taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara dan Contoh Broadcast Promosi di WA (Whatsapp) Praktis dan Mudah

Contoh Kata - Kata dan Kalimat Promosi Broadcast WA (Whatsapp) 

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang "wajib" ada di smartphone kita saat ini. Fitur seperti chatting, telepon hingga video call memanjakan penggunanya dalam komunikasi era modern yang menuntut semua serba cepat dan praktis. Tidak heran saat ini WA (whatsapp) menjadi bagian penting dalam sistem komunikasi seseorang. 

Broadcast promosi di WA

Dalam bisnis, selain manfaat utama sebagai alat komunikasi dan sosial media dalam bentuk group WA, whatsapp juga kini banyak digunakan sebagai media promosi produk atau bisnis. Alasan paling logis ya karena pengguna aplikasi ini sangat banyak. 

Pertanyaannya saat ini adalah bagaimana membuat promosi yang menarik lewat WA? 

Cara Promosi Produk di WA (Whatsapp)

Kita mungkin sadar pasti sudah banyak orang selama ini memanfaatkan WA sebagai promosi dalam bentuk status maupun broadcast pesan. Namun jika kita memposisikan sebagai penerima pesan atau broadcast promosi pasti tidak jarang dalam hati bilang "Ih, spam,,,,,," atau "orang kok isinya share jualan melulu..." atau "apasih promosi nggak jelas.,.,."

Semua ungkapan tadi harusnya bisa menjadi sinyal awal saat ingin promosi via whatsapp. Seharusnya sebelum melakukan broadcast sebaiknya kita bisa filter kira - kira  mana yang bersifat "spam" atau asal share dan nama yang memang sudah tertata dengan rapi kontennya. 

Bagi yang ingin mencoba promosi dengan media whatsapp, mungkin tips broadcast promosi di WA ini bisa memberi referensi bagaimana seharusnya kita men-share promosi produk kita lewat pesan WA :

1. Tandai dan pilih siapa kontak yang akan di target

Tahap pemilihan kontak ini sering disepelekan. Banyak orang menganggap karena bersifat broadcast, maka semakin banyak kontak yang di-share maka makin bagus. Tidak salah. 

Namun kita harus sadar bahwa tidak semua orang adalah target promosi kita. Pastikan kita tahu siapa orang yang akan kita kirim pesan atau minimal masih relevan untuk kita kirim promosi. Jika kita salah memilih kontak bisa jadi pesan itu akan menunggu mereka. 

2. Buat Penjelasan Lengkap Produk yang Kita Tawarkan

Anda harus pastikan produk yang Anda jual itu bisa dipahami oleh calon pembeli. Misal Anda jual makanan, maka sebutkan makanan apa yang Anda jual, berapa harganya dan ukuran hingga bagaimana cara pembeliannya.

Banyak orang terlalu fokus pada bagaiman memberikan kata kata bombastis di promosi mereka. Namun kadang mereka sampai lupa atau bahkan sengaja tidak mencantumkan apa manfaat atau penawaran utama dari produk atau jasa yang sedang dipromosikan.

Selanjutnya boleh ditambahkan kalimat promosi. Bisa gunakan contoh - contoh ini : kata promosi makanan, kata promosi minuman, kata promosi produk kecantikan, promosi hijab atau gamis atau promosi baju

3. Berikan info jelas untuk transaksi

Untuk  tahap informasi transaksi ini ada dua poin penting, pertama bagaimana cara pembayaran dan bagaimana cara pengiriman. Dua hal tadi harus bisa dijelaskan dengan jelas. 

Sebenarnya untuk mempermudah kita bisa manfaatkan market place seperti Shopee atau Tokopedia. Dengan market place poin nomor tiga ini akan lebih mudah dan memberikan kepercayaan lebih ke pembeli. 

Namun jika kita memilih untuk transaksi langsung, pastikan kita kasih keterangan apakah sistemnya COD (cash on delivery) atau bayar terlebih dahulu. Termasuk tentukan bagaimana cara kirimnya. 

4. Gunakan kata yang sopan

Ingat, meskipun kita sedang promosi. Pastikan kita pilih kata yang sopan. Akan lebih terlihat sopan apabila sebelum mengirim pesan promosi utama kita meminta izin terlebih dahulu supaya konteksnya lebih jelas. 

Misal, "bu sebelumnya mohon izin untuk melakukan share promo produk kami ya" Atau "permisi pak, saya izin untuk promo kalatog produk kami via WA ya pak"

Mungkin terdengar sederhana, namun jika itu dilakukan dengan baik peluang penerima pesan akan merespon positif akan lebih besar.

5. Manfaatkan juga status WA

kontak - kontak yang sudah menerima share pesan tadi mungkin akan mengabaikan atau hanya membaca sekilas karena belum faham. Bisa juga diabaikan karena dianggap tidak penting. Maka dari itu tugas kita memberikan informasi lanjutan atau informasi tambahan dengan cara berbeda. 

Salah satunya dengan menggunakan memanfaatkan status WA. Dengan status WA kita bisa menambah atribut promosi tidak sebatas pesan saja. Sangat mungkin seseorang baru tersadar akan penawaran kita setelah melihat versi lengkapnya di status kita. 

6. Catat dengan baik feedback yang masuk

Apapun respon dari penerima pesan promosi WA wajib kita Terima. Bisa jadi positif, bisa negatif bahkan no respon. 

Paling penting jangan malas untuk membalas pesan atau menjawab pertanyaan terkait dengan produk kita. Bisa jadi pertanyaan itu hadir karena mulai penasaran dan ingin mengetahui penawaran kita lebih dalam. 

7. Jangan terkesan memaksa orang segera membeli 

Kita harus sadar bahwa tidak semua orang akan langsung tertarik dengan promosi lewat whatsapp yang kita kirim. Mereka butuh waktu untuk memikirkan dan mempertimbangkannya. 

Hal yang paling baik adalah menunggu dan follow up secara berkala. Tapi jangan setiap saat atau bahkan minta hingga terkesan menekan mereka harus beli. Hal itu akan sangat membuat mereka tidak nyaman. 

8. Berikan terstimoni yang jelas

Jika sudah ada testimoni, maka sampaikan itu sebagai konten promosi. Tujuan utamanya adalah membangun kepercayaan. Minimal orang akan lebih percaya jika sudah ada yang membuktikan.

Semakin banyak terstimoni maka akan semakin besar peluang produk kita dipercaya calon pelanggan. 

Demikian tadi tips promosi lewat whatsapp dan penjelasan bagaimana melakukan promosi produk lewat broadcast Whatsapp Marketing. Tunggu tips menarik seputar promosi dan dunia pemasaran lainnya ya. Semoga bermanfaat. 


Penulis : Sigit Utomo

Related Posts