-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Daftar Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Anda Coba

Inilah Makanan Khas Korea Selatan yang Waib Anda Rasakan Seleranya!

Belakangan ini segala hal yang berhubungan erat dengan Korea, terutama Korea Selatan sangat digandrungi masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Hal-hal mulai dari boyband, girlband, dan seria dramanya seolah menjadi sesuatu yang sangat wajib diketahui. Bahkan konser-konser yang diadakan dengan tiket yang mahal harganya pun masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa eksistensi hal-hal berbau Korea Selatan memang nyata adanya.

Makanan khas korea

Tidak hanya aliran musik dan serial dramanya, masyarakat Indonesia pun kini menaruh perhatian pada makanan-makanan yang berasal dari Negeri Gingseng tersebut. Bahkan, deasa ini banyak sekali supermarket yang khusus menjual makanan yang berasa dari Korea Selatan. Lalu, jenis makanan Korea Selatan apa saja yang wajib Anda cicipi seleranya? Simaklah pembahasan pada artikel di bawah ini.

Makanan Khas Korea Selatan yang Paling Direkomendasikan

Di bawah ini adalah pembahasan secara lengkapnya.

1. Tteokbokki

Makanan khas korea selatan yang berjenis kue beras ini sering muncul di serial drama Korea. Bentuknya yang menyerupai tabung panjang dan berwarna putih ini sangat diminati oleh para penggemar K-Pop. Untuk penyajiannya, Anda hanya perlu memotong dan memasaknya bersama saus khas Korea, yaitu gochujang. Untuk menambah selera saat memakannya, Anda dapat menambahkan telur rebus atau lembaran fish cake di atasnya.

Konon, penyajian Tteokbokki pada zaman dulu dan sekarang itu berbeda pada cara memasaknya. Karena saat dulu, makanan ini dimasak bersamaan dengan kecap asin, daging sapi, kecambah, wortel, dan bawang bombay. Meskipun begitu, makanan ini tetap cocok untuk dinikmati, apalagi saat musim dingin tiba.

2. Kimchi

Makanan jenis ini diklaim wajib ada di setiap lemari pendingin orang Korea Selatan. Hal inilah yang menjadikannya sebagai makanan khas Korea Selatan. Kimchi adalah makanan tradisional dengan bahan baku yaitu sawi putih dan lobak. Bisa dikatakan bahwa kimchi ini termasuk ke dalam asinan sayur yang difermentasi kemudian diberi bumbu pedas. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat memakannya secara langsung atau menambahkannya pada nasi goreng dan juga sup.

3. Kimbab

Makanan khas Korea Selatan berikutnya adalah bernama kimbab. Bisa dikatakan bahwa kimbab ini merupakan makanan yang hampir mirip dengan sushi. Hal ini tidak lain karena varian isinya yang terdiri dari daging dan sayur, sama seperti sushi. Nasi yang digunakan dalam kimbab ini sudah diberi bumbu terlebih dahulu dan ditambahkan minya wijen di dalamnya. Untuk isi di dalamnya bisa berupa ikan, telur, daging, keju acar, dan lain sebagainya.

4. Chimaek

Setelah berkenalan dengan kimbab, tteokbokki, dan kimchi, Anda juga harus berkenalan dengan makanan khas Korea Selatan yang satu ini. Makanan tersebut bernama Chimaek yang biasanya disajikan bersama segelas bir sebagai pelengkapnya. Untuk cara menyajikannya, ayam yang memiliki cita rasa pedas tersebut digoreng hingga garing kemudian ditaburi wijen di atasnya. Makanan ini bisa Anda jumpai pada hampir seluruh restoran di Korea Selatan.

5. Bibimbap

Selanjutnya ada makanan khas Korea Selatan yang bernama bibimbap yang merupakan nasi campur. Dalam makanan ini, Anda akan mencapurkan nasi bersama lauk dan juga sausnya secara merata. Untuk isi mangkuknya sendiri bisa terdiri dari nasi putih, sayuran, telur mata sapi, daging sapi dan juga saus gochujang. Untuk menambah selera pada makanannya, Anda dapat menambahkan acar sebagai toppingnya.

6. Dak Galbi

Makanan yang cukup populer di Korea Selatan ini terbuat dari daging ayam yang dipotong dengan bentuk dadu. Setelah itu, akan ditambahkan saus gochujang,, daaun bawang, kue beras, kol, dan juga bahan-bahan lainnya untuk cita rasa yang lebih nikmat. Akan lebih cocok jika memakannya ramai-ramai karena porsinya yang sangat banyak. Penyajiannya pun diletakkan pada piring dengan ukuran yang besar di tengah-tengah meja agar lebih mudah untuk dinikmati.

7. Jjampong

Jenis makanan ini cocok sekali bagi Anda yang sangat menyukai makanan pedas. Jjanmpong ini adalah mie kuah pedas dengan campuran seafood dan juga bubuk lada merah yang akrab dikenal dengan sebutan gochugaru. Mie yang digunakan dalam jjampong ini adalah mie yang terbuat dari gandum dan biasanya disajikan dalam mangkuk besar. Cocok sekali untuk memakannya di saat musim dingin.

8. Jajangmyeon

Makanan khas Korea Selatan yang terakhir adalah jajangmyeon yang hampir mirip dengan mi ayam Indonesia. Bedanya, makanan ini disajikan dengan saus pasta kacang hitam degan citarasa asin. Saus ini disebut juga dengan sebutan Chunjang. Untuk toppingnya, Anda dapat menambahkan daging yang dipoting secara dau dan juga sayuran di atasnya.

Itulah beberapa makanan khas Korea Selatan yang paling direkomendasikan dan dapat Anda nikmati. Supermarket-supermarket di Indonesia juga sudah banyak menyediakan bahan instannya sehingga untuk menikmatinya, Anda tidak perlu pergi ke Korea Selatan terlebih dahulu. Bahkan restoran-restoran pun sudah banyak yang memasak makanan tersebut.


Penulis : Melia F. 

Editor : Sigit Utomo

Related Posts