taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Promosi di Tokopedia Beserta Panduan Lengkap

Cara Promosi di Tokopedia Beserta Panduan Lengkap


Desain cara promosi di tokopedia dibuat sangat mudah dan optimal. Barangkali, aspek ini pula yang membuat banyak orang memutuskan untuk menjadi seller di marketplace yang satu ini. Selain kemudahan dalam melakukan iklan melalui top ads, penjual juga memungkinkan membuat promosi sendiri melalui potongan harga, bonus, dan lainnya.
promosi di tokopedia

Belajar Cara Promosi di Tokopedia


Cara promosi di Tokopedia merupakan strategi untuk meningkatkan jumlah penjualan, menambah followers, mengembangkan rating toko, dan tentunya menaikkan penghasilan. Tanpa melakukan promosi, grafik penjualan akan terasa stagnan dan jaringan pasar sulit diperluas. Oleh karena itu, belajar promosi sangatlah penting.

Sebagai markerplace terkemuka di Indonesia, Tokopedia tentunya menyediakan fitur promosi Tokopedia berupa promosi per-klik dan promosi affiliate. Kedua jenis iklan ini sifatnya berbayar meskipun tarifnya terhitung terjangkau. Bagi Anda yang belum pernah mencoba fitur ini, berikut tutorial mengaplikasikan fitur promosi di Tokopedia:

Sebelum masuk ke salah satu jenis promosi yang akan Anda gunakan, terlebih dahulu penjual harus melakukan registrasi di halaman TopAds. Berikut caranya:
  • Masuk ke aplikasi Tokopedia. Pastikan Anda sudah memiliki akun untuk login.
  • Klik daftar menu, kemudian pilih opsi TopAds
  • Isi kredit TopAds dengan cara mengklik tombol tambah
  • Pilih nominal kredit yang Anda perlukan atau inginkan
  • Tekan salah satu jenis metode pembayaran kredit kemudian lakukan pembayaran
  • Tunggu hingga aplikasi melakukan verifikasi terhadap akun Anda
  • Jika sudah, kini fitur TopAds sudah bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi toko Anda
Setelah tuntas melakukan registrasi di akun TopAds, kini saatnya memilih metode promosi yang tersedia.

Pilihan Metode Promosi


1. Promosi Per-Klik

Pada jenis promo ini, Tokopedia akan menampilkan produk yang sudah Anda pilih untuk tampil di halaman-halaman strategis. Siapapun yang tertarik terhadap produk Anda tinggal meng-klik iklan tersebut untuk menuju toko Anda dan melakukan transaksi.

Kemudahan akses oleh setiap pengunjung aplikasi ke toko Anda ini dijamin akan meningkatkan kuantitas kunjungan toko, jumlah transaksi, followers, hingga penilaian positif yang dapat meningkatkan rating. Tokopedia akan menampilkan produk Anda di halaman pencarian produk, beranda aplikasi, kolom hot list, dan urutan pertama kategori produk.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan promosi iklan per-klik ? berikut caranya?
  • Silahkan menuju opsi menu tambah promo
  • Klik kolom produk
  • Tandai produk apa saja yang akan Anda promosikan
  • Buat grup promosi melalui borang yang sudah tersedia dalam kolom halaman. Grup ini meupakan semacam kelompok produk yang akan Anda promosikan. Jika Anda sudah pernah membuat, maka grup tersebut akan tersimpan dan bisa digunakan lagi jika suatu saat Anda ingin mempromosikan kelompok produk yang sama.
  • Sebagai penjual, Anda juga bebas menentukan nama grup. Misalkan saja promo ramadhan, promo akhir tahun, 30% sale, atau lain sebagainya. Fitur ini sangat membantu apabila Anda berencana membuat promosi rutin pada momentum-momentum tertentu.
  • Atur penempatan iklan Anda kemudian tentukan juga berapa biaya iklan setiap kali klik.
  • Klik konfirmasi. Setelah pengajuan Anda sudah disetujui oleh pihak aplikasi, maka tugas penjual hanyalah menunggu transaksi-transaksi masuk ke akun.
2. Promosi Affiliate

Promo ini memiliki sistem mirip seperti endorsment. Penjual memberikan komisi kepada public figur, influencer, atau tokoh media terkenal untuk mempromosikan produk mereka. Promosi oleh mitra afiliasi bisa melalui blog, media sosial, atau platform media-media lainnya.

Tokopedia disini bekerja sebagai penyalur. Pihak aplikasi akan membayarkan komisi mitra afiliasai langsung melalui rekening penjual. Tokopedia juga memastikan bahwa mitra afiliasi sudah melaksanakan promosi sesuai dengan perjanjian bersama pihak penjual.

Adapun cara iklan di Tokopedia via promosi affiliate adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke menu iklan di halaman toko
  • Klik pilihan tambah iklan
  • Pertama, tekan menu produk
  • Tandai produk mana saja yang ingin Anda promosikan
  • Klik pilihan untuk mengaktifkan affiliate marketing dan tentukan komisi penjualan yang akan Anda keluarkan.
  • Selesainya proses ini menandakan bahkan registrasi Anda sudah tuntas. Tinggal menunggu hingga pihak aplikasi menindaklanjuti permintaan afiliasi tersebut.
3. Membuat Promo Sendiri

Dua cara promosi melalui TopAds diatas, dengan segala kelebihannya mewajibkan penjual untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu. Namun jika saldo Anda sedang tidak mendukung untuk mengaktifkan fitur promosi, jangan patah semangat. Silahkan mengaktifkan cara manual cara promosi gratis di tokopedia 2020.

Caranya ialah dengan memberikan potongan harga dan diskon bagi para pembeli. Tentu saja, penawaran produk dengan harga yang murah adalah godaan yang sangat sulit ditolak. Apalagi oleh mereka yang sudah berlangganan dan mengetahui kualitas produk Anda yang tidak mengecewakan.

Untuk mendukung promo yang Anda buat, silahkan sebarkan informasi tersebut seluas-luasnya kepada teman maupun kerabat. Apabila followers toko Anda sudah banyak, promo gratis di Tokopedia ini akan semakin efektif.

4. Menyediakan Semua Jasa Pengiriman

Salah satu daya tarik bagi pembeli adalah ketersediaan jasa pengiriman yang lengkap. Tidak dapat dipungkiri, biaya hingga fasilitas pengiriman merupakan pertimbangan penting tersendiri bagi pembeli. Oleh karena itu, mereka akan sangat puas ketika dapat memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan kenginan.

Tentu saja, proyek promosi ini juga gratis dan menjadi bagian dari pelayanan. Jika Anda ingin mempromosikan akun Tokopedia Anda di media sosial atau media lain, jangan lupa untuk mencantumkan keunggulan berupa ‘tersedia dalam seluruh jasa pengiriman’. Poin ini akan meningkatkan ketertarikan dalam promosi Anda.

Sejumlah pilihan informasi berikut juga bisa dijadikan acuan.

Baca juga:





Demikian beberapa poin cara promosi di Tokopedia, baik yang berbayar maupun tidak. Di Indonesia, Tokopedia telah menjangkau puluhan ribu penjual dengan ribuan kunjungan setiap harinya. Tentu ladang basah ini akan sangat rugi apabila tidak Anda manfaatkan dengan sebaik mungkin. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Related Posts