taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Promosi di Lazada Beserta Panduan Lengkapnya

Cara Promosi di Lazada Beserta Panduan Lengkapnya


Sudah menjadi rahasia umum bahwa cara promosi di Lazada yang optimal merupakan kunci kesuksesan para seller yang sedang membangun toko online mereka di platform marketplace tersebut. Sebagai marketplace peringkat pertama di Asia Tenggara, aplikasi penjualan ini tidak perlu diragukan lagi kecanggihan serta optimalisasi sistemnya. 
cara mudah promosi d lazada
Pertanyaannya, apakah kita sudah bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut sebaik mungkin?

Mengenal Fitur-Fitur Promosi di Lazada 


Dengan jangkauan pasar yang sangat luas di Asia Tenggara, secara otomatis persaingan antar penjual juga tidak main-main. Karenanya, setiap seller harus pintar dalam mengaplikasikan cara promosi di Lazada. Jangan sampai Anda melewatkan satupun fasilitas promosi yang sudah disediakan oleh aplikasi kepada penjual.

Saat ini, Lazada menyediakan 5 jenis fasilitas promosi bagi para seller. Satu diantaranya gratis dan empat lainnya berbayar. Apa sajakah fasilitas tersebut? Berikut uraiannya:

1. Gratis Ongkir / Free Shipping

Baik penjual maupun pembeli di marketplace tentu sudah tidak asing dengan promo yang satu ini. Barangkali, promo yang satu ini adalah yang paling banyak dinanti oleh para pembeli. Tidak jarang mereka memutuskan membeli produk yang sebelumnya tidak mereka minati karena produk tersebut sedang free ongkir.

Kesempatan ini perlu Anda manfaatkan sebagai  cara jualan di Lazada agar cepat laku. Dalam promo ini, penjual mengambil beban untuk membayar ongkos kirim yang biasanya dibebankan kepada pembeli. 

Meskipun nampaknya tak menguntungkan Anda, cara ini optimal sekali untuk menaikkan jumlah pembeli dan followers. Lazada mengklaim bahwa promo ini terbukti mampu meningkatkan jumlah pesanan hingga 4 kali lipat.

Cara mengaktifkan promo gratis ongkir adalah sebagai berikut:
  • Kunjungi halaman ‘seller center Lazada’
  • Pilih menu ‘promosi’ kemudian klik opsi ‘free shipping
  • Pilih ‘promosi baru’.
  • Setelah itu penjual diminta untuk mengisi beberapa data seperti jumlah anggaran promosi Anda, masa berlaku promosi, tipe promo, ketentuan minimal pembelian, hingga daerah mana saja yang bisa mengakses promo ini.
  • Isi kolom ‘jumlah subsidi ongkir’. Sesuaikan dengan target promosi dan anggaran promosi Anda.
  • Isi kolom ‘anggaran untuk subsidi’ tersebut
  • Klik submit. Kini pengajuan promosi Anda sedang dalam proses persetujuan.
2. Seller Voucher

Pada promo ini, pembeli akan mendapatkan voucher dari penjual ketika mereka membeli produk yang sudah ditentukan. Dalam jumlah tertentu, voucher ini dapat ditukarkan menjadi bonus, seperti potongan harga atau produk tertentu. Seller voucher dapat memotivasi pembeli mengumpulkan voucher dengan berlangganan.

Selain menguntungkan untuk para pembeli, promo voucher juga sangat menguntungkan bagi seller.  Promo ini dapat mendatangkan pelanggan, menjadi cara meningkatkan followers di Lazada, memotivasi konsumen untuk membeli    barang dalam jumlah besar, serta tentu saja meningkatkan keuntungan penjualan.

Cara mendaftar promo seller voucher bagi para seller adalah sebagai berikut:
  • Akses halaman ‘Lazada Seller Center
  • Pilih menu ‘promosi’ kemudian klik opsi ‘voucher seller’
  • Pilih ‘promosi baru’.
  • Isi ketentuan-ketentuan yang diperlukan dalam borang yang sudah tersedia. Pertanyaan ini seputar jenis voucher yang Anda aktifkan, masa berlaku, total voucher, letak tampilan diskon, dan lain sebagainya.
  • Jika sudah klik tombol submit.
  • Kini diskon Anda sudah berlaku.
3. Afiliasi Sponsor Berbayar

Sistem promosi satu ini mirip dengan endorsment. Bedanya, Anda memanfaatkan mitra-mitra Lazada untuk mempromosikan produk Anda. Para mitra ini bukan saja berasal dari aplikasi-aplikasi lain seperti shopeepay atau iPrice atau TrueMoney, melainkan juga content creator, pemilik channel populer, dll.

Dalam promo afiliasi sponsor, pihak Lazada sepenuhnya akan bertanggung jawab terhadap kerjasama antara penjual dengan pihak mitra. Termasuk terkait presentase pembayaran oleh seller. Sebagai tambahan informasi, pembayaran langsung diambil dari bagian keuntungan atas penjualan hasil promosi tersebut.

Pada setiap kategori produk, biaya promosi bisa berbeda-beda. Misal antara produk fashion dengan produk elektronik memiliki besaran pembayaran berbeda. Informasi lebih lanjut terkait hal ini bisa dipelajari lebih lanjut di ketentuan-ketentuan yang tertera di laman promosi aplikasi.

Adapun cara mendaftar promo ini adalah sebagai berikut:
  • Akses laman ‘Lazada Seller Center’
  • Pilih menu ‘promosi’ kemudian klik opsi ‘afiliasi bersponsor’
  • Isi ketentuan-ketentuan yang diperlukan dalam borang yang sudah tersedia..
  • Setelah selesai, klik submit
4. Pencarian Bersponsor

Cara meningkatkan penjualan di Lazada satu ini memungkinkan Anda membuat iklan di halaman saran produk atau halaman pencarian. Dengan demikian, produk Anda akan muncul di halaman muka setiap konsumen yang membuka aplikasi Lazada.

Cara pendaftaran iklan satu ini kurang lebih sama dengan prosedur pendaftaran iklan-iklan sebelumnya.

5. Promosi Produk Unggulan

Dari kelima fitur promosi yang tersedia di Lazada, promosi produk unggulan ini menjadi satu-satunya media dimana seller tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Melalui fitur promosi satu ini, Anda dapat
  • Menampilan produk yang sedang promo di penawaran paling atas
  • Mempromosikan produk terlaris
  • Mempromosikan produk dengan skor tertinggi
  • Produk yang sedang campaign atau produk unggulan lainnya.
Meskipun promosi ini tidak dipungut biaya, Lazada mengajukan beberapa persyaratan bagi seller untuk dapat mengaktifkan fitur promosi yang satu ini. Kriteria tersebut yaitu:
  • Toko sudah mendapatkan rating yang positif minimal 70 persen
  • Seluruh produk sudah pernah tayang
  • Respon penjual terbukti baik, minimal mendapat rating 85 persen
  • Toko sudah mengaplikasikan custom interior
Sejumlah pilihan artikel berikut ini juga tepat untuk dijadikan tambahan informasi

Baca juga:





Demikian penjelasan mengenai cara promosi di Lazada. Dengan berbagai fasilitas promosi dan penjualan tersebut, tentu seller sangat terbantu untuk memperkenalkan produk mereka kepada para calon konsumen yang membutuhkan. Selamat mencoba.
 

Related Posts