taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Promosi Diri Sendiri 300 Karakter di Jobstreet dan Lainnya

Tips dan Contoh Promosi Diri Sendiri Untuk Lamaran Kerja di Jobstreet atau Platform Lainnya

Ketika melamar pekerjaan melalui platform pencari kerja seperti Jobstreet, kamu dituntut untuk mengisi kolom promosi diri untuk lamaran kerja, dan jangan sampai kamu asal mengisinya.

Promosi diri dalam 300 karakter

Kolom promosi diri biasanya dibatasi maksimal 300 karakter saja, dengan 300 karakter itu kamu harus mampu membuat kalimat promosi yang menarik, agar perusahaan yang kamu tuju tertarik dengan kamu untuk menjadi bagian di perusahaan mereka.

Dengan maksiml 300 kata dan harus menarik, membuat kalimat promosi diri untuk lamaran kerja menjadi susah susah gampang, maka itu aku mau membagikan tips dan contoh promosi diri sendiri untuk lamaran kerja di situs pencari kerja seeprti jobstreet atau lainnya.

1. Kamu harus tahu skillmu


Sebelum kamu melamar pekerjaan,kamu harus tahu dulu skill yang kamu miliki, baru carilah lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill yang kamu miliki.

2. Buatlah CV yang menarik


Sebelum melamar kerja, pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat CV semenarik mungkin. Karena CV biasanya menjadi salah satu syarat dalam melamar kerja, CV ini nantinya harus dimasukkan kedalam lamaranmu.

Pastikan CV kamu memuat data yang lengkap, salah satunya muat akun media sosial kamu kedalam CV kamu. Karena biasanya perusahaan selalu menanyakan akun media sosial kamu, untuk melakukan seleksi perusahaan akan stalking akun media sosial milik kamu.

Maka itu kamu harus memperhatikan hal-hal dibawah ini menyangkut media sosial kamu.

a. Pilihlah media sosial yang sesuai

Pilihlah akun media sosial yang sesuai skill kamu untuk dimasukan kedalam CV kamu, misalnya kamu lebih suka pada fhotografi maka pilihlah akun  Instagram untuk dimasukkan kedalam CV kamu, namun jika kamu lebih suka menulis maka masukkan akun blog atau wattpadmu.

b. Muat profil akun media sosial kamu dengan lengkap

Muat profil akun media sosial kamu dengan lengkap, dan ubahlah foto profilmu secara berkala, agar perusahaan percaya bahwa akun tersebut masih aktif dan benar-benar milik kamu.

c. Follow/ ikuti dan posting sesuatu yang positif


Dalam proses seleksi perusahaan biasanya menstalking akun media sosial calon karyawan mereka, maka itu kamu harus pastikan bahwa akun media sosial kamu mengikuti akun-akun yang positif, dan memposting sesuatu yang positif.

3. Tidak perlu perkenalan, buatlah kalimat yang to the point

Dalam membuat kalimat promosi diri sendiri buatlah kalimat to the point, tidak perlu perkenalan, karena identitas kamu sudah ada didalam CV yang kamu kirim, perusahaan akan langsung melihat identitas kamu di CV yang kamu kirim.

4. Gunakan kalimat yang baik dan benar


Tips selanjutnya adalah gunakan kalimat yang baik dan benar, perhatikan penggunaan kata dan tanda baca, pastikan tulisan kalimat promosi diri yang kamu tulis sesuai dengan PUEBI dan EYD.

Karena yang diseleksi pertama oleh perusahaan biasanya adalah tulisan promosi kamu, jadi pastikan tulisan promosi kamu menggunakan kata yang baik dan benar.

5. Gunakan kaalimat formal


Dalam tulisan promosi diri yang kamu buat, pastikan kamu mengunakan bahasa yang formal, ini hal yang tidak boleh kamu lupakan.

6. Usahakan menggunakan kalimat yang jarang dipakai oleh banyak orang

Gunakanlah kalimat yang jarang atau belum pernah dipakai oleh orang lain, ini akan menjadi nilai tambah buat kamu, bahwa kamu termasuk orang yang kreatif.

7. Tulislah kalimat yang sesuai dengan lamaranmu

Setelah kamu mengetahui skillmu, dan menemukan lowongan kerja yang sesuai, tulislah skill yang kamu miliki yang sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan.

8. Siapkan portofolio


Yang selanjutnya mengenai tips dan contoh promosi diri sendiri untuk lamaran kerja kamu jangan lupa untuk membuat portofolio semenarik munkin

9. Simpan CV dan Portofolio ke dalam file awan

Setelah kamu membuat CV dan portofolio, kamu simpan file teresbut kedalam penyimpanan awan, misalnya ke drive.

10. Perpendek link file dan masukkan ke dalam tulisan promosimu

Karena dalam kalimat promosi diri untuk lamaran kerja dibatasi hanya 300 karakter saja, maka ada baiknya kamu perpendek link tersebut, agar menghemat karakter yang digunakan. Jangan lupa masukkan link CV dan protofolio yang sudah diperpendek itu dimasukkan kedalam tulisan promosi diri kamu.

Contoh kalimat promosi diri dalam 300 karakter di jobstreet

Seorang yang pekerja keras, pantang menyerah, bertanggung jawab dan mau belajar hal-hal baru serta mampu menguasainya dengan cepat.

Memiliki pengalaman dibidang marketing selama 2 tahun, sudah tahu seluk beluk dunia maarketing. Menguasai Google ads, Facebook ads, Youtube ads, dan Tiktok ads

Lebih lengkap mengenai saya bisa dilihat:

CV bisa dilihat disini: https://drive.cv.com

Portofolio bisa dilihat disni: https://drive.portofolio.com

Itu tadi 10 tips mebuat kalimat promosi diri sendiri, disertai contoh promosi diri sendiri untuk lamaran kerja, untuk kamu yang sedang mencari kerja terus semangat dan gunakan tips-tips diatas, semoga diterima lamarannya.

Penulis Aziizah Nafeesa

Related Posts