taupasar.com

we read, we create and we share it.

Kiat-Kiat Cara Jualan di Shopee Tanpa Modal dan Mudah

Kiat-Kiat Cara Jualan di Shopee Tanpa Modal dan Mudah


Berbisnis online kini begitu menarik banyak minat orang-orang yang ingin menjalankan usaha. Alasannya karena bisnis online memberikan banyak keuntungan dan dapat dilakukan dengan berbagai cara.
cara jualan di shopee
Salah satu cara terbaik yang dipilih para pengusaha online adalah dengan menawarkan produk melalui marketplace gratis yang seolah menjadi tempat usaha yang efektif. Salah satu jenis marketplace yang banyak dicari adalah Shopee.

Hanya dengan berbekal wawasan pengoperasian komputer dan penggunaan internet, maka cara jualan di Shopee tanpa modal pun sudah bisa dikuasai, bahkan tanpa modal.

Sebelumnya perlu diketahui beberapa hal yang menjadikan Shopee memiliki banyak peminat, yaitu dari berbagai promosi untuk pengguna atau pembeli contohnya promo flash sale, gratis biaya kirim, dan lainnya. Untuk itu, memilih Shopee bukan hanya bermanfaat untuk pembeli, namun juga memiliki keunggulan sebagai marketplace terbaik di mata para pebisnis online.

Prosedur Cara Jualan di Shopee Tanpa Modal


1. Mulai Membuka Toko Online di Shopee

Untuk memulai iklan produk di Shopee begitu mudah, langkah pertama yang harus dilakukan oleh penjual online yaitu segera memulai jualannya dengan membuka toko di marketplace Shopee.

Ada baiknya niat membuka toko online ini tidak ditunda-tunda lagi, karena yang sudah sangat mudah dilakukan. Bahkan siapa pun dapat membuka toko di Shopee, karena melaluinya Anda dapat menikmati fasilitas yang minim biaya, bahkan tanpa pungutan cash sepeser pun.

Namun untuk membuka toko, pengguna harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. daftar secara gratis, dan biaya atau modal hanya akan diperuntukkan untuk pembelian barang yang akan diiklankan saja. Dengan begitu, cara jualan di Shopee tanpa modal bisa berlanjut. Adapun tata cara pendaftarannya sebagai berikut.
  • Login di Aplikasi
  • Daftar dengan Nomor atau Email 
  • Mengisi Formulir
  • Buat akun dengan Masukkan Username dan Password 
  • Centang Capthcha 
  • Klik Menu Daftar 
  • Tunggu Notifikasi Ucapan Berhasil Daftar.
  • Buka Email atau SMS untuk Verifikasi
2. Setting Toko Online Penjual

Setelah proses di atas berhasil, penjual masih harus mengatur sedemikian rupa agar tokonya lebih menarik, sebagaimana kebanyakan penjual online lainnya lakukan. Hal ini bertujuan agar produk yang dipasang dapat menarik perhatian calon pembeli di Shopee.

Untuk melakukan setting yang tepat, Anda dapat mengatur toko dengan cara klik menu ‘Jual’ untuk membuka tokonya. Setelah itu akan terlihat dashboard atau menu yang terpampang berjejeran.

Di sana dapat dicari fitur ‘Setting’, lalu mulai edit profil toko selengkap dan sebaik mungkin. Mulai dari mengatur foto profil toko, menambahkan logo resmi usaha, menambahkan video informasi mengenai produkmu, serta menambahkan foto pelengkap.

3. Mengiklankan Produk di Shopee

Cara jualan di Shopee tanpa modal selanjutnya dan yang paling utama dari semua hal yang penting, yaitu mulai mengiklankan produk dari tokomu agar termuat di beranda dan hasil pencarian Shopee.

Ada banyak jenis produk yang dijual di Shopee, dan kini semakin beragam. Sehingga pengguna pun tidak perlu khawatir, berbagai jenis produk apapun kini dapat ditawarkan melalui aplikasi marketplace satu ini. Berbagai kategori produk yang dapat diiklankan seperti kosmetik, fashion, makanan, voucher game, pulsa, dan lainnya.
Sementara itu untuk memasang iklannya, Anda harus mengunggah setiap foto produk yang dijual. Adapun langkah memasang foto produk lengkap dengan deskripsinya, dapat dilakukan sesuai prosedur berikut ini.
  • Klik Beranda Seller
  • Klik Produkku
  • Tambahkan Produk dengan Upload Gambar Produk
  • Isi Formuli, Keterangan, atau Deskripsi Produk dengan Detail
  • Klik Simpan, dan Pembeli Dapat Melihat Iklannya

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee


1. Kreasikan Promo yang Menarik

Perjuangan penjual bukan hanya sekedar membuka tokonya saja. Untuk membuat penjualan sukses, perlu usaha lanjutan agar mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan, maka dapat melakukan caranya sesuai dengan saran ini.

Langkah pertama sebagai penjual online di Shopee adalah dengan membuat promosi yang dikreasikan sedemikian rupa hingga lebih menarik. Caranya bisa dengan memberikan gambar produk yang bagus, namun sesuai dengan aslinya atau real pict.

Karena pembeli menyukai gambar yang sesuai dengan aslinya, dengan begitu mereka tidak merasa tertipu. Sebagai penjual yang baik, Anda bisa mengandalkan skill fotografi produk yang apik.

2. Memasang Harga yang Kompetitif

Selanjutnya adalah perihal harga. Agar mampu bersaing di pasaran marketplace paling banyak digunakan ini, tentu dengan memberikan harga yang kompetitif dengan pesain.

Memasang harga kompetitif juga harus dilakukan dengan perhitungan, artinya tidak asal murah ataupun terlalu mahal. Ini dapat dilakukan sesuai dengan target pembeli.

Jika toko Anda menyediakan barang-barang kualitas premium, maka tidak masalah memasang harga yang berbobot, karena sesuai dengan kualitasnya. Jika toko berkisar pada jenis grosir dan sebagainya, maka penentuan harga pun dapat disesuaikan lagi dengan melihat referensi dari toko-toko pesaing.

3. Manfaatkan Promo

Strategi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan promo untuk meraih banyak pembeli dan mendapatkan review yang baik. Banyak sekali pembeli yang mencari produk berdasarkan tinggi-rendahnya harga.

Apalagi adanya promo sangat diperhitungkan oleh pembeli. Anda juga dapat mengatur penawaran promo sedemikian rupa dengan menekan sedikit harganya secara bijak, namun tetap bisa menghasilkan keuntungan serta kepercayaan dari pembeli.

4. Pelayanan Konsumen yang Baik

Proses jual-beli antara pedagang dan pembeli meskipun dilakukan secara online, namun nyatanya membutuhkan kualitas layanan yang baik pula.

Pembeli cenderung menyukai respon penjual yang cepat dan ramah ketika ia bertanya, proses pengiriman cepat, serta penyediaan varang sesuai dan sampai di tempat tujuan dengan baik. Karenanya, Anda juga dapat menerapkan saran ini agar toko dikenal baik.

Tidak hanya itu, sejumlah pilihan artikel berikut ini juga bisa menambah pengetahuan dan referesi Anda.

Baca juga:





Dengan menerapkan cara jualan di Shopee tanpa modal serta meningkatkan strategi penjualan seperti saran di atas, nyatanya Anda sudah bisa membuka toko dan melakukan proses jual-beli yang tepat.
 
Penulis: Ratih Pratiwi

Related Posts