taupasar.com

we read, we create and we share it.

11 Cara dan Tips Jualan di Marketplace Facebook

11 Cara dan Tips Jualan di Marketplace Facebook


Penggunaan media sosial semenjak pandemi meningkat pesat. Instagram, Tiktok, YouTube, WhatsApp, dan Fecebook adalah aplikasi yang sudah banyak digunakan, hingga hari ini jumlah penggunanya terus meningkat.
tips jualan
Media sosial selain digunakan untuk menjalin komunikasi dengan orang lain, saat ini banyak juga yang menggunakannya untuk jualan. Salah satunya Facebook yang menyediakan fitur marketplace dan bisa digunakan untuk kamu yang ingin memulai jualan online dengan memanfaatkan Facebook.

Sukses berjualan di marketplace yang disediakan oleh media sosial harus memahami tipsnya. Untuk kamu yang mencari cara dan tips jualan di marketplace Facebook berikut saya jelaskan di bawah ini.

Tips Jualan di Marketplace Facebook

1. Pilihlah Produk yang "Menjual"

Tips pertama agar sukses berjualan di marketplace Fecebook yakni pilihlah produk yang berpotensi menghasilkan omzet dan profit hingga jutaan rupiah, dengan mencari produk yang berpeluang menghasilkan repeat order yang tinggi. Misalnya makanan, parfume, perabotan, dan lainnya.

Kamu bisa menghasilkan jutaan rupiah melalui marketplace Facebook dengan mempertimbangkan seberapa besar produk itu akan terjadi repeat order. Tips ini akan berhasil, karena dengan banyaknya terjadi repeat order, maka kamu bisa menghasilkan profit jutaan rupiah per hari.

2. Pilihlah Produk yang Berkualitas

Banyak konsumen terlalu memilih ketika membeli barang, untuk menarik mereka melakukan pembelian kembali di toko kamu, yang harus dilakukan adalah memilih produk yang berkualitas. Dengan menjual produk yang berkualitas mereka akan menjadi pelanggan setia di tokomu. 

Begitupun ketika berjualan di marketplace Facebook, meskipun melalui online, mereka akan sangat puas jika pembelian pertama di tokomu mendapatkan produk yang berkualitas. Akhirnya mereka tidak ragu lagi untuk repeat order kepada kamu.

3. Pilihlah Produk yang Bukan Musiman

Ada banyak jenis usaha yang hanya laku ketika musim tertentu, misalnya jas hujan yang akan dicari ketika musim hujan, usaha minuman dingin, atau lainnya. Meskipun begitu, jualan produk musiman tidak jadi masalah, asalkan kamu memiliki produk yang juga bisa dijual di musim lain. 

Menjual produk musiman akan minim terjadinya repeat order, sehingga penjualan dan pendapatan pun banyak hanya ketika dimusim tertentu.

4. Memahami Peraturan Facebook

Media sosial saat ini banyak sekali melakukan tindakan pemblokiran terhadap akun-akun tertentu, hal ini dikarenakan akun yang diblokir tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh aplikasi. 

Berjualan di marketplace Facebook pun harus mempertimbangkan peraturan-peraturan dari aplikasi, kamu bisa membaca syarat dan ketentuan penggunaan dari Facebook melalui halaman syarat dan ketentuan penggunaan Facebook. 

Kamu akan terhambat jualan di Facebook jika kamu melanggar standar Facebook. Maka perhatikan syarat dan ketentuan yang ditetapkan dalam melakukan promosi melalui marketplace Facebook.

5. Membuat Halaman Jualan

Tips jualan di marketplace Facebook yang sudah dicoba oleh banyak pengusaha adalah dengan membuat halaman jualan di Facebook. Buatlah nama halaman Facebook sesuai dengan nama toko yang ingin kamu buat. Buatlah nama toko atau nama perusahaan yang menarik. 

Mencari nama perusahaan yang menarik memang sedikit sulit, namun kamu bisa mendapatkan tipsnya dari artikel cara menemukan ide nama perusahaan yang bagus dan menarik. Di artikel itu terdapat tips-tips untuk menemukan nama perusahaan yang akan diingat terus oleh pelanggan.

Nama toko dan nama halaman Facebook yang menarik sangat penting, memberikan nama yang mudah diingat akan membuat pelanggan akan mudah merekomendasikan tokomu ke rekan-rekannya.

6. Menambahkan Gambar yang Menarik

Gambar yang menarik adalah kunci sukses jualan melalui media sosial, orang-orang akan melihat gambar produknya terlebih dahulu. Banyak orang akhirnya membeli produk dikarenakan gambar yang ditampilkannya menarik bagi mereka. Tetapi gambar yang ditampilkan haruslah gambar real buatan kamu, bukan asal ambil dari gambar orang lain atau dari google.

Ada banyak tips mengambil dan edit gambar yang bisa kamu pelajari di YouTube, selain itu ada juga kelas-kelas gratis dan berbayar mengenai fotografer dan editing gambar. Gambar yang menarik akan ada pembelian hingga repeat order terus-terusan.

7. Buat Kata-kata Iklan yang menarik

Kalimat postingan status juga merupakan kunci sukses terjadinya pembelian di marketplace Facebook. Buat postingan yang memberikan sedikit informasi mengenai manfaat atau khasiat dari produk yang kamu jual. Ada banyak orang tidak perduli mengenai spesifikasi produk, yang mereka cari adalah manfaat, kualitas dan kegunaan dari produk yang dijual.

Membuat kata-kata promosi tidak harus menjelaskan spesifikasi produk, misalnya ukuran, bahan dan lainnya. Contohnya jualan gamis, tidak perlu menuliskan spesifikasi produk. Namun tulislah bahwa bahannya adem atau tebal, tidak menerawang dan kelebihan lainnya yang akan dirasakan oleh pembeli. 

8. Manfaatkan Facebook Ads

Facebook ads adalah fitur dari Facebook yang akan membantu kamu dalam mempromosikan produk yang kamu jual sesuai dengan target market. Biaya untuk Facebook ads tergantung dari seberapa banyak pengguna yang ingin dijangkau. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Tips jualan di marketplace Facebook dengan memanfaatkan Facebook ads adalah dengan memasukan kata kunci yang sesuai dengan target market yang ingin dijangkau, misalnya berjualan gamis maka masukanlah kata kunci muslimah, berhijab dan lainnya. Iklan produk kamu akan menyasar ke akun yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

9. Cantumkan Nomor Whatsapp

Fitur facebook selain membuat status salah satunya adalah inbox atau pesan. Fitur ini orang bisa berkomunikasi langsung dan terjaga. Namun sekarang ini Facebook bisa dihubungkan dengan nomor WhatsApp. Kamu yang berniat berjualan dengan mengandalkan Facebook, fitur ini harus dicoba dan akan mempermudah calon pembeli menghubungimu.

Beberapa orang jarang membuka pesan Facebook, mereka lebih memilih berkomunikasi langsung melalui WhatsApp. Maka menghubungkan akun Facebook dengan WhatsApp akan mempermudah komunikasi dengan pembeli, dengan begitu peluang terjadinya transaksi akan besar.

10. Setiap Postingan Gunakanlah Lokasi yang Berbeda

Status Facebook akan menjangkau akun yang berada di dekat lokasi yang kamu tandai pada setiap postingan. Agar postingan kamu menjangkau lebih banyak akun, kamu bisa menggunakan lokasi yang berbeda pada setiap postingan yang kamu buat. 

Menggunakan lokasi yang berbeda pada setiap postingan, akan menjangkau akun yang berada di dekat lokasi yang ditandai di setiap postingan.

11. Konsisten

Mempromosikan jualan di media sosial haruslah konsisten, karena semua orang memiliki jamnya sendiri untuk melihat media sosial. Maka buatlah postingan minimal 5 kali sehari dengan jadwal yang konsisten dan berjarak antar setiap postingannya. Misalnya postingan pertama dibuat jam 6 pagi hari, postingan kedua di jam 9 pagi, ketiga jam 11 siang, ke empat jam 3 sore, dan postingan ke lima jam 7 malam. 

Selain jadwal postingan yang harus kamu pertimbangkan juga adalah gambar, judul dan isi postingan. Pastikan gambar, judul dan isi pada setiap postingan berbeda, orang akan bosen dengan status kamu jika semuanya sama, yang akan mengakibatkan toko online kamu di marketplace tidak menarik.

Kamu juga bisa mendapatkan sejumlah tambahan informasi pada beberapa artikel relevan berikut ini.

Baca juga:





Informasi 11 tips jualan di marketplace facebook di atas harus kamu lakukan untuk menghasilkan omzet penjualan yang diinginkan. Semoga dengan melakukan tips di atas jualan kamu semakin laris ya.
Related Posts