taupasar.com

we read, we create and we share it.

Panduan Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Panduan Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula – salah satu marketplace yang punya banyak pelanggan adalah shopee. Siapa yang tidak kenal dengan marketplace orange ini. Selain banyak peminatnya, ternyata jualan di shopee juga memiliki peluang cukup besar jika ditekuni. Khususnya bagi kamu yang menyukai jualan online. Rasanya tidak akan lengkap jika tidak mencoba cara ini.

jualan di shopee

Meskipun tidak mudah melakukan jualan di shopee, namun jika sudah terbiasa siapa pun bisa menjalaninya. Termasuk kamu yang gaptek sekalipun. Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana sih cara jualan di shopee untuk pemula? Nah, bagi kamu online shoper wajib baca artikel kali ini supaya bisa berjualan di shopee dan memiliki keuntungan berlipat ganda. 

Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula

Bagi penjual online, tentu sudah tahu system yang akan di pilih untuk menjual produknya nanti. Baik itu dropship atau menjual produknya sendiri dari toko real yang dimilikinya. Nah, jika produknya sudah jelas, baru ikuti langkah berjualan di shopee berikut ini.

1. Memiliki Akun Shopee

Tahap pertama yang perlu dilakukan sebagai cara jualan di shopee untuk pemula adalah mendowload aplikasi shopee. Kemudian buat akun dulu. Sebelum membuat akun, persiapkan nama terbaik untuk toko yang akan dibuat. Usahakan nama toko yang kamu pilih tidak dimiliki oleh pengguna shopee lain. Setelah nama toko siap, maka siapkan juga gmail dan nomor ponsel yang aktif. 

Jika semuanya sudah siap, kini saatnya untuk membuat akun shopee sebagai cara jualan di shopee untuk pemula. Siapkan juga buku catatan untuk mencatat kata sandi, akun yang dipakai dll supaya tidak lupa nantinya. 

Langkah langkah membuat akun shopee menggunakan PC:

jualan di shopee

1. Bukalah situs shopee. 

2. Kemudian klik daftar.

3. Setelah itu, masukkan digit nomor ponsel yang masih aktif.

4. Jika muncul kode captcha, maka tulis dengan benar sesuai petunjuk.

5. Lalu tekan kirim kode verifikasi yang telah ditulis.

6. Klik Daftar. Jangan lupa isilah username (nama toko), password lalu isi ulang paswordnya. 

2. Upload Produk Baru

Setelah memiliki akun, maka kamu bisa mulai cara jualan di shopee untuk pemula dengan klik mulai jual yang ada di pojok kiri atas. Jangan lupa untuk melengkapi foto profil toko. Pilih gambar yang terbaik dan berukuran besar untuk menarik minat pembeli. Untuk lebih jelasnya bisa ikuti langkahnya berikut ini:

a. Lengkapi Profil

• Menulis Nama Toko

Profil yang pertama adalah melengkapi nama toko. Kamu bisa menulis nama toko terbaik yang dipilih sesuai dengan produk yang dijual. Hal ini juga termasuk salah satu cara jualan di shopee untuk pemula.

• Deskripsi toko. 

Kamu juga harus menuliskan deskripsi toko yang jelas, singkat dan mudah dimengerti orang lain. Misalnya saja tentang produk yang dijual, tentang pengiriman barang dan juga jam kerja admin. 

• Memasang Gambar Deskripsi Toko. 

Pada bagian ini, kamu bisa menampilkan gambar mengenai produkmu atau gambar yang berisi promo saat itu juga. Tujuannya supaya konsumen yang melihat gambar profil kamu tertarik untuk membeli produkmu.

Untuk mengisi gambar profil tersebut kamu dapat membuka app Shopee. Setelah itu, klik Saya > Toko Saya. Pilih Asisten Penjual, dan klik Profil Toko. Disini kamu dapat melengkapi nama, gambar toko dan juga menulis deskripsi toko secara lengkap.

b. Upload Produk Pertama

Nah sekarang mulai untuk meng upload produk yang kamu jual di sini sebagai cara jualan di shopee untuk pemula. Jika kamu belum tahu cara upload produk, simak penjelasannya berikut ini:

cara jualan di shopee

• Bukalah app Shopee.

• Kemudian klik Saya

• Klik toko saya yang berada di pojok kiri atas 

• Lalu klik tambah produk baru

• Dari sini nanti kamu harus upload foto produk, maksimal 9 gambar.

• Kemudian kamu juga bisa menambahkan video produk supaya konsumen lebih mengetahui secara jelas produk yang kamu jual.

• Kemudian selesai upload foto produk, tulis juga nama produk. (panjang nama produk jangan terlalu singkat dan jangan terlalu panjang).

• Selanjutnya mengisi deskripsi produk. Isilah deskripsi produk selengkap lengkapnya agar pembeli tahu dengan jelas tentang produk tersebut.

• Setelah mengisi deskripsi, pilih kategori produk yang kamu upload. Misalnya saja, produk tersebut adalah gamis, sehingga memilih kategori: fashion muslim – drees muslim – gamis.

• Selanjutnya mengisi merek produk yang di upload. (disini tersedia banyak merk yang bisa kamu pilih. Jika tidak ada, kamu bisa menuliskan merk sendiri di kolom paling bawah pilihan).

• Langkah selanjutnya memilih asal produk yang dijual. (Ada 2 pilihan yakni impor dan lokal, pilih salah satu).

• Tulis juga bahan produk yang dijual. (jika tidak ada pilihan bahan produk kamu, bisa menulis sendiri di kolom terbawah).

• Selanjutnya pilih style produk. Jika produk yang kamu jual ber style syari, kamu bisa memilih syari.

• Nah, di kolom bawahnya lagi ada kolom harga. Isi harga produkmu disini.

• Dibawahnya lagi ada kolom stok. Klik stok produkmu sesuai yang ada.

• Dikolom berikutnya ada variasi. Isi variasi produk dengan baik. Misalnya saja warna produkmu ada hitam, putih dan pink. Jika tidak ada pilihan, bisa klik ubah untuk merubah variasi yang diinginkan. Lalu klik pada warna yang sudah ditulis dan upload gambar produk lagi. Dibawahnya ada variasi lagi, misalnya ukuran. Ada pilihan variasi kedua yaitu ukuran. Tersedia ukuran yang bisa dipilih, misalnya S, M, L, XL. Klik ukuran tersebut maka akan muncul pengaturan harga. Dalam pengaturan harga, dan juga stok, bisa diisi dengan cara edit secara masal untuk mempercepat upload. Jika semua sudah benar, klik simpan.

• Pada kolom selanjutnya klik ongkos kirim. Disini isi berat produk kamu. Misalnya 800 gram. Jangan lupa pilih ekspedisi apa yang mau di pakai di tokomu. Misalnya j&t, JNE, Sicepat, atau pos Indonesia. lalu klik simpan.

• Berikutnya memilih pre order jika produk kamu membutuhkan waktu lebih dari 2 hari untuk pengemasannya. Jangan lupa tulis waktu yang kamu butuhkan maksimal pre order 15 hari. Jika tidak, kamu tidak perlu ketik pre order.

Nah, sampai disini proses aplud foto produk sudah selesai. Kamu bisa meng upload banyak produk di tokomu sesuai keinginan. Jangan lupa pilih kualitas foto terbaik supaya banyak yang tertarik dan membeli produkmu.

3. Membuat Diskon di Shopee

Rasanya tidak lengkap jika kita tidak membuat diskon sebagai cara jualan di shopee untuk pemula. Karena salah satu hal yang membuat konsumen tertarik adalah diskon. Cara membuat diskon produk di shopee juga sangat mudah. Kamu hanya perlu klik: saya > klik toko saya di pojok kiri atas > lalu klik promosi saya > dan klik promo toko > klik buat promo diskon baru.

Pada menu ini kamu harus mengisi beberapa hal seperti: nama promo > isi waktu promo dimulai > tentukan juga berakhirnya waktu promo > masukkan besarnya diskon dalam persen > masukkan juga batas pembelian minimal > lalu klik pada gambar tambah produk > jika produk sudah dipilih tekan ya > terakhir klik simpan.

Selamat kamu sudah berhasil membuat diskon di shepee. Dengan diskon ini, pasti banyak konsumen yang akan melirik produk yang kamu jual. 

4. Memanfaatkan Iklan Shopee Berbayar

Cara jualan di shopee untuk pemula memang tidaklah mudah. Karena kamu harus memikirkan strategi jitu agar banyak konsumen dan juga banyak follower. Salah satu caranya dengan memanfaatkan fitur iklan shopee berbayar. Cara ini sangat efektif untuk para pemula. Apalagi belum memiliki banyak follower di akun jualannya. 

jualan di shopee

Cara beriklan di shopee ialah dengan langkah: klik saya > klik toko saya > lalu klik iklan shopee > klik top up (jika kamu belum punya saldo iklan) > selanjutnya klik buat iklan baru > pilih kategori yang di inginkan (iklan kata kunci atau iklan produk serupa) > lalu pilih produk yang ingin di iklankan > simpan dan tentukan budget yang ingin di pakai untuk iklan. 

Untuk pemula bisa mengisi saldo iklan dengan nominal yang rendah dulu. Setelah tahu cara kerjanya, baru bisa mengiklan dengan nominal yang besar. 

Setelah kamu berhasil menjadi seller di shopee, kamu bisa manfaatkan sejumlah aplikasi untuk promosi barang atau produk kamum,, coba klik artikelnya di bawah ini.

baca juga:

1. aplikasi promosi online

2. jenis media promosi

Iklan shopee memang bekerja cukup bagus. Karena produkmu akan tampil di halaman paling depan dan teratas pada pencarian sesuai dengan iklan yang kamu pilih. 

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang cara jualan di shopee untuk pemula. Berjualan online membutuhkan ketlatenan dan juga kesabaran yang tinggi. Jadi, jika kamu memutuskan untuk berjualan online, siapkan mentalmu dan jangan pernah putus asa. Semoga bermanfaat.

Penulis: Irma


Related Posts