taupasar.com

we read, we create and we share it.

Contoh Kalimat Menawarkan Produk dan Tips Rinci Pembuatannya

Contoh Kalimat Menawarkan Produk dan Tips Rinci Pembuatannya

Kemampuan menawarkan produk merupakan skill dasar yang wajib dikuasai oleh seorang pedagang, baik online ataupun tidak. Namun ada perbedaan diantara keduanya, yaitu pedagang online harus lebih agresif dan kreatif mengiklankan produk mereka secara online, dalam jangkauan pasar yang tentunya lebih luas dan beragam kalangan.

kalimat menawarkan produk

Pada dasarnya, kita dapat membagi teknis membuat iklan produk menjadi tiga tahapan, yakni sebelum membuat promosi, membuat kalimat promosi, dan tindak lanjut dari kalimat promosi tersebut. Masing-masing step harus dijalani secara maksimal dan tuntas agar nantinya bisa menghasilkan iklan promosi yang efektif dan mencapai tujuan, yakni mendapatkan peningkatan jumlah pembelian.

Tak perlu terlalu panjang, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tiap-tiap step secara rinci dan runtut  beserta contoh kalimat menawarkan produk. Berikut penjelasannya:

Tips Sebelum Membuat Kalimat Promosi

Sebelum mulai menyusun kalimat promosi, ada beberapa step yang harus Anda penuhi terlebih dahulu terkait materi isi iklan tersebut nantinya. Tujuan langkah pra ini tidak lain adalah untuk menciptakan kalimat promosi yang berbobot, efektif, dan tepat sasaran bagi konsumen yang membacanya.

1. Melakukan riset pasar

Ketahui bagaimana minat pasar saat ini dan dimana posisi produk Anda sedang berada. Misalkan saja saat ini orang sedang gencar memiliki hobi mendaki gunung dan kebetulan Anda adalah seorang penjual aneka tas, maka Anda sangat bisa mengaitkan minat mayoritas pasar dengan produk Anda. Caranya dengan mulai menampilkan koleksi tas gunung lebih sering daripada jenis tas lain.

Riset pasar juga meliputi pendalaman terhadap konsumen potensial Anda. Ketahui identitas konsumen yang paling membutuhkan produk Anda, misalkan gamis bagi ibu menyusui, maka penjual bisa membuat kalimat promosi dengan pembawaan yang sesuai dengan para ibu-ibu.

2. Menentukan media promosi

Menentukan media promosi terlebih dahulu juga sangat penting, misalnya apakah Anda akan promosi secara online saja, offline saja, atau dua-duanya. Jika menggunakan media digital, platform apa saja yang akan dipakai, Instagram, Facebook, Website, Whatsapp, Line, salah satu atau semuanya.

Media sosial saat ini memang berperan penting dalam proses jual beli modern. Cara mengakses media sosial yang sangat mudah membuat banyak orang berbondong-bondong berbelanja melalui media sosial. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk tidak melewatkan metode promosi yang satu ini. 

3. Menentukan keunggulan produk

Pernahkan Anda mengamati produk Anda untuk mengetahui apa keistimewaan produk tersebut? Tidak dapat dipungkiri, rahasia kesuksesan penjualan sebuah produk adalah sebab keunikan yang mereka miliki. Apa perbedaan produk yang Anda jual dengan produk serupa yang dijual oleh orang lain.

Aspek ini nantinya akan menjadi bahan baku promosi Anda. Jadi, promosi tidak hanya sekedar ajakan untuk membeli atau menawarkan harga murah saja, melainkan juga penjelasan mengenai kelebihan dan keunikan tersebut. Dengan promosi berkualitas, penjual dapat merangkul para konsumen yang berkualitas pula.

Tips Membuat Kalimat Promosi

Membuat kalimat promosi sesungguhnya gampang-gampang susah. Gampang jika sudah mengetahui ilmunya dan susah jika belum terbiasa. Oleh karenanya, berikut tips membuat kalimat promosi yang baik:

1. Menampilkan masalah dan solusi

Jadikan produk Anda sebagai solusi meskipun produk Anda bukan obat-obatan. Caranya, dalami apa masalah yang biasa dialami oleh konsumen ketika mereka berbelanja online atau ketika memakai produk serupa dengan yang Anda pakai secara umum.

Dari sana, Anda dapat menekankan kepada konsumen bahwa masalah tersebut tidak akan terjadi ketika mereka membeli kepada Anda. langkah selanjutnya, baru jabarkan alasannya seperti karena produk Anda lebih bla bla bla.  

2. Menonjolkan keunggulan produk

Secara psikologis, setiap orang tidak tertarik untuk memperhatikan apapun kecuali sesuatu tersebut dapat menguntungkan bagi mereka. Asas ini juga berlaku bagi setiap orang ketika membaca kalimat promosi, Jika kalimat tersebut bisa mempengaruhi diri mereka, otomatis mereka akan mengambil tindak lanjut.

melakukan promosi yang baik, juga harus disertai dengan pilihan aplikasi yang tepat. kamu bisa menggunaakn sejumlah pilihan aplikasi di bawah ini. atau menambah pengetahuan dengan membaca contoh kata-kata promosi lainnya.

baca juga:

1. aplikasi promosi online gratis

2. kata kata promosi makanan di sosmed

Dengan begitu, cara promosi yang paling efektif adalah dengan menjabarkan keunggulan produk. Apa keuntungan yang bisa didapatkan oleh konsumen? Apa kelebihan produk Anda dibandingkan produk serupa di tempat lain? 

3. Membuat promo atau potongan harga

Tips membuat contoh kalimat menawarkan produk online selanjutnya adalah dengan membuat promo atau potongan harga. Rasanya, cara meningkatkan penjualan dengan metode yang satu ini memang sangat efektif dan disukai oleh konsumen, selama produk tersebut memiliki kualitas sama baiknya dengan produk pada harga normal.

Membuat promo, secara fungsional memiliki dua manfaat sekaligus, pertama untuk menarik perhatian para calon konsumen baru dan kedua, memanjakan para konsumen lama / pelanggan untuk menikmati produk Anda lebih murah. Dengan keuntungan ini, sangat mungkin para pelanggan akan semakin loyal kepada Anda.

4. Alasan mengapa konsumen harus membeli

Setelah berhasil menarik perhatian konsumen kepada produk Anda, sebagai penjual juga perlu meyakinkan mereka untuk membelinya. Bahkan upayakan agar mereka secepatnya melakukan pembelian agar sesegera mungkin bisa merasakan manfaatnya.

Namun jangan sampai upaya Anda ini berkesan memaksa atau menekan pembeli. Berikan alasan logis mengapa produk ini sangat patut dimiliki, misalnya agar segera merasakan manfaatnya, karena stock cepat habis, karena pemesanan selanjutnya masih bulan depan, atau lain sebagainya. 

5. Menyertakan kalimat persuasif

Jangan lupa menyelipkan kalimat persuasive atau ajakan kepada konsumen untuk membeli produk Anda. jika ajakan di poin sebelumnya bersifat tidak langsung, kalimat persuasif bersifat sangat terang-terangan untuk mengajak konsumen melakukan pembelian.

Beberapa contoh kalimat persuasif diantaranya, yuk, segera, silahkan, dan lain sejenisnya. Elemen ini biasanya terletak di bagian akhir kalimat promosi, menjadi bagian yang tidak boleh terlewatkan.  

6. Membuat kalimat yang padat makna

Kalimat promosi yang pendek belum tentu efektif, kalimat promosi panjang juga belum tentu tidak efektif. Faktor penentunya adalah isi dari iklan tersebut. Iklan promosi yang nampak panjang namun dapat menampilkan seluruh bagian produk dengan baik dan jelas akan efektif.

Sebaliknya, kalimat pendek namun tidak memberikan informasi apapun kepada pembeli hanya akan membuat membuang waktu dan kesempatan. Oleh karena itu, menentukan panjang dan pendek sebuah iklan tergantung kepada kebutuhan. Jika produk Anda adalah barang yang membutuhkan penjelasan spesifikasi mendetail, maka iklan panjang tidak masalah.

7. Membuat judul iklan yang menarik

Aspek terakhir dan biasanya paling sering terabaikan adalah membuat judul iklan yang menarik.  Judul adalah bagian paling atas dari iklan dan umumnya menjadi bagian pertama yang akan dibaca oleh konsumen. Membuat judul iklan sebaik mungkin akan berpengaruh besar terhadap peluang iklan Anda dibaca sampai habis.

Contoh-Contoh Kalimat Menawarkan Produk

Setelah mendalami beberapa cara membuat kalimat penawaran iklan, berikut beberapa contoh kalimat menawarkan produk yang ideal sesuai pemaparan diatas:

1. Contoh kalimat menawarkan produk makanan

Bingung nih, kerabat mau datang tapi belum tau masak apa? Inginnya delivery tapi pasti mahal, rasanya pun belum tentu enak. Kan malu kalau sampai rasa masakannya kurang memuaskan. Anda pernah mengalami dilema seperti ini?

Warteg online @inimakanan cocok jadi solusi permasalahanmu. Kini, tidak perlu repot lagi masak banyak kalau kerabat mau datang. Hanya dengan pesan di @inimakanan, Anda bisa memesan menu apa saja yang diinginkan. Masalah harga dan rasa tak perlu ditanya lagi, kami juaranya.

Cara pemesanan di @inimakanan gampang sekali. Hubungi admin melalui direct massage di akun @inimakanan.official atau hubungi via whatsapp 085xxxx. Minimal pemesanan 24 jam ya bund, kalau kurang dari jangka waktu tersebut akan disesuaikan.

Solusi makan-makan menyenangkan, ya @inimakanan.

Cilot ini dibuat tanpa menggunakan penyedap makanan dan pengawet makanan. Aman dikonsumsi oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Tersedia dalam berbagai varian rasa, yakni cilot sayur, ikan, ayam, dan abon.

Kini, makan cilot setiap hari tak perlu khawatir. Dijamin aman dan menyehatkan.

· PROMO! Buy 1 get 1. Khusus tanggal 10 Februari -12 Februari 2021. Pembelian ayam geprek dapat dilakukan secara langsung atau pemesanan. Kuota terbatas, bisa berakhir lebih awal. Segera pesan, sebelum kehabisan.

2. Contoh kalimat menawarkan produk baju

PERHATIAN, TUNIK VIRAL MAU LEWAT. Tunik xx yang trendy dengan  kualitas bahan terbaik sudah tersedia di berbagai wilayah Indonesia. Para konsumen tercinta semua, sudah bisa melakukan pemesanan dari kota masing-masing.

Tunik xx merupakan hasil karya desainer Muslimah terkenal di Indonesia. Desain yang elegan dan kalem dapat memancarkan aura pemakainya menjadi lebih berwibawa dan berkarisma tinggi. Didukung dengan bahan kualitas terbaik, akan memberikan Anda kenyamanan semaksimal mungkin.

Tunggu apalagi, yuk segera pesan.

Tips Setelah Menyusun Kalimat Promosi

Setelah proses membuat iklan promosi selesai, kini saatnya melakukan tindak lanjut akhir untuk memposting atau memasang kalimat promosi tersebut di tempat yang tepat.  

1. Menyertakan gambar produk yang menarik

Jika Anda akan memasang kalimat promosi, jangan lupa menyertakan gambar produk Anda yang menarik. Strategi ini berlaku untuk promosi dimana saja, baik itu media sosial maupun secara langsung melalui banner dan pamflet. Media visual merupakan supporting yang sangat bermanfaat untuk melengkapi tampilan kalimat iklan.  

2. Mendesain media iklan semenarik mungkin

Jika Anda ingin memasang banner atau pamflet, gunakan desain yang menarik dan sesuai. Desain promosi memang harus menarik dan menonjol, namun bukan berarti tidak menyesuaikan dengan isi promosi. Jika Anda merasa belum terlalu memahami teori ini, Anda bisa memesan desain ke beberapa orang yang lebih berpengalaman.

3. Mencari tempat strategis untuk pemasaran

Cara mendapatkan banyak perhatian dari iklan bukanlah dengan menempel iklan sebanyak mungkin, tapi meletakkan iklan tersebut di tempat seramai mungkin. Aspek inilah yang harus Anda pastikan, bahwa keberadaan iklan memberikan pengaruh sangat besar.

4. Memposting iklan pada jam efektif

Jika Anda ingin memposting produk dan kalimat promosi pada tengah malam, berapa kira-kira jumlah pengguna yang bisa melihat iklan Anda? coba bandingkan jika Anda memposting produk ketika jam istirahat kerja, kira-kira jumlah view manakah yang lebih banyak? Perhatikan segala hal kecil yang berkaitan dengan bisnis Anda.

5. Melayani konsumen dengan maksimal

Setelah memposting iklan promosi, jangan sampai Anda langsung menghilang. Selalu andaikan bahwa setelah memposting produk, saat itulah para konsumen akan menghubungi Anda. dengan begitu, bisnis Anda akan memiliki citra yang baik dalam hal kecepatan pelayanan.

Demikian tips lengkap seputar contoh kalimat menawarkan produk yang wajib Anda coba praktekkan. Semoga bermanfaat.

Penulis: Hanifah Saifuddin


Related Posts