-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Menghindari Situs Penipu Online Shop Saat Berbelanja

Tips Memilih Situs Belanja Terpercaya dan Aman Dari Penipu Online

Penlipuan Online saat ini adalah salah satu masalah utama dari sistem jual beli online saat ini. Banyak sekali laporan masuk terutama di media sosial seperti Facebook yang menyajikan fakta kurang mengenakan ini. 

penipuan belanja online

Motif da jenisnya pun sangat beragam variasi. Dari mulai yang menggunakan iming - iming harga tidak masuk akal, hingga yang seakan profesional dengan menggunakan website dan instagram yang seakan sudah terpercaya. Nominal uang yang ditipu pun tidak kalah variatif, mulai dari sekala ribuan hinggan jutaan.

Implikasi dari penipuan berkedok situs jual beli online ini membuat kekhawatiran calon pembeli. Oleh karena itu sebagai calon pembeli kita perlu pintar pintar memilih situs online yang terpercaya supaya kita tidak tertipu.Berikut beberapa tips untuk menghindari kita dari penipuan saat berbelanja online

Tips Memilih Situs Online yang Terpercaya

1. Memeriksa Medisplay Gambar Disertai Deskripsi Produk Secara Jelas

Salah satu hal yang perlu diketahui mengenai jenis situs online pembelanjaan terpercaya ialah situs yang menawarkan display gambar produk dengan barang sesuai. Namun, kita jangan sampai terfokus pada gambar saja. Namun kita harus jeli melihat deskripsi gambar tersebut

Deskripsi ini biasanya menjadi sinyal pertama apakah si penjual baik dalam web online mereka langsung apalagi lewat market place serius menawarkan produknya. Coba baca detail keterangan gambarnya dan bandingkan dengan situs resmi produsen tersebut.

Contoh paling gampang, anda mau beli TV di market place. Tidak cukup anda melihat foto dan harganya saja. Perhatikan pula keterangan detail produknya, mulai dari ukuran, garansi hingga spesifikasi  produknya. Jika perlu bandingkan dengan toko online sejenis.

2. Tertera Alamat Jelas Pada Halaman Situs

Alamat yang jelas juga perlu dicantumkan di situs terpercaya. Dengan alamat yang jelas selain usahanya real, tapi juga bisa dipertanggung jawabkan jika sewaktu waktu ada kendala. 

Kontak telephone dan juga alamat email perlu dicantumkan dalam situs terpercaya. Hal ini akan memudahkan konsumen dalam berkomunikasi kepada penjual. Konsumen juga lebih percaya dengan situs yang dicantumkan kontak yang dapat dihubungi. 

Tujuan mencantumkan alamat juga bisa membangun kepercayaan konsumen pada situs tersebut. Minimal sebelum kita transaksi kita bisa cek apakah semua kontak itu bisa diakses atau hanya pelengkap data saja.

3. Bisa Memakai Sistem Pembayaran Rekening Bersama

Umumnya situs belanja online dapat menampung banyak toko online. Kemudian system pembayarannya pun lebih aman karena menggunakan rekening bersama. Hal ini juga membuat konsumen lebih percaya untuk belanja disini. Transaksi yang dilakukan oleh konsumen juga lebih aman dan tidak aka nada penipuan didalamnya.

Bahkan system pembayaran yang bisa dilakukan dengan berbagai bank juga bisa dilakukan, sebab biasanya situs online tersebut bekerja sama dengan berbagai bank agar memudahkan konsumen dalam bertransaksi. Jaminan yang disediakan oleh situs tersebut juga ada sehingga jika barang tidak sampai, uang bisa dikembalikan. 

4. Bekerjasama Dengan Berbagai Jasa Pengiriman Barang Terpercaya

Selain system pembayaran yang beragam, didalam situs jual beli online juga bekerja sama dengan berbagai jasa kiriman barang. Jadi, konsumen yang ingin barangnya dikirim oleh kurir yang dekat dari rumah, atau memilih yang ekspedisinya sangat murah, bisa dilakukan dengan gampang.

Hal inilah yang membuat konsumen semakin percaya dengan situs belanja online tersebut. Pihak ketiga ini juga pasti akan melakukan pelaporan jika terjadi penipuan untuk pelanggannya. Jadi otomatis situs tersebut tidak akan bisa operasi menggukan jasa pengiriman tersebut.

5. Mencantumkan Kondisi Dan Harga Produk dengan Jelas

Anda harus lihat deskripsi dengan baik supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Misalnya saja, diketerangan dicantumkan jika gamis tanpa khimar dicantumkan harga 240 ribu. Jangan sampai anda tidak membaca keterangan dengan baik, dan menyangka jika harga yang dicantumkan tersebut harga satu set. Setelah barang nyampai, justru marah marah pada penjual karena yang dikirim hanya gamis saja tidak ada khimarnya. 

Padahal sudah jelas ditulis pada keterangan jika harga tersebut adalah harga gamis saja tanpa khimar. Sama hal nya dengan produk lain. Baca dengan baik deskripsi yang diberikan. Bila perlu tanyakan langsung supaya lebih jelas. 

6. Cek Nomor Rekening di Situs Laporan Penipu Online

Cara nomor enam ini dianggap paling ampuh untuk melihat apakah sebuah akun situs online pernah dilaporkan dalam kasus penipuan. Jika anda cek dan ternyata nomor rekening tersebut ada dalam daftar pelaporan dan terverifikasi, maka sebaiknya kita cari alternatif situs lainnya.

7. Lihat Review dan Kolom Komentar 

Cara terakhir ini juga disebut paling efektif. Sederhananya, jika seseorang ingin melihat bagaimana tingkat kepercayaan dari sebuah tempat belanja online, maka lihat review, rating dan kolom komentar sosial media. Dari sana bisa kita lihat bagaimana penilaian pembeli terhadap situs itu. Apa lagi jika kita lihat kolom komentarnya di tutup (sosial media) sangat perlu kita curigai itu adalah situs penipu belanja online.

Jangan sampai anda suka dengan harga murah, namun ketika barangnya sampai ternyata kualitasnya jelek. Penjual yang jujur akan berkata apa adanya, jika barang kurang bagus, tentu akan diberitahukan pada penjualnya. 

Itulah pembahasan tentang tips memilih situs online yang terpercaya. Kita juga perlu memilih penjual yang amanah agar mengirimkan produk yang kita inginkan dengan jujur. Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Sigit Utomo

Related Posts