taupasar.com

we read, we create and we share it.

Memilih Jasa Konsultan Digital Marketing Agency yang Tepat

Bagaimana Mencari Jasa Konsultan Digital Marketing yang Cocok Untuk Strategi Bisnis Kita?

Di era dengan teknologi yang semakin maju ini, para pengusaha dan bisnisnya dituntut untuk selalu memiliki inovasi dalam rangka memasarkan produk maupun jasa yang dimilikinya. Hal ini disebabkan oleh teknologi yang kian hari kian berkembang. 

jasa konsultan digital marketing
Digital Marketing Consultant - Pixels

Digital marketing atau pemasaran secara digital ini merupakan teknik pemasaran online yang dilakukan dengan memanfaatkan website, media sosial, mesin pencari, iklan, dan juga surat elektronik. Teknik pemasaran yang menggunakan digital ini dinilai sangat efektif untuk memasarkan produk yang sudah diproduksi.

Bagi Anda yang ingin mencoba teknik pemasaran seperti ini namun belum terlalu faham, maka saran yang biasanya dicoba adalah dengan mencari jasa konsultan digital marketing secara tepat. Hal ini akan membantu Anda dalam melakukan langkah-langkah dalam menggunakan website, media sosal, mesin pencari, dan akses lainnya.

Konsultan digital marketing ini pulalah yang akan membuat strategi penjualan, memperbesar pangsa pasar, meningkatkan kehadiran brand, mendapatkan data, hingga membuat konsumen menjadi loyal. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui konsultan digital marketing yang tepat agar tujuan Anda dapat tercapai. 

Taupasar.com sebagai situs pemasaran online akan berbagi tips bagaimana memilih konsultan digital marketing yang tepat:

1. Memahami Bisnis yang Anda Miliki

Hal ini penting sekali karena saat Anda sudah memahami bisnisnya, maka mereka juga akan dengan mudah mengetahui apa yang harus dilakukan. Idealnya sebuah pemasaran atau marketing yang efektif adalah berangkat dari model bisnis yang jelas hingga kemudian bisa diiterjemahkan dengan baik oleh calon konsultan digital marketing yang anda akan pilih.

Seorang konsultan di bidang tersebut harus bisa merencanakan strategi yang tepat untuk memasarkan produk dari bisnis mengacu pada model bisnis kita. Saran dan masukan awal, atau lebih sering disebut overview ini adalah parameter awal apakah konsultan ini cocok atau tidak dengan model bisnis anda.

2. Memahami Tujuan Utama Digital Marketing

Ilustrasi paling mudah dari poin nomor dua misalnya, bisnis anda adalah menjual produk makanan cepat saji. Kita datang kesana dengan tujuan untuk bisa promosi ke segmen yang sudah kita bidik, misalnya anak - anak remaja dan orang dewasa.

konsultan digital marketing
Digital Marketing Agency - Pixels

Berangkat dari tujuan itu, seharusnya sebuah jasa digital marketing bisa memberikan ilustrasi yang jelas bagaimana bisa memberikan promosi ke target yang ditetapkan. Jika kita tidak jeli, bisa saja jasa digital marketing tadi tidak tahu bagaimana membuat promosi tertarget. Jadi sangat penting di awal kita tahu bagaimana mereka menerjemahkan tujuan aktivitas digital marketing yang kita akan lakukan.

3. Memahami Strategi yang Tepat untuk Bisnis Anda

Strategi adalah penerjemahan dari teknis bagaimana tujuan itu dapat dicapai. Jika kita merasa tujuan aktivitas digital marketing kita bisa dipahami oleh konsultan digital marketing yang kita pilih, maka tahap selanjutnya adalah melihat bagaimana mereka biasa menyusun strategi berdasarkan produk atau perusahaan yang mereka pernah tangani.

Pastikanlah konsultan tersebut memberikan strategi dan tips yang sangat tepat untuk digital marketing Anda. Tujuan dari pemasaran ini pun haruslah realistis dan jelas sehingga nantinya akan memudahkan dan melancarkan Anda dalam mencapai tujuan yang diharapkan. 

4. Memahami Pola Perilaku Konsumen Online

Hal yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah komunikasi. Selain itu, mereka pun harus bisa mengarahkan komunikasi tersebut agar dapat memberikan dampak pada tujuan bisnis Anda. Biasanya, konsumen yang membeli produk secara online akan memilih barang dan menentukan untuk membeli atau tidaknya dengan melihat ulasan yang diberikan konsumen sebelumnya. 

Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk memastikan bahwa konsultan tersebut mampu melakukan hal tersebut. Usahakan agar Anda melihat dulu profil yang dimilikinya dan mengetahui pemikirannya.

5. Menawarkan Tawaran Digital Marketing yang Tepat

jasa konsultan digital marketing

Pastikanlah calon konsultan digital marketing Anda memberikan saran tawaran dan layanan yang tepat. Pastikanlah layanan yang ditawarkannya itu relevan dengan bisnis Anda. Perhatikan juga mereka memberikan konten yang dibuatnya itu menarik, mesin pencari yanh dioptimalkan, website yang dibuatnya sudah sesuai dengan persyaratan, dan manajemen periklanan digital yang maksimal.

6. Memiliki pemikiran yang realistis

Antara tujuan yang dicapai dengan lingkup kerja dan biaya harus seimbang. Dalam cara memilih konsultan digital marketing, Anda bisa menguji mereka dengan tawaran yang murah atau mahal sekalipun. Sepanjang itu realistis, maka Anda dapat ambil keputusan dalam memilih konsultan digital marketing.

Banyak yang ingin bekerja untuk Anda hanya sekedar untuk mendapatkan pemasukan. Mereka akan bersedia Anda bayar murah walau tidak masuk akal. Namun apa artinya jika dampak atau hasilnya terhadap bisnis Anda sangat minim? tentu ini artinya telah terjadi pemborosan pada anggaran pemasaran Anda.

Dari pemaparan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam memilih konsultan digital marketing harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal. Ini bertujuan agar bisnis Anda pun dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hal yang diharapkan. 


Penulis : Sigit Utomo

Related Posts