taupasar.com

we read, we create and we share it.

Simak Cara Jualan di Bukalapak Efektif dan Menarik Berikut Ini

Simak Cara Jualan di Bukalapak Efektif dan Menarik Berikut Ini


Di era teknologi yang semakin berkembang menjadikan berbagai hal turut serta terjamah olehnya. Begitupun dengan jual beli online. Dimana mulanya jual beli hanya berlaku secara offline atau langsung kini sudah menjadi hal lumrah melakukan transaksi secara online melalui berbagai media digital, seperti marketplace bukalapak, lazada, shopee dan lain sebagainya.
cara jualan
Melakukan transaksi jual beli online merupakan hal yang sangat digemari oleh khalayak luas akhir-akhir ini, terlebih dengan adanya pembatasan aktifitas di luar rumah akibat adanya virus covid 19 ini menjadikan semakin melambungnya minat masyarakat luas untuk memenuhi kebutuhan mereka melalui pembelian online.

Hal tersebut pun seolah menjadi penyemangat para seller atau penjual yang belum memiliki akun jual beli melalui marketplace yang ada. Oleh sebab itu kini semakin berlomba untuk membuka toko melalui marketplace dengan mudah untuk menunjang berjalannya ekonomi yang sempat terpuruk akibat dampak adanya wabah.

Bagi Anda yang belum memulainya, kini banyak sekali tips dan trik cara jualan di bukalapak, shopee, lazada, tokopedia atau berbagai marketplace terbaru yang kini semakin mudah diakses. Tentunya Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah untuk membantu merealisasikan toko online Anda melalui platform tersebut.

Apa Itu Bukalapak?


Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e commerce yang didirikan sejak tahun 2010. Salah satu jenis marketplace ini didirikan oleh tiga seragkai yakni achmad zacky, Nugroho herucahyono dan muhammad fajrin rasyid. Mulanya platform ini didirikan untuk menunjang UKM dalam melakukan transaksi di dunia maya hingga kemudian mendapat respon baik hingga sekarang.

Bukalapak menyediakan beberapa fitur yang dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi secara online. Tercatat pada tahun 2019 bukalapak telah berhasil mendukung para penjual online sekitar 4,5 juta pedagang. Dengan tambahan 70 juta pengguna yang aktif secara bulanan serta mitra yang berjumlah 1,9 juta.

Tidak hanya itu untuk transaksi yang berjalan perharinya rata-rata menembus hingga satu juta. Tentu hal ini cukup menunjukkan kredibilitas bukalapak untuk para pelaku jual beli cukup banyak diminati.

Melalui pltform e commerce bukalapal Anda bisa melakukan banyak hal dengan mudah yakninseperti membeli barang secara online, membeli paket data, membayar tagihan bpjs, asuransi, listrik dan sebagainya, serta menyediakan ruang untuk menabung baik melalui reksadana maupun dengan membeli emas dengan angka paling kecil sekalipun.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan jasa bukalapak untuk membuka cicilan, membeli tiket kereta api, pesawat, buka jual.motor dan mobil sekalipun. Anda bisa melakukan banyak yal.hanya dengan melalui akun bukalapak tersebut, sangat membantu bukan?

Cara Jualan di Bukalapak


Meski sudah banyak berkeliaran iklan yang menunjukkan keuntungan bukalapak atau platform lainnya, sebagian orang merasa kesulitan untuk menggunakannya secara maksimal terutama untuk menjual barang atau jasa yang dimiliki. Oleh sebab itu banyak yang ingin mengetahui cara jualan di bukalapal secara mudah dan terperinci.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara jualan di bukalapak, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut dengan mudah:

1. Buka Laman Bukalapak

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka website bukalapal baik melalui komputer atau handphone pintar Anda. Adapun website yang perlu Anda tuju adalah www.bukalapak.com dengan tAnda logo merah bertuliskan huruf B sebagai ikon bukalapak.

Jika Anda sudah membuka laman tersebut langkah selanjutnya adalah mulai melihat dan mencari kata daftar untuk menuju langkah cara jualan di bukalapak selanjutnya.

2. Tekan Kolom Daftar

setelah membuka laman bukalapak, Anda bisa langsung menekan tombol daftar untuk menjadi bagian dari bukalapak. Kolom ini biasanya terdapat pada bagian kiri atas. Untuk melanjutkan cara jualan di bukalapak Anda perlu terlebih dahulu mendaftar untuk akun Anda di bukalapak tersebut.

3. Mengisi Formulir Pendaftaran Secara Lengkap

Untuk memulai jualan di bukalapak Anda dibutuhkan untuk mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh bukalapak. Adapun yang terdapat didalam formulir tersebut meliputi nama lengkap, alamat email dan password.

Adapun apabila Anda tidak ingin mengisi formulir tersebut, Anda bisa mendaftar melalui akun yangterhubung dengan bukalapak. Seperti facebook dan google. Maka secara otomatis Anda sudah memiliki akun bukalapak Anda.

4. Memasukkan Nomor Handphone yang Aktif

untuk memudahkan operasional bukalapak Anda nantinya, maka pastikan Anda telah memasukkan nomor telepon yang aktif. Disamping itu kegunaan nomor telepon ini bertujuan untuk memudahkan Anda saat verifikasi akun Anda. Begitupun dengan alamat email, pastikan benar agar ceoat terverifikasi nantinya.

5. Pilih Nama Toko yang Akan digunakan

Langkah selanjutnya adalah memasukkan nama toko yang akan Anda gunakan untuk melakukan jual beli melalui akun bukalapak. Nama yang bebas dan tentunya dengan haraoan bisa menarik calon pelanggan Anda nantinya. Anda bisa memasukkan nama yang sama dengan toko offline Anda atau nama baru yang Anda inginkan.

6. Buatlah Pasword yang Mudah diingat

Seringkali sebagian orang lupa akan pasword yang digunakan di akun sosial media atau akun-akun lainnya sehingga tidak bisa dibuka kembali. Oleh sebab iu sebaiknya Anda menggunakan pasword yang mudah diingat namun tidak mudah terpikir oleh orang lain untuk menghindari penipuan dan penyalahgunaan akun Anda.

7. Bacalah Syarat dan Ketentuan dengan Saksama

Bacalah agar kemudian Anda bisa mengetahui perjanjian atau ketentuan apa saja yang sudah tertulis agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini sebagai informasi yang menguntungkn bagi pembaca, oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu membaca ketentuan dan syarat apa saja yang disediakan untuk Anda.

Setelah membaca syarat dan ketentuan sampai habis, biasanya pada bagian bawah terdapat tombol submit yang akan mengarahkan Anda pada tahap selanjutnya, Anda bisa menekan tombol tersebut setelah membaca syarat dan ketentuan secara keseluruhan.

8. Tekan Daftar Pada Kolom Submit Bagian Bawah

tahap selanjutnya yakni menekan tombol submit pada bagian paling bawah di halaman syarat dan ketentuan. Ini merupakan tahap terakhir pada pengisian formulir, sehingga Anda tidak boleh mengabaikan tahap ini.

9. Menunggu Konfirmasi Melalui Email Anda

Setelah selesai mengisi formulir secara menyeluruh, langkah selanjutnya adalah menunggu konfirmasi dari tim bukalapak yang akan dilayangkan melalui email Anda. Hal ini perlu dilakukan agar Anda memiliki akun bukalapak yang kredibel terutama untuk bisnis Anda ke depannya.

Dengan adanya konfirmasi melalui email ini, maka diperlukan kebenaran email agar tidak 'salah alamat' saat dilakukan konfirmasi. Pastikan sebelum tahap submit Anda sudah mengecek berulang apa saja yang dipertanyakan di formulir dan dijawab sebagaimana mestinya. Karena hal ini mempengaruhi tahap pendaftaran akun Anda selanjutnya.

10. Akun Bukalapak Anda Siap digunakan

setelah menekan link yang dikirimkan melalui email, secara otomatis akan tertaut dengan email dan siap digunakan. Anda bisa keluar atau masuk akun sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Pastikan email dan pasword Anda sudah hafal atau mencatatnya sehingga tidak terjadi kekeliruan saat ingin membuka akun bukalapak Anda.

Cara Mengisi Toko Bukalapak


Untuk memulai jualan di bukalapak, tentu Anda perlu mempromosikan barang dagangan Anda melalui akun yang Anda miliki untuk mengenalkan kepada calon pelanggan Anda nantinya. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk memulai jualan di bukalapak. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sebagai awal cara jualan di bukalapak.

1. Pilih Profil Toko yang Menarik

Sebagaimana toko offline, Anda juga perlu menampilkan hal-hal unik dan menarik agar calon pelanggan Anda mulai melirik toko online Anda. Salah satunya adalah dengan menampilkan foto profil yang menarik dan eye catching.

Adapun foto tersebut bisa disesuaikan dengan produk yang Anda jual, misalkan Anda menjual fashion wanita bisa Anda tampilkan profil dengan foto baju mewah wanita, baju kekinian anak muda atau bisa juga dengan menampilkan logo toko yang Anda miliki. Ini bisa disesuaikan dengan selera Anda namun sebaiknya tetap memegang kaidah menarik pelanggan agar menengok toko Anda.

2. Unggah Foto Produk Beserta Keterangan

Setelah memberikan foto profil yang menarik, langkah selanjutnya adalah mengunggah foto produk yang akan Anda jual. Pilihlah foto yang estetik dan terang agar cantik saat dipAndang. Sehingga menarik untuk dilihat dan dibeli. Biasanya real picture atau foto produk yang nyata lebih diminati daripada foto yang tidak nyata atau sejenisnya.

Pilihlah tombol unggah foto di bagian yang tersedia untuk memasukkan foto Anda ke akun bukalapak Anda. Selanjutnya berikan keterangan terkait produk yang Anda jual tersebut secara rinci. Hal ini akan memudahkan pembeli untuk mengetahui secara detail terkait barang yang Anda jual.

Terdapat sejumlah pilihan artikel lainnya, tentu saja bisa dijadikan tambahan pengetahuan bagi Anda semua.

Baca juga:





Selain itu pastikan Anda jujur agar mendapatkan feedback baik dari pembeli dan akan men8ngkatkan rating penjualan Anda. Jangan lupa menampilkan harga barang Anda. Maka selanjutnya akun bukalapak Anda siap untuk digunakan.

Related Posts