taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Tanya Lowongan Pekerjaan Lewat WA, 90% Diterima

Cara Tanya Lowongan Pekerjaan Lewat WA, 90% Diterima


Di masa pandemi Covid-19 seperti ini,  banyak orang harus kehilangan pekerjaan mereka karena banyaknya kebijakan pengurangan karyawan di banyak perusahaan. Namun begitu, kita tidak boleh menyerah dan pasrah saja. Kebutuhan hidup harus tetap dipenuhi dengan mencari pekerjaan baru.

cara tanya lowongan kerja
Sayangnya, banyak orang mengeluh tidak lekas diterima kerja meskipun sebelumnya, mereka sudah cukup berpengalaman dalam bidang tersebut. Setelah diusut, ternyata permasalahan tersebut terletak pada sikap pelamar kerja tersebut ketika menghubungi perusahaan yang dituju melalui whatsapp. 

Masih belum banyak orang yang menyadari bahwa komunikasi pertama dengan HRD sangat berpengaruh kepada penilaian perusahaan terhadap Anda.
   

Pentingnya Sopan Dalam Menanyakan Lowongan


Masih belum yakin? Cara berkomukasi pertama Anda dengan perusahaan sesungguhnya menunjukkan banyak hal. Jika Anda mengirim pesan seperti menghubungi teman tongkrongan, tentu saja perusahaan tersebut akan berpikir satu juta kali untuk menerima Anda. Ingat, selain kemampuan dan pengalaman, attitude seseorang juga menjadi pertimbangan yang penting.

Berikut beberapa fakta komunikasi pertama seseorang ketika bertanya lowongan pekerjaan ke sebuah perusahaan:

1. Menunjukkan profesionalitas Anda

Seorang pekerja professional akan menempatkan perusahaan tempat mereka bekerja sebagai prioritas yang harus dihormati. Mereka tidak akan sembarangan dalam mengetik setiap kata dalam pesan yang dikirim kepada perusahaan. Semakin rapi pengucapan, semakin menunjukkan betapa pentingnya perusahaan tersebut bagi Anda.

Profesionalitas adalah aspek yang selalu dicari oleh sebuah perusahaan. Oleh karena itu, jika sebelumnya Anda belum pernah mengirim pertanyaan lowongan pekerjaan kepada perusahaan, cari informasi dahulu bagaimana cara mengirim pesan yang baik. Salah satu media yang membahas seputar topik ini adalah website. 
 
2. Menjadi pertimbangan HRD

Bagaimana gaya komunikasi menjadi salah satu aspek pertimbangan HRD meskipun seringkali aspek ini tidak dicantumkan dalam pamflet lowongan kerja atau oleh HRD itu sendiri. salah satu alasan mengapa menjadi pertimbangan adalah, jika nanti Anda diterima di perusahaan tersebut maka Anda akan berkomunikasi setiap saat dengan karyawan yang lain.

bagi yang tengah mencari pekerjaan bisa simak sejumlah artikel berikut ini.

baca juga:



Jika komunikasi yang terjalin baik, maka kinerja akan menjadi baik. Namun jika komunikasi seseorang nampak kurang sesuai dengan kultur perusahaan tersebut atau kurang menunjukkan penghargaan terhadap perusahaan, maka sosialisasi akan menjadi lebih sulit dan menghambat kinerja keseluruhan.

3. Menunjukkan kesungguhan minat Anda 
 
Cara bicara Anda, meskipun melalui pesan menunjukkan seberapa besar minat Anda untuk bergabung kepada perusahaan tersebut. Misalnya saja Anda membalas pesan hanya dengan satu atau dua kata, maka hal itu akan mengesankan bahwa Anda kurang berminat bergabung dengan perusahaan tersebut.

Namun tidak berarti bahwa ketika Anda membalas dengan panjang lebar akan menunjukkan bahwa Anda memiliki minat yang besar. Membalas pesan terlalu panjang hingga keluar dari pertanyaan, akan membuat HRD tidak nyaman dan justru kebingungan memahami ucapan Anda. Cukup jawab sesuai dengan pertanyaan yang disampaikan atau lontarkan pertanyaan Anda dengan to the-point.


Cara Bertanya Lowongan Lewat WA


Pembahasan ini sangat penting bagi Anda pejuang pekerjaan. Jika Anda masih merasa galau karena tidak juga diterima bekerja, maka beberapa tips bertanya lowongan kerja ini bisa mulai Anda terapkan. Siapa tau sebab Anda selama ini belum diterima adalah karena gaya berkomunikasi yang kurang sesuai.
Berikut ulasannya:

1. Mengirim pesan saat jam kerja

Perhatikan jam mengirim pesan. Jangan sampai mengirim pesan seingat Anda, tak peduli itu tengah malam atau sebelum shubuh. Usahakan mengirim pesan Whatsapp ketika sedang jam kerja, umumnya pukul 08.00-11.00 dan pukul 13.30-16.00. Selain itu merupakan jam istirahat dan jam tidak aktif bekerja,

Meskipun aspek ini seringkali dianggap sepele, memperhatikan jam mengirim pesan berkaitan dengan tata krama Anda. Selain pada jam kerja, HRD tidak bertanggung jawab terhadap pelamar kerja. Selain itu, mengirim pesan pada jam kerja juga meningkatkan peluang pesan Anda dibalas lebih cepat karena perusahaan sedang posisi aktif.
  
2. Gunakan kalimat formal

Tak peduli perusahaan atau bukan, besar atau kecil, gunakan bahasa formal untuk menanyakan lowongan pekerjaan. Bahasa formal menunjukkan penghormatan serta kesungguhan Anda untuk melamar pekerjaan. Lengkapi bahasa formal tersebut dengan diksi yang efektif dan kalimat tidak berbelit-belit.

Berikut contoh kalimat melamar pekerjaan:

‘selamat siang

Melalui pesan ini saya ingin bertanya perihal lowongan pekerjaan di PT. Taupasar yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini, yaitu Content Writer.

Berikut biodata singkat saya:

Nama: …

Alamat:….

Pendidikan: …..

Saya memohon, sekiranya Bapak/Ibu menjelaskan lebih detail mengenai jobdesk posisi tersebut, persyaratan untuk melamar, serta kriteria pendaftar yang diinginkan. Demikian pertanyaan saya, atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.’

3. Ucapkan salam terlebih dahulu

Jangan lupa mengucapkan salam terlebih dahulu di awal pesan. Misalnya Anda mengirim pesan pada pagi hari, maka awali pesan dengan ucapan ‘selamat pagi’. Sesuaikan dengan waktu Anda mengirim pesan.

Usahakan untuk mengucapkan salam yang umum bagi semua agama, seperti selamat pagi, selamat siang, selamat sore. Kecuali jika perusahaan yang Anda tanya memang menjurus kepada sistem agama tertentu, misalnya bank Syariah, atau lain sejenisnya. Jika demikian, lebih baik Anda menggunakan salam berdasarkan agama tersebut.

4. Jangan bertele-tele

Sangat hindari mengirim pesan secara bertele-tele. Hal seperti ini sangat sering terjadi. Biasanya seseorang yang sedang mencitrakan dirinya baik cenderung ingin menunjukkan lebih banyak hal dibandingkan yang ingin diketahui oleh penanya. Selain itu, beberapa alasan seperti bingung dan grogi sering menjadi sebab seorang calon pelamar kerja menulis terlalu bertele-tele.

Setiap selesai mengetik, coba cek kembali pesan Anda. Pastikan bahwa kalimat Anda sudah to the-point dan tidak berbelit-belit.

5. Jangan menyingkat kalimat

Hindari menyingkat kalimat yang berlebihan. Bahkan lebih baik menghindari sama sekali menyingkat kalimat karena akan mengurangi kesan formal yang sedang Anda bangun. Tidak masalah pesan Anda menjadi nampak panjang, asalkan kalimat-kalimat tersebut padat makna dan tidak bertele-tele.

6. Ucapkan terimakasih

Di akhir pesan ucapkan kalimat terimakasih. Kalimat ini menunjukkan betapa Anda sangat menghargai waktu yang sudah mereka berikan untuk membaca dan membalas pesan Anda. Ucapan terimakasih pada akhir kalimat juga menjadi tips formal wajib untuk menyempurnakan pesan yang sedang Anda kirimkan.

7. Usahakan untuk stay dan fast respon

Setelah Anda mengirim pesan, usahakan jangan langsung meninggalkan handphone dalam waktu lama. Ini adalah sebuah kesempatan penting dalam hidup Anda karena menyangkut pekerjaan, jadi usahakan untuk fast respon dalam menanggapi balasan HRD.

Berkaitan dengan poin penilaian minat, menanggapi pesan dengan cepat juga menunjukkan bahwa Anda memiliki minat yang besar terhadap pekerjaan tersebut.

8. Pasang poto profil yang formal atau pantas

Aspek ini sering dilalaikan, padahal sangat penting. Jika Anda masih suka memasang poto profil yang terlalu ekspresif dan cenderung kurang sopan, jangan lupa mengganti terlebih dahulu dengan foto yang formal dan pantas. Tidak perlu se-formal foto KTP, tapi setidaknya menggunakan ekspresi wajah yang ramah dan tidak berlebihan.

Demikian ulasan cara tanya lowongan pekerjaan lewat WA yang akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Jangan lupa share informasi ini jika sekiranya bermanfaat untuk Anda.

Penulis: Hanifah Saifuddin

Related Posts