Solikhah

CEO Taupasar.

Perbedaan SEO dan SEM Dalam Digital Marketing

taupasar.com - Internet telah merubah cara perusahaan dalam mendesain dan mengimplementasikan keseluruhan strategi bisnis dan pemasaran mereka. Internet juga mempengaruhi program komunikasi pemasaran mereka. Saat ini E-Advertising, atau yang dikenal dengan Electronic Advertising, sudah banyak di terapkan di perusahaan – perusahaan maju. Salah satu strategi handal dari suatu perusahaan maju maupun berkembang dilihat dari srategi pemasaran yang diterapkan, begitu pula dengan strategi pemasaran online. Satu dari banyak strategi periklanan (promosi) yang digunakan saat ini adalah iklan online (online advertising) melalui internet.

SEO (Search Engine Optimization) : pixabay

Industri periklanan online meledak ke mata publik pada tahun 2007. Salah satu keuntungan dari iklan media sosial adalah tepat sasaran pasar melalui penggunaan informasi demografis pengguna disediakan. Kelemahannya adalah mengukur efektivitas iklan media sosial, apakah valid atau tidak jumlah ‘likes’, ‘friend’ atau ‘follower’ bisa dikonversi ke penjualan aktual.

Iklan Search Engine

Pengertian iklan, dimana dalam iklan mengandung enam prinsip dasar yaitu ;
  1. Adanya pesan tertentu
  2. Dilakukan oleh komunikator (sponsor)
  3. Dilakukan dengan cara non personal
  4. Disampaikan untuk khalayak tertentu
  5. Dalam menyampaikan pesan dilakukan dengan cara membayar.
  6. Penyampaian pesan tersebut, mengharapkan dampak tertentu.

Search Engine Marketing

Search engine marketing adalah sebuah bagian dari usaha marketing yang memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di search engine, baik dengan cara SEO (Search Engine Optimization) maupun Paid Search. SEO merupakan usaha yang dilakukan agar website kita dapat mencapai ranking yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian search engine. Jika ranking sebuah website di halaman hasil pencarian search engine lebih tinggi diharapkan traffic website akan meningkat, yang artinya meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi di website kita.

SEO (Search Engine Marketing) : pixabay

Karena sebagian besar klik yang terjadi di search engine, terjadi di halaman pertama. SEO membutuhkan usaha yang konsisten dan merupakan sebuah investasi jangka panjang, sehingga jangan harap hasil yang maksimal dalam jangka waktu sebulan dua bulan. Tapi, ada cara lain untuk muncul di halamn pertama hasil pencarian search engine yaitu paid search (search berbayar).

Baca juga : Basic Skill Yang Harus Anda Kuasai Untuk Menjadi Digital Marketer

Search Engine Marketing sering kali disalahartikan sebagai paid search. Padahal, SEM merupakan bauran antara SEO dan Paid Search. Lebih parahnya lagi jika SEM diasosiasikan dengan Google AdWords yang merupakan platform beriklan dari Google. Perlu dipahami walaupun Google merupakan search engine, tetapi platform beriklan yang dimilikinya memungkinkan advertiser untuk memunculkan iklan di jaringan Google seperti Youtube (yang pasti sudah tidak berkaitan dengan search engine, karena iklan di Youtube akan berupa image atau video).

Hasil gambar untuk perbedaan sem dan seo
Perbedaaan SEM dan SEO dalam Strategi Iklan Onlie : sebodblog

Banyak cara dan teknik yang digunakan untuk mendatangkan pengunjung di website. Salah satu taktik yang cepat dan tepat untuk mendapat pengunjung yang tepat sasaran adalah Search Engine Marketing .

Search Engine Marketing, yang biasa disebut SEM adalah proses memanipulasi mesin pencari Google dengan kata kunci tertentu. Search Engine Marketing mempengaruhi hasil mesin pencari. Search engine marketing menghasilkan arahan yang lebih daripada bentuk lain dari pemasaran langsung, karena iklan pencarian cenderung menghasilkan bunga lebih dari iklan atau banner iklan yang disponsori .

Jadi apa pilihan Anda? Ada dua cara yang berbeda untuk menangani Search Engine di dalam ( Search Engine Optimzation) dan di luar (Search Engine Marketing) . Menurut taupasar.com hampir dua pertiga dari semua pengiklan Search Engine mengklaim bahwa menggunakan Search Engine Marketing lebih efektif dibandingkan bila menggunakan di dalam ( Search Engine Optimazation). Karena algoritma mesin pencari dan persyaratan menjadi lebih kompleks dari waktu ke waktu, bantuan profesional sangat diperlukan untuk pengetahuan dan waktu untuk tetap di berada di peringkat teratas.

Penulis : Sigit Ardho
Editor : Sigit Ardho