taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah 8 Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online Paling Ampuh

Inilah 8 Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online Paling Ampuh

8 cara memasarkan produk ke luar negeri secara online – Di jaman modern ini, kamu akan menemukan strategi pemasaran terbaru yang dilakukan melalui internet. Dalam hal ini, kamu bisa memasarkan produk dengan menggunakan media sosial yang akan membuatmu semakin mudah dalam menjangkau banyak konsumen, bahkan sampai konsumen asing.

cara memasrkan produk

Banyak orang yang memiliki bisnis di bidang apapun selalu memasarkan produknya melalui online. Selain praktis dan mudah digunakan, memasarkan produk secara online bisa membuatmu lebih mendapatkan banyak omzet besar, ketimbang memasarkan produk melalui online.

Selain bisa memasarkan produk ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia, kamu bisa memasarkan produk bahkan sampai ke luar negeri dengan bantuan media online, lho. 

Ini merupakan terobosan terbaru dalam dunia pemasaran yang mana kamu tidak perlu pergi ke luar negeri langsung. Cukup masuk ke pasar internasional dan kamu akan mendapatkan banyak konsumen asing yang tertarik dengan produk kamu.

Apabila kamu mulai tertarik dengan pemasaran produk ke luar negeri secara online, maka kamu bisa menggunakan cara-cara ini yang terbukti ampuh membuat produkmu laris di pasaran.

Ketahui Cara Memasarkan Produk ke Luar Negeri Secara Online Untuk Kamu Lakukan


Untuk kamu yang bekerja di bidang pemasaran, kamu bisa mencoba beberapa cara ini untuk memasarkan produk ke luar negeri menggunakan media online dengan tepat.

1. Buatlah Situs atau Website resmi yang Sesuai dengan Produk dan Target Pasar

Situs atau website sangat tepat kamu miliki untuk memasarkan produk agar bisa sampai ke luar negeri. Jadi, kamu tidak hanya memasarkan melalui marketplace, tapi langsung dari website yang mana lebih memiliki informasi lengkap dan terpercaya bagi para konsumen.

Dalam website ini, kamu bisa memberikan informasi seputar siapa pemilik produk dan perusahaannya, ada sebanyak apa produksi yang dilakukan dalam sehari, kualitas serta mutu barang yang dimiliki, hingga berbagai informasi pendukung lainnya.

Dalam hal ini, website bisa disebut sebagai katalog produk yang diciptakan oleh beberapa eksportir untuk disebarkan kepada para pembeli di berbagai negara asing. 

Menariknya, saat kamu menyimpan produk di website, kamu bisa memperbaharui informasinya dengan mudah, tatkala ada pembaharuan atau informasi terbaru, misalnya tersedia diskon potongan harga dan cashback yang akan membuat pembeli lebih tertarik untuk membeli.

Selain digunakan sebagai pemasaran produk ke luar negeri secara online, nyatanya website juga digunakan untuk berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Itulah kenapa dalam website itu, kamu perlu mencantumkan nomor telepon serta email yang bisa dihubungi.

Jangan lupa untuk menyesuaikan tampilan website dengan target pasar yang kamu miliki. Apabila targetmu adalah orang Amerika, maka gunakanlah tampilan website yang kreatif dan mampu menarik perhatian orang-orang sana. Namun, apabila targetmu adalah orang Eropa, kamu bisa menggunakan tampilan yang simpel dan klasik karena mereka lebih tertarik dengan tampilan seperti itu.

2. Gunakan Pedoman SEO Friendly Agar Website Kamu Bisa Masuk Page One Google

Memasarkan produk ke luar negeri secara online memang membutuhkan cara yang bisa membuat webiste-mu selalu ada di tampilan halaman pertama atau page one. Tentu saja, ketika sudah masuk kesana, orang-orang akan lebih sering klik website milikmu dan melihat katalog produk yang dijual.

Untuk bisa sampai ke halaman pertama Google tidak semudah yang kamu pikirkan, lho. Kamu harus bisa menguasai SEO Friendly yang digunakan oleh para blogger untuk membuat website mereka selalu tampil di halaman pertama Google.

Sejumlah artikel di bawah ini juga bisa menjadi referensi bagi kamu, yang memang tengah menjalani bisnis atau hendak memulai bisnis.

baca juga:



Apabila kamu belum paham tentang ini, silakan hubungi jasa SEO yang terpercaya untuk membuat konten-konten SEO Friendly, sehingga website kamu bisa up dan berada pada tampilan pertama mesin pencarian. Dengan begitu, maka produk yang kamu pasarkan pun akan lebih terkenal di luar negeri karena banyaknya orang yang mengakses serta melihat websitemu ini.

3. Mampu Menguasai Kata Kunci Serta Keyword yang Tepat Sasaran

Tidak hanya menggunakan SEO friendly saja, untuk memasarkan produk agar sampai ke luar negeri harus bisa menguasai keyword atau kata kunci agar produk yang kamu jual bisa masuk di halaman pertama Google. Sebagai contoh, kamu adalah penjual pakaian dan menggunakan keyword pakaian sebagai kata kunci di mesin pencarian.

Pastikan bahwa dengan keyword itu, tokomu bisa langsung terdeteksi dan berada di halaman mesin pencarian saat itu. Tetapi, tentu saja kamu harus mengetahui dan menyesuaikan dengan keyword yang sering digunakan para calon pembeli, sehingga websitemu bisa dikenal dan dikunjungi banyak orang.

4. Lakukan Promosi Secara Online dengan Rutin Setiap Hari

Meskipun pembeli akan datang dengan sendirinya ke website yang sudah kamu buat, tetapi sebuah bisnis tetap harus melakukan promosi dengan rutin untuk mendapatkan pembeli yang berkualitas.

Ada beberapa cara promosi agar bisa menemukan pembeli berkualitas, baik di dalam maupun luar negeri, yaitu sebagai berikut.

1. Cara melakukan promosi online pertama adalah kamu bisa masuk ke himpunan atau marketplace internasional agar bisa bertemu dengan para pembeli di berbagai negara. Walaupun persaingan yang akan ditemukan begitu ketat, tetapi kamu tetap bisa menemukan pembeli yang cocok, apabila produk yang kamu jual memiliki kualitas tinggi dan terbaik dibandingkan produk lainnya.

2. Cara kedua untuk melakukan promosi produk ke luar negeri secara online bisa kamu lakukan dengan bergabung bersama social networking dunia. Disini, kamu akan mudah bertemu dengan orang-orang yang membutuhkan produkmu serta membelinya langsung dengan serius.

3. Selain kedua cara di atas, faktanya kamu bisa menggunakan layanan Google Adwords sebagai ajang promosi berguna dengan menggunakan keyword spesifik. Jadi, pembeli akan dengan mudah menemukan websitemu serta menemukan produk yang cocok sesuai kebutuhannya.

5. Kamu Harus Mampu Memahami Konsep Perdagangan di Luar Negeri

Setiap negara memiliki sistem atau konsep perdagangannya masing-masing. Saat kamu ingin memasarkan produk ke luar negeri, pastikan untuk mempelajari terlebih dahulu terkait konsep perdagangan yang dimiliki oleh negara targetmu.

Misalnya, dalam hal pengiriman barang serta pembayaran agar tidak terkena penipuan atau hal sejenisnya. Cara ini mesti dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum kamu masuk ke pasar luar negeri. Sehingga, kamu tidak mengalami kesulitan saat mengirim barang dan tidak mengalami kerugian oleh para pembeli yang nakal.

6. Selain Google Adwords, Kamu Bisa Menggunakan Facebook Ads Sebagai Ajang Promosi

Perlu kamu ketahui bahwa Facebook merupakan aplikasi media sosial yang sudah mendunia, sehingga memiliki banyak sekali pengguna di berbagai negara. Apabila kamu ingin memasarkan produk ke luar negeri dengan praktis, kamu bisa menggunakan Facebook Ads yang nantinya akan ditampilkan dalam bentuk iklan di masing-masing akun pengguna Facebook. 

Dengan begitu, mereka akan melihat iklan tersebut dan jika tertarik akan langsung klik order barang yang Anda jual.

7. Gunakan Email Marketing untuk Pemasaran Produk

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk adalah dengan menyertakan alamat email marketing yang membuat pelanggan lebih percaya dan nyaman berbelanja di tokomu. Email marketing memang dipandang sangat efisien dan bisa memberikan informasi menarik kepada para pelanggan.

8. Lakukan Kerjasama Dengan Perusahaan Asing

Saat kamu sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan asing yang ada di negara targetmu, maka kamu bisa dengan mudah meluncurkan produk dan memiliki banyak sekali pembeli. Itulah kenapa kerjaasama dengan perusahaan terkenal sangat penting dilakukan untuk mendapatkan banyak sekali konsumen yang membutuhkan produkmu.

Itulah informasi menarik seputar cara memasarkan produk ke luar negeri secara online yang bisa kamu ketahui.

Selamat mencoba!

Penulis: Yuliawanti Dewi
Related Posts