-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Cara Promosi Produk di Instagram (IG) Mudah dan Praktis

Promosi Produk di Sosial Media Instagram

Cara promosi produk lewat IG – salah satu bisnis yang saat ini marak dijalankan adalah bisnis online. Mulai dari bisnis online baju, sepatu, sandal, produk kecantikan, maupun kebutuhan penting lainnya. Meskipun begitu, ternyata bisnis online memang terbuka sangat kebar peluangnya.


Promosi lewat sosmed ig

Karena itulah, dari hari ke hari semakin banyak yang memulai bisnis online sebagai bisnis utama atau pun bisnis sampingan mereka. Salah satu aplikasi yang digunakan untuk bisnis online adalah instagram. Jadi, kamu perlu tahu bagaimana cara promosi produk lewat IG seperti berikut ini.

Cara Promosi Produk Lewat IG

Instagram memang yang menjadi solusi setelah facebook untuk bisnis online. Lalu bagaimana cara melakukan promosi melalui instagram? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti penjelasan berikut.

1. Berikan Informasi yang Jelas

Cara yang pertama tentunya kamu harus memiliki akun instagram terlebih dahulu. Cara membuatnya cukup mudah, bisa dengan nomor hp ataupun dengan akun facebook. Mengenai nama akun instagram juga sangat penting. Jangan asal asalan membuat nama akun jualan. Karena yang di ingat oleh pembeli adalah nama toko kamu. 

promosi di IG
Promosi Produk di IG - Pixels

Jangan lupa menuliskan informasi singkat mengenai bisnis yang ada di tokomu pada bio profil instagram. Lebih bagus juga dengan menambahkan kontak serta alamat website misalnya marketplace yang kamu punya. Pada profil juga harus di pasang foto produk yang terbaik agar orang yang melihat terkesan dan mau membeli produk tersebut. 

2. Terapkan Feeds yang Menarik

Kamu juga harus membuat feeds Instagram dengan rapi. Karena feeds yang rapi bisa menjadi nilai tambah instagram kamu dan banyak yang menyukainya. Selain feeds yang menarik, kamu juga harus konsisten aplud agar pelanggan lebih mempercayai toko anda karena memiliki respon yang cepat.

3. Buat Konten Foto & Video Menarik

Bisnis online memang tak lepas dengan yang namanya foto dan video produk. Karena konsumen tidak bisa secara langsung menyentuh produk, maka setidaknya kamu menyediakan video dan foto yang bagus dan real sebagai wakilnya. Tulis secara jelas deskripsi produk yang kamu jual mulai dari bahan, karakteristik, dan harganya. 

promosi produk di IG
Promosi Produk Lewat IG - Pixels

Buatlah deskripsi produk dengan jelas dan menarik. Contohnya, kami menjual drees cantik yang berukuran pas dengan kualitas bahan terbaik, Cuma dengan harga Rp150K”.

4. Tambahkan Hashtag yang Tertarget

Jika followers instagram bisnis kamu masih sedikit, maka tulis hastag di setiap postingan yang kamu buat. Manfaatkan hastag yang saat ini trend. Hal ini bisa membuat produk jualan kamu lebih dikenal masyarakat. Karena masyarakat yang klik hastag kamu sangat banyak, maka otomatis mereka juga akan melihat produk yang kamu jual.

Hastag juga memudahkan pelanggan menemukan produk kamu lewat fitur pencarian Instagram tersebut. Untuk itu, buatlah hastag sebanyak banyaknya dengan kata yang trend di instagram. Contohnya saja, jika bisnis kamu tentang kuliner, maka kamu bisa menuliskan hashtag yang ramai saat ini yaitu #kulinerindonesia, #kulinerjakarta, #kulinerupdate, #kulinerdaerah maupun lainnya.

5. Rutin Memposting Konten

Untuk menjaga follower dengan baik, kamu perlu memposting konten dengan rutin. jadi, kamu bisa membagikan foto dengan video setiap harinya. Sehingga followers instagram kamu tak akan unfollow toko kamu. Bahkan akan ada followers baru mulai mengikuti akun Instagram jualan kamu.

Namun bila kamu sudah tidak ada stoko video dan foto produk, kamu bisa memanfaatkan foto produk kiriman pelanggan lalu mention mereka. Kamu pun bisa membuat konten berbentuk quotes sebagai gambaran dari produk yang kamu jual. Sehingga, visibilitas profil Instagram pun terus meningkat. Tak hanya itu saja, pelanggan juga semakin bertambah.

3 Prinsip Promosi Lewat Konten atau Feed Instagram

Semua akun bisnis ingin tumbuh dan berkembang sehingga peluang mendapatkan pelanggan baru terbuka lebar, tentunya hal ini harus disokong oleh strategi yang baik dan terkonsep berikut penjelasannya :

  1. Attention : membuat konten semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian lebih dari audiens
  2. Value : nilai tambah dari apa yang kita buat adalah alasan audiens untuk menyukai dan follow anda, tentu tidak terlepas dari nilai nilai manfaat kepada audiens
  3. Relatability : membuat konten yang melibatkan audiens jauh lebih disukai oleh followers yang berpeluang saling membangun hubungan dengan akun lain dan berdiskusi dikolom komentar postingan kita.

Nah, bagaimana cara promosi produk lewat IG diatas? Cukup mudah buka, selamat mencoba. 

 

Penulis : Irma

Editor : Sigit Utomo

Related Posts