taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menambah Followers Tokopedia Organik, Aman dan Efektif

Cara Menambah Followers Tokopedia Organik, Aman dan Efektif


Masing-masing seller online tentu memiliki prioritas strategi mereka masing-masing. Terlepas dari jenis marketplace apa yang digunakan, tujuan mereka sama yakni mengembangkan usaha menjadi lebih luas dan meningkatkan laba. Ada yang fokus pada cara menambah followers Tokopedia, menata feed bagus, banting harga termurah, dan lain sebagainya. 
 
menambah followers tokopedia

Memasuki tahun 2021, Tokopedia merilis terdapat sekitar 5 juta seller di marketplace tersebut. Jika Anda juga salah satu seller, tentu persaingan untuk merebut perhatian pembeli demi menjadi followers adalah persaingan yang berat. Oleh karenanya, butuh strategi-strategi unik dan anti-mainstrem untuk mewujudkan ribuan followers dalam waktu yang cepat. 
 

Mengapa Memiliki Banyak Followers Penting?


Pertanyaan ini mungkin masih mengundang banyak kegelisahan, terutama bagi para seller Tokopedia pemula yang mempunyai followers terbatas. Masih banyak orang beranggapan bahwa followers besar hanya menyumbang eksistensi bagi  akun toko saja, padahal selain itu, dampaknya juga besar bagi promosi dan penjualan. Berikut ulasannya:

1. Menunjukkan kredibilitas toko

Disadari ataupun tidak, jumlah followers merupakan gambaran dari kredibilitas sebuah toko dalam melayani pembeli. Secara logika, semakin pembeli puas, mereka cenderung akan follow toko Anda karena berencana menjadikan toko tersebut sebagai rujukan untuk membeli barang serupa.

Tidak dapat dipungkiri, setiap calon pembeli selalu mempertimbangkan jumlah followers toko ketika mereka akan mengunjungi sebuah toko online pertama kali. Oleh karenanya, jangan anggap aspek ini enteng dan menjadi nomor sekian. Jadikan jumlah followers sebagai agenda utama pengembangan toko Anda.

2. Peluang besar untuk menjadi prioritas

Secara sistemik, Tokopedia akan merekomendasikan hasil pencarian toko berdasarkan banyak followers dan impresi toko tersebut. Ini mirip sekali dengan ketika Anda mencari sebuah keyword di mesin pencarian Google, artikel yang paling banyak dikunjungi akan berada di urutan paling atas.

Sistem ini menguntungkan pula bagi pembeli. Mereka tidak perlu terlalu kesulitan lagi untuk mengoreksi masing-masing toko karena Tokopedia sudah merekomendasikan toko dengan impresi terbaik. Jadi semakin banyak followers, peluang mendapatkan impresi lebih besar. Jika sudah demikian, peluang menjadi prioritas pencarian akan terpampang di depan mata.  

3. Membuat pembeli tidak ragu untuk membeli jumlah banyak

Pembeli membeli barang dengan kebutuhan berbeda-beda. Membeli untuk dipakai sendiri, diberikan kepada orang lain, dijual kembali, membeli dalam satuan ataupun lusinan. Semakin besar kuantitas barang yang akan dibeli, semakin besar resiko yang diambil pembeli. Maka semakin selektif pula mereka dalam memilih akun toko di Tokopedia.

Poin ini masih berkaitan dengan aspek kredibilitas tadi. Orang mungkin mudah untuk coba-coba membeli barang pada toko online biasa, namun untuk pembelian banyak mereka akan mencari testimoni, eksistensi, dan rating dari toko tersebut.

4. Meningkatkan followers di media sosial

Followers toko Anda akan mempunyai kecenderungan yang lebih besar untuk mengikuti akun media sosial toko Anda. Terutama jika Anda loyal kepada mereka, mereka juga akan loyal kepada Anda. Jumlah followers di akun media sosial menentukan pengalaman dan profesionalitas toko Anda.  

5. Mengefektifkan promosi produk

Promosi produk di marketplace atau media sosial akan efektif ketika jangkauan promosi tersebut luas. Lebar jangkauan sedikit banyak juga dipengaruhi oleh jumlah akun yang sudah mengikuti Anda serta ikut berpartisipasi dalam promo tersebut, misalnya dengan membeli atau membagikan informasi promo toko Anda.

Tips Menambah Followers Tokopedia yang Cepat dan Organik


Saat ini, terdapat sebuah teknologi boot yang dapat menambah ribuan followers dalam waktu beberapa jam saja. Namun cara ini tidak efektif karena followers tersebut hanya berisi akun-akun buatan yang tidak real dan tidak akan melakukan pembelian. Justru cara ini akan merugikan Anda karena merusak sistem algoritma sistemik. Akibatnya, sangat mungkin toko Anda akan dibanned oleh pihak Tokopedia.

Lalu bagaimana cara menambah followers Tokopedia secara cepat namun organik?

1. Lakukan verifikasi toko di aplikasi Tokopedia

Langkah pertama, pastikan toko Anda sudah melakukan verifikasi ke aplikasi Tokopedia. Untuk melakukan verifikasi, penjual harus menyerahkan scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto selfie. Setelah verifikasi, dapat dikatakan kini akun toko Anda aman dan resmi di aplikasi Tokopedia.

Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan verifikasi ialah, tingkat keamanan toko lebih tinggi, mendapatkan skor toko lebih tinggi sehingga berpeluang berada di urutan pencarian teratas. Jika sudah demikian, pembeli akan yakin bahwa toko Anda kredibel.

2. Fokuskan pemasaran pada keunggulan produk

Banyak jenis strategi pemasaran yang orang gunakan untuk mempromosikan produk mereka. Setiap bentuk promosi memiliki impact masing-masing bagi pembeli. Misalnya strategi menjual barang dengan harga murah, maka pembelinya adalah mereka yang menginginkan harga murah.

Jika fokus pemasaran Anda adalah keunggulan produk Anda, konsumen Anda adalah mereka yang menomor-satukan kualitas. Dengan demikian, meskipun bukan harga termurah, namun fokus penawaran Anda adalah pada kualitasnya.

3. Ajak setiap konsumen untuk follow

Ajakan ini bisa bersifat personal, misalkan kepada pembeli yang memesan produk kepada Anda. Tidak ada salahnya untuk meminta mereka memfollow akun  Anda. bisa juga membuat strategi promo bagi followers pertama (bukan pembelian pertama).

4. Sesekali mudahkan konsumen mengakses produk Anda

Jika promo potongan harga sudah biasa dan mungkin sudah Anda lakukan, pada kesempatan lain, berilah kesempatan bagi pembeli untuk lebih mudah mengakses atau mendapatkan produk Anda. Misalkan dengan cara gratis memberikan ongkos kirim (ongkir).  
 
5. Aktifkan fasilitas-fasilitas promo di aplikasi Tokopedia

Sebagai marketplace yang sangat populer dan memiliki jutaan seller, Tokopedia memiliki banyak fitur-fitur menarik bagi para seller. Misalnya fitur diskon puluhan persen, gratis ongkos kirim, cashback, dan lain-lain. Manfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut sebaik mungkin untuk menarik lebih banyak orang memfollow akun jualan Anda.

6. Buat pelanggan mempromosikan produk Anda

Ini sepenuhnya memerlukan kreatifitas dari seller untuk para customer. Untuk membuat customer ikut mempromosikan produk, Anda bisa memintanya secara langsung ataupun secara tidak langsung.

Sejumlah informasi tambahan di bawah ini juga bisa dijadikan tambahan informasi.

Baca juga: 




Demikian beberapa cara menambah followers Tokopedia yang aman dan tentunya tidak curang. Semoga bermanfaat dan bisa membuat usaha penjualan Anda menjadi meningkat dan menghasilkan keuntungan lebih besar. Jangan pernah berhenti berinovasi dengan cara-cara yang kreatif dan unik.

Penulis: Hanifah Saifuddin 

Related Posts