taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Promosi di Shopee dan Panduan Lengkap (Untuk Pemula)

Cara Promosi di Shopee dan Panduan Lengkap (Untuk Pemula)


Cara promosi di shopee seringkali menjadi pertanyaan mutlak bagi para seller pemula. Sebagai sebuah marketplace, Shopee sudah didesain sebagai platform yang memfasilitasi pertemuan antara penjual dan pembeli. Shopee bertanggung jawab terhadap kenyamanan dan kesuksesan kedua belah pihak tersebut dalam membeli atau menjual barang.
promosi di shopee

Memanfaatkan Fitur Promosi Shopee Se-optimal Mungkin


Rugi sekali rasanya apabila seller tidak memanfaatkan cara promosi di shopee melalui fitur bawaan. Promo-promo ini didesain khusus oleh pihak shopee untuk memfasilitasi penjual menawarkan barang mereka. Beberapa layanan promosi ini memang bersifat berbayar, namun ada juga yang gratis.

Pada kesempatan kali ini, Kita akan membahas teknik-teknik promosi di shopee. Langsung saja, berikut penjelasannya:

1. Iklan Sundul (gratis)

Fitur pertama ini merupakan cara promosi di shopee gratis dan tanpa persyaratan toko tertentu. Artinya, setiap seller dapat mengaktifkan iklan ini selama mereka sudah mempunyai postingan produk. Promo ini bernama Sundul karena bekerja meningkatkan letak produk di bagian paling atas dan strategis selama 4 jam.

Setelah waktu 4 jam berakhir, seller harus memperbarui kembali. Iklan Sundul sangat berguna ketika Anda ingin memperkenalkan produk baru, memunculkan produk yang sedang promo atau campaign, produk best seller, produk dengan rating tertinggi, atau produk dengan keunggulan tertentu.

Untuk mengaktifkan fitur ini, mudah caranya:
  • Buka aplikasi Shopee kemudian masuk ke halaman profil saya
  • Klik produk yang ingin Anda munculkan
  • Pada bagian bawah tengah gambar akan muncul titik tiga. Tekan titik tiga tersebut.
  • Pilih opsi naikkan yang berada di pilihan paling bawah
  • Jika titik tiga tersebut sudah berubah menjadi stopwacht yang menghitung mundur dari 4 jam. Maka iklan Anda sudah mulai berjalan.
  • Kini, produk sundul Anda sudah berada di bagian paling atas pencarian di kolom kategori

2. Promo Toko

Bagi para penjual yang ingin memanjakan para pelanggan, meningkatkan penjualan, hingga menarik lebih banyak followers ke toko, Anda dapat memanfaatkan fitur promo toko untuk memberikan potongan harga, diskon, maupun cashback kepada para konsumen.

Dalam fitur ini, sepenuhnya penjual mengatur sendiri seberapa besar potongan harga hingga ketentuan-ketentuan pemberlakuan promo tersebut. Ketentuan promo diatur dalam menu setting ketika penjual meregistrasi event promo tersebut di dalam aplikasi.

Berikut cara mengatur promo toko:
  • Buka aplikasi shopee kemudian masuk ke halaman shopee seller center
  • Silahkan mengisi form login menggunakan username dan pasword Anda
  • Pilih fitur promosiku kemudian klik pilihan promo diskon baru yang terletak di bagian kanan atas.    
  • Selanjutnya Anda akan dihadapkan kepada form pengisian ketentuan promo. Pertanyaan-pertanyaan dalam form ini meliputi nominal harga diskon produk, dan masa berlaku promo. Pastikan mengisi form dengan teliti, karena promo tidak dapat diperpanjang (hanya bisa diperpendek).
  • Kemudian Anda diminta untuk menentukan produk mana saja yang akan diskon.
  • Setelah selesai, klik tombol konfirmasi
  • Shopee memberikan ketentuan batas pembelanjaan. Maksudnya, penjual bisa menentukan persyaratan minimal perbelanjaan bagi pembeli untuk mendapatkan diskon tersebut.
  • Setelah memastikan seluruh ketentuan sudah ter-upload dengan baik, silahkan klik tombol selesai. Kini, promo Anda sudah berlaku.
3. Promo Shopee

Sebagaimana namanya, cara iklan di shopee yang satu ini secara langsung melibatkan pihak Shopee untuk mempromosikan toko Anda kepada konsumen-konsumen potensial. Berbeda dengan promo Toko dimana penjual mengatur sendiri promo produk mereka, di Promo Shopee penjual harus mengajukan diri agar terpilih.

Tidak diketahui bagaimana tips dan trik untuk bisa lolos seleksi ini, karena  sepenuhnya pihak Shopee sendiri yang menentukan. Adapun prosedur untuk mengajukan promo shopee adalah sebagai berikut:
  • Pilih promo apa yang ingin Anda ikuti di event promo shopee. Umumnya pihak shopee menyediakan beberapa pilihan untuk seller
  • Klik produk mana saja yang ingin Anda ikutkan dalam promo tersebut.
  • Cantumkan penawaran harga yang Anda berikan kemudian klik ajukan
  • Kini, tugas Anda hanyalah menunggu pengajuan promo tersebut disetujui atau belum oleh pihak shopee. Jangan lupa untuk mengecek kembali pengajuan Anda ketika pendaftaran promo sudah berakhir. Barangkali produk Anda terpilih.
4. Voucher Tokoku

Selain menggunakan diskon dan cashback, cara iklan di shopee agar laris yang wajib Anda coba selanjutnya adalah fitur voucher. Promo ini bekerja dengan cara memberikan pembeli voucher atas pembelian produk tertentu. Setelah voucher tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, maka dapat ditukarkan hadiah menarik.

Promo voucher ini bukan hanya sangat menguntungkan bagi pembeli, namun juga penjual. Voucher seringkali memotivasi konsumen untuk membeli barang dalam jumlah besar dan menjadi langganan di toko Anda untuk mengumpulkan kupon.

Cara mendaftar promo voucher Tokoku adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke halaman shopee seller center
  • Klik menu promosiku kemudian pilih voucher tokoku
  • Pilih menu buat voucher baru
  • Atur ketentuan-ketentuan dari promo voucher
  • Publish informasi terkait promo voucher toko Anda kepada sebanyak mungkin orang agar mereka berbondong-bondong mengikuti event tersebut.
Baca juga:





Keempat cara promosi di shopee diatas wajib untuk Anda coba untuk mengembangkan toko online Anda agar melahirkan profit yang jauh lebih besar. Bagi pemula, tidak masalah untuk membuat promosi kecil-kecilan terlebih dahulu sebagai ajang belajar dan membiasakan diri dalam memasarkan produk. Semangat selalu dan jangan sampai menyerah.
 

Related Posts