Solikhah

CEO Taupasar.

Alternatif Karir Bagi Profesional yang Pernah Menggeluti Dunia Salesmanhip



Menjadi seorng salesman memang dunia yang sangat menantang dan dinamis. Mulai dari teknik sales, peronal behavior hingga media penjualan begitu cepat berubah terutama dengan masuknya era digital. Kemampuan seorang salesman pun dituntut untuk bisa adaptif dengan zaman. 


alternatif sales karir : pixabay.com

 Ditengah persaingan yang ketat untuk karir sales tidak jarang keahlian dan pengalaman yang dimiliki saat menjadi sales membuat seseorang memilih alternatif karir mereka sendiri. Biasanya tidak jauh dari dunia marketing juga. Berikut taupasar.com memberikan informasi alternatif karir bagi kita yang akan mencoba hal baru selain menjadi seorang salesman beserta simple case study nya;

1. Corporate Sales Consultant


corporet sales consultant : pixabay.com

Latar belakang kerja di bidang sales mempermudah Glauciene Bentes menempuh transisi karir sebagai corporate sales consultant. Bentes, yang seorang mantan sales di bidang telekomunikasi IBM, adalah satu-satunya orang di dalam timnya yang memiliki pengalaman kerja di bidang sales. Tugas utama untuk karir ini adalah membuat set-plan binis sebuah perusahaan terutama menyanut area Visi, Misi dan Strategi. Jadi tidak terbatas hanya lingkup marketing dan sales tapi sudah masuk area korporasi.

2. Sales Career Coach


sales career choach : pixabay

Tugas utama profesi ini adalah mebuat metode, sistem dan struktur organisasi dalam bidang sales. Bukan suatu hal yang susah jika Anda telah membangun reputasi sebagai seorang sales top dan menginginkan tantangan lain, mungkin Anda bisa menjadi sales career coach. Mike Faber meninggalkan perusahaan lamanya setelah bekerja 22 tahun untuk membangun Aloha Leadership, sebuah perusahaan penyedia jasa pelatihan kepemimpinan dan konsultasi karir. Faber menyatakan bahwa pengalaman kerja sebagai sales sangat membantu kesuksesan bisnisnya dan mempermudah memberi solusi bagi kliennya. 

3. Bilingual Sales Representative

Sebenarnya, menjadi seorang bilingual sales representative masih mengharuskan Anda untuk bicara pada calon klien potensial lewat telepon dan menemui klien baru untuk meyakinkan mereka membeli apapun yang Anda jual, namun bedanya Anda akan melakukan hal ini dalam bahasa asing. Bilingual sales representative sangat dibutuhkan di negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Jadi, jika Anda fasih berbahasa Spanyol, Perancis, Mandarin, atau bahkan bahasa Indonesia (dan harus fasih bahasa Inggris pula pastinya), Anda mungkin mendapatkan kesempatan bergaji tinggi sebagai bilingual sales representative.

4. Sales Trainer


sales trainer : pixabay.com

Profesi ini adalah yang paling sering menjadi alternatif profesi bagi "mantan" sales. Sudah menjadi sebuah keharusan seorang sales trainer memiliki jam terbang sebagai sales yang tinggi mengingat sales itu perpaduan antara knowladge dan experiences

Thomas Erb berpindah profesi dari business development dan account sales untuk membentuk perusahaan konsultasi dan pelatihan sales, Tallann Resources. Erb menyatakan bahwa koneksi yang didapatkannya selama bertahun-tahun kerja menjadi sales sangat membantu perkembangan perusahaan dan karir barunya sebagai pelatih di bidang sales. Jadi jika Anda berpikir bahwa mengajar adalah passion Anda, mungkin profesi ini bisa dipilih.