taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Simpel dan Mudah

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Simpel dan Mudah


Kemajuan teknologi setiap hari semakin pesat, sekarang ini segala macam kebutuhan harus dilakukan dengan digital dan kamu tidak bisa menghindarinya.
tanda tangan digital
Salah satu contohnya dalam hal dokumen, sekarang ini sudah banyak perusahaan atau instansi menggunakan softcopy dalam membuat dokumen dan menerima dokumen, salah satunya dalam hal menerima lamaran pekerjaan, penerimaan mahasiswa baru, dan lainnya. 

Beberapa dokumen yang diterima atau yang akan diberikan pasti dibutuhkan tanda tangan di dalamnya. Nah yang jadi permasalahannya adalah bagaimana cara atau langkah-langkah dalam membuat tanda tangan digital yang simpel dan mudah dilakukan?

Tetap tenang dan jangan risau, di artikel ini aku mau membagikan bagaimana cara membuat tanda tangan digital yang simpel dan mudah untuk diikuti langkah-langkahnya.


Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Laptop


Salah satu cara membuat tanda tangan digital di laptop kamu bisa menggunakan aplikasi Ms Office, cara membuat tanda tangan digital di Ms Office kamu bisa menggunakan aplikasi bawaannya yakni Ms Word dan Ms Excel. Jadi jika kamu menerima file berupa file .xlxs ataupun berupa file .word, kamu bisa menggunakan aplikasi Word dan Excel di Ms Word dan Ms Excel.

Berikut aku jelaskan lebih rinci bagaimana caranya membuat tanda tangan digital lewat Ms word dan Ms Excel.

1. Membuat tanda tangan digital di Word

Langsung saja berikut langkah-langkah dalam membuat tanda tangan digital di Ms Word

1. Langkah pertama kamu harus membut tanda tangan di atas kertas putih terlebih dahulu denan cara tulis tangan. Kemudian tanda tangan yang sudah dibuat harus di foto dengan menggunakan kamera handphone atau kamu bisa scan tanda tangan tersebut.

2. Langkah kedua kamu kamu harus simpan file tersebut dengan format jpg, bmp, png, atau pun .gif. pilih salah satu dari format file tersebut.

3. Buka Ms Word lalu klik Insert dan pilih Picture, kemudian kamu edit dengan klik remove background, lalu kamu atur agar tanda tangan kamu terlihat lebih jelas. Setelah semuanya sesuai kehendakmu pilih keep changes. Lalu klik kanan pada file tersebut dan pilih save as picture.

4. Setelah gambar tadi berhasil disave, selanjutnya kamu buka file yang akan dibubuhi tanda tangan didalamnya dan sudah diberi garis tanda tangan.

5. Setelah file word yang akan dibubuhi tanda tangan terbuka, selanjutnya kamu perlu klik insert dan pilih gambar kemudian pilih file gambar yang sudah diedit tadi. Selanjutnya kamu atur gambar itu sesuai dengan yang kamu harapkan.

6. Setelah semuanya dirasa sudah selesai kamu sudah bisa kirim file word yang sudah dibubuhi tanda tangan tadi.

2. Cara menambahkan garis tanda tangan

Di atas di langkah ke empat aku menuliskan mengenai garis tanda tangan, nah buat kamu yang belum tahu gimana cara membuat garis tanda tangan berikut di bawah ini aku kasih tahu caranya.

1. Klik insert di ms word lalu pilih icon yang bergambar kertas dan pulpen, dengan pilih add signature line kamu sudah bisa menambahkan garis tanda tangan.

2. Cara kedua dalam membuat signature line kamu bisa menggunakan text box dan shape dalam menambahkannya.

3. Cara membuat tanda tangan digital di Excel

Mungkin beberapa file yang kamu terima dan harus diberi tanda tangan merupakan file excel, nah berikut di bawah ini aku bagikan gimana caranya membuat tanda tangan di Ms Excel.

Cara membuat tanda tangan di Ms Excel hampir sama dengan cara membuat tanda tangan di Ms Word. Hanya bedanya kalau di Microsoft Excel kamu harus menggunakan Microsof Office Excel atau Microsoft Excel. Jadi untuk cara membuat tanda tangan digital di Ms Excel sama seperti di atas yang udah aku paparkan.

4. Cara membuat tanda tangan Digital di Pdf

File Pdf pun bisa menggunakan aplikasi Nitro Pro untuk membubuhi tanda tangan digital, hanya saja di Nitro Pro harus upgrade ke akun Nitro Pro for windows. 

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Gmail


Sekarang ini media perpesanan sudah mulai terbiasa dengan menggunakan Gmail, termasuk dalam mengirim dan menerima surat, nah dalam mengirim surat pasti akan dibutuhkan tanda tanggan digital. Nah di bawah ini aku sertkan cara membuat tanda tangan digital di Gmail.

Sebelum membubuhi taanda tangan digital di Gmail kamu harus membuat gambar tanda tangan digital terlebih dahulu, kamu bisa membuatnya di onlinesignature.com, berikut di bawah ini cara membuat tanda tangan di onlinesignature.com.

1. Kunjungi situs web onlinesignature.com lalu klik Draw Signature yang berada di atas kanan halaman web.

2. Tuliskan tanda tangan kamu di kolom yang disediakan dengan menahan kursor lalu kamu tulisakan tanda tangan kamu, aku saranin untuk menggunakan layar sentuh ketika membuatnya, kaamu bisa menggunakan hp ketika mengunjungi situs webnya.

3. Setelah tanda tangan berhasil dibuat selanjutnya klik save.

Nah setelah gambar tanda tangan berhasi dibuat selanjutnya kamu bisa membuat surat dan menambahkan tanda tangan di Gmail, berikut di bawah ini cara membuat tanda tangan digital di Gmail.

1. Masuk ke akun Gmail milikmu dengan mengunjungi situs Gmail.com.

2. Klik buat pesan baru atau tombol + di kiri atas halaman

3. Kemudian setelah dialog buat pesan baru muncul klik tombol pena yang berada di bawah kotak dialog pesan, kemudian pilih kelola tanda tangan.

4. Kemudia akan muncul halaman pengaturan, scroll ke bawah sampai ketemu dengan tanda tangan, kemudian klik buat baru, dan akan muncul kotak dialog mengedit tanda tangan.

5. Ketikkan kata salam dan nama kamu lalu klik tombol image, kemudia pilih file tanda tangan yang sudah kaamu buat. Setelah semuanya selesai scrol halaman lalu pilih save changes, selesai.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Android


Cara membuat tanda tangan elektronik atau cara membuat tanda tangan digital di android hampir sama dengan cara membuat tanda tangan digital di onlinesignature.com yang sudah aku jelaskan di atas. Atau kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini.

Cara membuat tanda tangan di Aplikasi Adobe Fill & Sign

1. Buatlah tanda tangan dengan tap tombol pena lalu tap tombol creat signature, kemudian buatlah tanda tangan kamu di kolom yang disediakan sama seperti ketika membuat tanda tangan digital di onlinesignature.com.

2. Pilih file yang akan ditambahkan tanda tangan dengan memilih select a form to fill out.

3. Nah setelah muncul file yang sudah akan ditambahkan tanda tangan, selanjutnya kamu harus tap logo pena lalu tap gambar tanda tangan yang sudah kamu buat, selesai.

Sejumlah informasi di bawah ini juga bisa kamu simak, tentunya untuk dapatkan pengetahuan baru.

Baca juga:



Nah itu tadi cara membuat tanda tangan digital yang simpel dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu yang sedang mencai bagaimana caranya membuat tanda tangan digital. Tetap semangat dan terus upgrade diri menjadi lebih baik setiap harinya.

Penulis: Leli 
Related Posts