terkait makanan yang kamu jual, tentunya dengan mengklik sejumlah pilihan artikel di bawah ini.

baca juga: 



Beberapa tips jualan makanan yang laris di kampung tersebut bisa Anda terapkan saat akan membuka usaha makanan. Pilihlah pula jenis makanan yang akan dijual sebab hal ini juga berpengaruh pada lancarnya usaha yang dijalankan. 

Related Posts