Solikhah

CEO Taupasar.

Membuat Iklan di Facebook dengan Audience Tertarget Serta Cara Menargetkannya

- taupasar.comMembuat Iklan di Facebook dengan Audience Tertarget Serta Cara Menargetkannya

Membuat Iklan yang bedampak positif pada sales itu bukan hal yang mudah. Apalagi placement iklan kita berada di sosial media seperti facebook atau instagram yang mungkin memiliki banyak sekali kompetitor produk sejenis di dalamnya.

Iklan di Facebook dengan Audience Tertarget

Namun hal itu kita bisa memperbesar peluang keberhasilan iklan yang kita buat jika kita kenal siapa sebenarnya target market kita. Maka dari itu ketika kita memutuskan untuk mencoba beriklan khusunya di facebook, memahami siapa audience kita adalah hal yang paling penting apabila kita ingin membuat campaign yang sukses di facebook ads. ⁣

Baca juga : Basic Skill Yang Harus Anda Kuasai Untuk Menjadi Digital Marketer

Faktanya aplikasi facebook hingga saat ini memiliki lebih dari 2 Milyar audience atau lebih sering dikenal dengan pengguna aktif dari seluruh dunia, Itulah mengapa sangat penting menarget audience yang benar - benar tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.⁣ Ingat, dalam menetukan target pasar, kita harus sadar bahwa tidak semua orang bisa jadi konsumen produk kita.

Target audience yang tidak tepat bisa menyebabkan iklan kita "boncos" atau tidak efektif untuk dijalankan. Inilah The power of facebook ads yang sebenarnya. Bisa menemukan audience yang tepat untuk ditagret sesuai market kita dalah intinya.⁣

Ada 3 jenis audience Facebook yang perlu kita ketahui:
  1. Audience yang disediakan langsung dari facebook (Core Audience),⁣
  2. Audience yang datanya berasal dari databse atau iklan yang kita jalankan (Custom Audience),⁣
  3. Audience yang diberikan oleh Facebook berdasarkan Custom Audience yang kita berikan ke facebook (Lookalike Audience).

Iklan di Facebook dengan Audience Tertarget

Untuk seseorang yang sedang menjalankan atau mencoba beriklan di facebook sangat dianjurkan untuk mencoba tipe audience pertama yaitu audience yang langsung dari facebook atau dikenal dengan istilah Core Audience. Hal itu disebabkan karena seseorang atau sebuah bisnis yang hendak beriklan belum tau pasti siapa target utama promosinya sehingga perlu dibantu dengan algoritma facebook. Apa itu Core Audience?

Core Audience adalah audience yang disediakan langsung dari facebook. Bisa jadi itu dari data profil kita ataupun dari interest/behaviour yang kita lakukan selama aktif di facebook.⁣

Sebagai gambaran lebih simple misal kita pertama kali jualan produk lewat sebuah web, kita harus sadar jika website itu masih baru dan pixel nya masih juga fresh. Ibaratnya kita sedang minta tolong ke facebook mencarikan audience yang sekiranya akan tertarik dengan produk atau jasa yang sedang kita tawarkan. ⁣

Iklan di Facebook dengan Audience Tertarget

Baca juga : Cara membuat Content dan Branding untuk Millenials dan Gen - Z

Untuk lebih memeprtajam target audience kita, kita juga bisa melakukan segmentasi iklan. Berikut segmentasi yang bisa digunakan untuk menentukan target audience iklan facebook kita:

1. Location

hal ini sederhana, kita harus menentukan target ke lokasi yang mana yang akan dijangkau. Ruang lingkup  seluruh Indonesia kah atau lebih spesifik lagi? Biasanya kalo kita belum tahu mana kota yang potensial, sangat disarankan untuk mulai dengan Indonesia, setelah itu di breakdown lebih detail untuk melihat kota mana yang dikira paling potensial.

2. Demographics

Demografi terdiri dari umur, gender dan bahasa yang kita gunakan. Biasanya data demografi ini adalah data yang diisi sendiri di profil kita.

3. Interest

Interest lebih kepada audience yang memiliki ketertarikan kepada produk atau jasa yang kita pasarkan. Contohnya saat kita update tentang skincare. Nah facebook akan membaca bahwa kita memiliki kertarikan di skincare.

4. Behaviors

Behaviors ini sifatnya lebih dalam dari interest. Facebook akan memilihkan audience yang terindikasi memiliki perilaku tertentu, misalnya suka travelling, menggunakan gadget mahal, suka belanja online dll.

5. Connection

Di connection kita bisa menarget audience yang menyukai fanpage kita dengan catatan kita punya fanpage. Kita bisa menarget audience yang menyukai fanpage kita atau mengexclude orang yang menyukai fanpage kita tersebut.

Masih ada dua tipe audience yang bisa kita pelajari. Namun alangkah lebih bijak jika satu target berupa Core Audience tadi bisa kita optimalkan. Sekali lagi membuat iklan facebook dengan audience tertarget itu juga perlu pembelajaran intens.

Reference : marketis.id
Editor : Sigit Ardho