taupasar.com

we read, we create and we share it.

Basic Skill Yang Harus Anda Kuasai Untuk Menjadi Digital Marketer

taupasar.com - Bassic Skill Yang Harus Anda Kuasai Untuk Menjadi Digital Marketer
Menjadi marketer digital saat bukan hanya bagaimana membuat konten yang menarik saja. Digital merketer juga tentang bagaimana mengetahui masing-masing. saluran sosial dan digital beroperasi dan berinteraksi satu sama lain dan menciptakan sinergi.

Bassic Skill Yang Harus Anda Kuasai Untuk Menjadi Digital Marketer

Ini menimbulkan pertanyaan. Bagaimana harus posting untuk Facebook, Twitter atau Instagram? Dan apa prioritas untuk Newsletter? 

Bagaimana pemasaran konten saya membantu membangun optimasi mesin pencari saya?

Selanjutnya, apa saja Hard Skill yang harus kita kuasasi untuk menjadi Digital Marketer yang Sukses?

1.) Analisis

Langkah awal yang harus kita laukan adalah analisa data market kita, mulai dari Demography, Geography, interest, behavior dll. Dapat anda peroleh dari Google Analythic State counter dan situs tracking yang lainya. Juga tidak kalah pentingnya mengetahui pengunjung situs kompetitor anda, seperti Alexa Rank, Google Page Rank, Similiar web.

2. Socmed Ads

Anda harus mengetahui berbagai Social media untuk beriklan, diantaranya seperti :

- Facebook Ads

- Youtube Ads 

- Twitter Ads

- Instagram Ads

- BBM Channel

- Linkedin Ads

- Line Ads

Selain itu kita juga harus selalu bisa adaptif terhadap apa yang sedang trend di dunia digital seprti :

- Cara menggunakan analisis alat Facebook "Facebook Insights"

- Menggunakan "Power Editor" dengan baik

- Apa yang bisa dilakukan dengan "lookalike" audiens?

- The granular penargetan "Custome Audiens"

- Apakah penawaran oCPM dan bagaimana melakukannya dengan baik?

- Bagaimana untuk bereksperimen dan menguji iklan kreatif?

3. Email Marketing

Menjangkau orang dengan email yang lebih variatif, kreatif & inovatif. Tentunya anda harus bisa atau mengerti tentang Newsletter atau email pormosi. Biasanya anda harus mengerti tentang HTML & CSS, karena email Newsletter menggunakan keahlian layout sebuah halaman/page dengan menggunakan bahasa pengrograman. Tidak bisa dilupakan bahawa platfrom pengirimanya juga menggunakan beberapa aplikasi seperti : SendEmail, Campaign Monitor, mailChimp dll. Saya sendiri menggunakan software SendEmail.

4. Search Engine Marketing (SEM)

Ada dua bagian untuk persamaan ini.
  1. Mengoptimalkan konten yang kita buat, website, dan blog untuk pencarian diperoleh organik atau SEO.
  2. Membayar untuk klik menggunakan Google AdWords atau SEM.


Membangun otoritas memperoleh peringkat tinggi di search engine membutuhkan waktu dan ada perbaikan cepat. Tapi jangan mengabaikan melakukan hal ini, karena akhirnya mendorong sebagian besar lalu lintas Anda dari waktu ke waktu. Ini akan memakan waktu bertahun-tahun pembuatan konten dan aktivitas taktis konstan.

5. Mengembangkan keterampilan dengan alat-alat teknologi dan platform

Pekerjaan pemasar di masa lalu sering tentang mengelola biro iklan. Tapi sekarang mereka perlu memahami teknologi. Lalu tidak kalah penting adalah cara auto posting ke semua social media dll.

Berikut beberapa alat yang harus para digital marketer ketahui :

- Hootsuite

- TweetDeck

- Canva

- Buffer

- Facebook Insights

- Analisis Twitter

- Analisis Google

6. Sosial Media

Sosial media pemasaran melibatkan banyak bagian yang bergerak. Ini adalah kompleks dan Anda perlu memahami berbagai jaringan sosial dan alat media sosial pemasaran yang memungkinkan Anda untuk memanfaatkan usaha Anda.

7. Konten Marketing

Konten adalah dasar untuk semua pemasaran. Anda perlu gambar, posting blog, Infografis, eBook gratis dan konten-konten lain yang meminat pembaca. 

Ketika dilakukan dengan baik, manfaat pemasaran konten meliputi peningkatan keterlibatan, peningkatan SEO, dan lead dan penjualan.

8. Mobile Marketing

Smartphone adalah alat yang paling lazaim digunakan orang saat ini untuk mengakses dunia digital, sehingga tidak heran jika banyak perusahaan beralih menggunakan metode mobile marketing, mengirim iklan langsung ke smartphone dalam bentuk pesan teks. Mobile Marketing addalah perluasan dari istilah Internet Marketing

 9. Viral Marketing

Viral Marketing adalah strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang. Pemasaran Viral berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak, seperti kerja sebuah virus komputer. Pemasaran Viral memerlukan koneksi jaringan Internet dalam penggunaannya.

Anda harus melihat bagaimana orang-penerbit melakukannya dan menenun beberapa taktik mereka ke dalam kampanye pemasaran Anda.

10. Visual Marketing

Kebanyakan pemasar tahu bahwa Anda bisa mendapatkan peningkatan keterlibatan dan berbagi jika Anda menggunakan visual. Ini dipahami dengan baik di Facebook dan berbagai studi menunjukkan bahwa hingga 100% lebih keterlibatan didorong oleh pos visual yang lebih teks.

Referensi : digiclassid
Editor : Sigit Ardho

Related Posts