Solikhah

CEO Taupasar.

Perbedaan MD (Merchandiser) Dengan SPG Beserta Persamaan Keduanya

Apa Perbedaan dan Persamaan Merchandiser (MD) Dengan SPG?

Perbedaan MD (merchendiser) dengan SPG (Sales Promotion Girl) sering sekali menjadi pertanyaan bagi mereka yang memulai karir di dunia marketing atau sales. Sebenarnya jika telaah dari kata pembentuknya saja sudah ada dua makna yang berbeda, namun memang pada praktiknya sering kali tertukar atau tidak jarang salah fungsi.

spg dan MD
SPG atau MD - Pixels


Merchendiser adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan pengecekan semua produk yang dia handle di area atau toko yang telah ditentukan. Secara lebih spesifik MD memiliki tanggung jawab utama yaitu visibility atau dalam dunia marketing bisa juga disebut keterlihatan.


Ilustrasi mudahnya adalah, saat kita berada dalam toko dan mencari suatu produk minuman, nah MD adalah orang yang memastikan bahwa merek minumannya selalu ada di rak pajang. Tidak hanya itu MD juga memastikan bahwa selain ada, produk itu juga terlihat. Jangan sampai ada di rak namun tertutup merek lain.

SPG atau Sales Promotion Girl adalah seseorang yang ditugaskan suatu perusahaan untuk melakukan direct selling ke pelanggan yang berada dalam suatu toko. Fungsi utama SPG adalah sell out product atau jualan. Parameter utama mereka adalah seberapa banyak produk yang bisa mereka jual.

Perbedaan MD dan SPG


1. Lokasi area kerja dan Jumah Toko

Secara umum MD biasa memiliki area atau jumlah toko yang lebih banyak ketimbang SPG. Alasannya jelas yaitu MD tidak terlalu dibebani untuk bisa jualan langsung sehingga jam kerjanya lebih banyak digunakan untuk kunjungan ke lebih banyak toko

2. Goal atau Sasaran Kerja

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, bahwa sebenarnya antara MD dan SPG memiliki tujuan akhir yang berbeda. MD menitikberatkan pada apa yang disebut visibility (keterlihatan) dan availablelity (ketersediaan), sedangkan SPG berfokus pada berapa banyak produk yang bisa mereka jual di toko yang mereka tempati.

3. Struktur Organisasi

Lebih dalam soal perbedaan MD dan SPG adalah soal struktur dasar mereka bekerja. Pada umumnya untuk produk yang sudah besar atau memiliki jaringan distribusi luas mereka hanya mempunyai MD saja di suatu daerah. SPG sendiri dalam konsep tadi adalah tim dari distributor.

Ada juga mengklasifikasikannya ke dalam hal yang lebih umum. MD atau merchandiser masuk dalam struktur tim markerting sedang SPG masuk tim sales. Ada juga yang memetakan MD adalah bagian dari principle (produsen) sedangkan SPG adalah bagian dari distributor (penjualan).


Persamaan MD dengan SPG


Kesamaan paling dasar adalah mereka memiliki tujuan akhir yang sama yaitu produk bisa sampai ketangan konsumen dengan baik dan memuaskan. Artinya sebenarnya dua fungsi pekerjaan ini saling terkait. Hanya konsentrasi kerjaannya saja yang dibedakan.

Permasaan paling mencolok adalah soal rotasi kerja. Apa maksudnya? Sebenarnya dibanyak produk yang belum menggunakan distributor, MD itu sangat identik dengan SPG mobile atau SPG yang berpindah. Berpindah disini artinya dari satu toko ke toko lain.

Sebaliknya, seorang MD juga bisa menjadi SPG manakala mereka fokus untuk periode tertentu hanya handle satu toko saja. Mau tidak mau, saat konsentrasi dalam satu toko mereka juga akan ikut aktivitas sales atau penjualan langsung.

SPG dan MD adalah suatu yang sangat bisa fleksibel secara jobdesk, dengan catatan perusahaannya masih belum memiliki struktur organisasi yang kompleks. Namun jika sudah mulai fokus memecah area marketing dan sales maka secara tegas dua fungsi tadi harus dibagi.


Penulis : Sigit Ardho
Editor : Sigit Ardho


Related Posts