taupasar.com

we read, we create and we share it.

Syarat dan Cara Mengajukan Pengembalian Dana Di Shopee Dijamin Anti Gagal

Mempelajari cara mengajukan pengembalian dana di shopee merupakan salah satu bekal penting bagi para pecinta belanja online. Tak dipungkiri, bahwa Shopee terus tumbuh dan berkembang, hingga menjadi salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia. 

ajukan pengembalian di shopee

Hal ini sebenarnya wajar, mengingat platform Shopee yang sangat mudah untuk diakses bahkan orang awam sekalipun. Selain itu, barang yang ditawarkan pun cukup beragam dengan range harga yang bersaing. Keberadaan fitur pengembalian dana juga menjadi poin plus yang menjadi pertimbangan.

Syarat Pengajuan Pengembalian Dana

Fitur pengembalian dana merupakan salah satu bentuk kepedulian pihak Shopee atas kepuasan konsumen. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua pengajuan pengembalian dana akan diterima begitu saja. Berikut ketentuan dan syarat yang harus diperhatikan, sebelum melakukan cara mengajukan pengembalian dana di shopee:

1. Produk atau barang pesanan yang datang dalam kondisi rusak, cacat, atau tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Pastikan kesalahan tersebut murni datang dari pihak seller. 

2. Produk atau barang pesanan yang datang tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh toko. Contoh: ketidaksesuaian warna ataupun size atas dasar kesalahan pihak seller. Namun, jika pemilihan size tersebut merupakan konsumen, maka tidak bisa diajukan pengembalian dana.

3. Pihak konsumen dan seller sudah bersepakat untuk melakukan pengembalian dana berdasarkan obrolan pada fitur chat.

4. Pihak konsumen belum melakukan konfirmasi ‘Pesanan Diterima’ pada fitur pengiriman barang.

5. Masa garansi yang diberikan pihak Shopee belum berakhir.

6. Dilengkapi dengan bukti kuat, seperti foto atau video pesanan saat baru dibuka. 

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee Anti Gagal

Adapun tujuan pemberian ketentuan dan syarat pengembalian dana, yaitu sebagai wujud perlindungan kepada seller. Dengan demikian, baik seller maupun konsumen sama-sama merasa nyaman untuk berinteraksi melalui Shopee. Nah, berikut adalah cara mengajukan pengembalian dana di shopee yang bisa diikuti:

1. Pengembalian Dana untuk Pesanan Belum Dikirim

Pengembalian dana bisa dilakukan untuk produk atau pesanan yang belum dikirim, atau yang biasa disebut dengan pembatalan pesanan. Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi keputusan ini, baik faktor yang datang dari pihak seller maupun konsumen sendiri. 

Mulai dari produk pesanan yang ternyata kosong, kesalahan alamat, hingga proses pengiriman yang lambat. Jika pesanan belum dibayar, maka proses pembatalan bisa langsung dilakukan. Namun, jika pesanan sudah terlanjur dibayar, maka kamu harus menunggu persetujuan dari seller. Berikut cara mengajukan pengembalian dana di shopee untuk pesanan belum dikirim:

a. Buka aplikasi Shoppe di ponsel.

b. Masuk ke menu Saya, lalu pilih Dikemas.

c. Cari pesanan yang ingin dananya dikembalikan atau dibatalkan.

d. Klik tombol Batalkan Pesanan, lalu isi kolom alasan pembatalan.

e. Klik tombol Konfirmasi dan tunggulah sampai seller menyetujui pembatalan yang diajukan. 

Jika seller tidak menyetujui pengajuan pembatalan pesanan, maka produk akan tetap dikirim sesuai data checkout. Namun, jika seller menyetujui maka sistem Shopee akan melakukan pengembalian dana secara otomatis, dalam bentuk ShopeePay. Oleh karena itu, pastikan fitur ini sudah aktif terlebih dahulu.

2. Pengembalian Dana untuk Pesanan Sudah Dikirim

Lain permasalahan yang dihadapi, lain pula cara penyelesaiannya. Begitu juga dengan cara mengajukan pengembalian dana di shopee, jika pesanan sudah dikirim oleh pihak seller. Proses pengembalian dana ini biasa dikenal dengan istilah retur. Ada yang pernah melakukannya?

Ada banyak faktor yang memengaruhi seorang konsumen melakukan retur, seperti pesanan tidak sesuai deskripsi, barang cacat, rusak, atau tidak berfungsi. Namun, kesalahan tersebut bukan berasal dari keteledoran konsumen. Berikut cara mengajukan pengembalian dana di Shopee untuk pesanan sudah dikirim:

a. Buka aplikasi Shopee pada ponsel.

b. Masuk ke menu Saya, lalu pilih Dikirim.

c. Cari pesanan yang ingin diretur, lalu klik tombol Rincian Pesanan.

d. Klik tombol Ajukan Pengembalian yang ada di bagian pojok kiri bawah.

e. Isi kolom alasan pembatalan atau retur, lalu klik tombol Ajukan Pembatalan.

f. Klik tombol Konfirmasi untuk mengajukan pembatalan.

Sebelum mengajukan pengembalian dana, alangkah lebih baik jika melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan seller melalui fitur chat yang ada. Selain mencegah kesalahpahaman dengan seller, kamu juga bisa berdiskusi mengenai tanggungan ongkos kirim pesanan.

Tanggungan Ongkos Kirim Pengembalian Pesanan

Selain ketentuan dan syarat cara mengajukan pengembalian dana di Shopee, ongkos kirim pesanan juga harus diperhatikan. Sebab, pada pesanan yang sudah dikirim, keputusan untuk mengajukan pengembalian dana berarti produk harus dikembalikan ke alamat seller atau pengirim. 

Itu berarti, ada sejumlah uang yang harus dibayarkan untuk proses pengiriman pesanan kembali. Lantas, siapakah yang menanggung ongkos kirim tersebut? Ada beberapa kebijakan pengembalian barang yang ditetapkan oleh pihak Shopee. Berikut beberapa di antaranya:

1. Gratis Via Ekspedisi J&T

Pihak Shopee sudah menjalin ikatan kerjasama dengan pihak ekspedisi J&T. Oleh karena itu, proses pengiriman barang retur bisa dinikmati secara gratis alias tidak dipungut biaya. Syaratnya, konsumen harus memiliki resi pengiriman resmi dari pihak Shopee. Bagaimana cara mendapatkannya?

a. Nomor resi atau label pengiriman akan muncul di halaman pengembalian pesanan, saat pengajuan diterima.

b. Kamu bisa memilih option download atau kirim melalui email untuk mengunduh label pengiriman. 

c. Cetak label pengiriman, lalu tempelkan pada pesanan yang ingin diretur.

Selain ditempelkan pada pesanan, nomor resi juga bisa hanya dengan dicatat saja. Cukup tuliskan sesuai dengan label yang tertera di halaman pengembalian, jangan sampai salah. Namun, jika tidak memiliki nomor resi tersebut, maka kamu akan dikenakan ongkos pengiriman. 

2. Gratis Via POS

Selain melalui ekspedisi J&T, pengembalian secara gratis juga bisa dinikmati menggunakan jasa POS Indonesia, tepatnya Pos Kilat Khusus. Namun, fasilitas ini hanya bisa dinikmati untuk produk atau barang yang dipesan di Shopee Mall. Lantas, bagaimana cara pengirimannya?

Setiap toko di Shopee Mall akan membekali label pengembalian pesanan (retur) di dalam kemasan. Oleh karena itu, pastikan kamu membuka pembungkus pesanan secara hati-hati agar label tidak sampai rusak. Tempelkan label pengembalian pada pesanan yang akan diretur, lalu kirim melalui kantor POS terdekat. 

Bagaimana Jika Seller Menolak Pengembalian Dana?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara mengajukan pengembalian dana di shopee hanya bisa dilakukan atas dasar persetujuan seller. Sayang, tidak semua seller menanggapi komplain tersebut dengan baik, beberapa di antaranya ada yang melakukan penolakan. Ada dua kemungkinan, yaitu pesanan sudah terlanjur dikirim atau memang faktor kesengajaan dari seller. 

Bahkan, ada seller yang tidak segan-segan untuk naik banding dengan pihak Shopee, agar pesanan tidak jadi dibatalkan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mendokumentasi proses pembukaan pesanan. Dengan bukti yang kuat, maka kamu bisa mengatasi permainan seller yang kurang amanah. 

Demikian cara mengajukan pengembalian dana di Shopee berikut dengan informasi-informasi yang penting untuk kamu ketahui. Agar tidak sampai terjadi kemalangan, pastikan untuk selalu mengecek kolom komentar produk. Hindari membeli barang di seller yang memiliki feedback buruk.  


Related Posts