Solikhah

CEO Taupasar.

Perbedaan Sales dan Markerting | Definisi, Fungsi dan Tujuan

Perbedaan sales dan marketing sering menjadi topik diskusi yang menarik. Tidak sedikit orang yang mempresepsikan bahwa kedua hal itu merupakan aktifitas yang sama. Memang tidak salah jika mengacu pada pendekatan marketing 1.0. Dalam marketing 1.0  sales dan marketing memilki fungsi yang mirip yaitu melakukan closing penjualan. 
perbedaan sales dan marketing : pixabay.com
Dalam perkembangannya, perbedaan definisi sales dan maketing semakin signifikan. Di era sekarang (marketing 4.0) sales memiliki arti sebagai tenaga penjual yang menghasilkan transaksi. Sedang marketing sendiri memili peran lebih luas yaitu sebagai salah satu strategi meciptakan keunggulan bersaing bagi suatu merek atau perusahaan. 

Beberapa perbedaan Sales dan marketing yang bisa kita lihat saat ini diantaranya:

1. Aspek Fungsional

Aspek ini menjelaskan jobdecs utama antara keduanya. Sales memili fungsi utama sebagai “feed income” atau sumber pendapatan bagi perusahaan. Sedang marketing berfungsi untuk mencitakan “competitiv advantage” sebagai upaya suatu merek atau perusahaan mendapatkan target pasar yang dia bidik.

2. Aspek Jangkauan (Ruang Lingkup)

Sales memiliki zona kerja dari mulai melakukan collect data base potensial hingga mengahasilkan closing (transaksi) yang memuaskan pagi customernya. Cakupan marketing sebenarnya lebih luas karena biasanya diawali dengan market survey, menterjemahkannya menjadi suatu produk, mempromisikannya hingga memastikan mendapatkan feedback positif dari customer berupa pembelian hingga review produknya sendiri.

3. Aspek Goal dan Parameter Utama

Goal dan Parameter adalah aspek yang paling sederhana membedakan sales dan marketing.  Sales memiliki orientasi goal berupa volume penjualan. Semakin tinggi penjualannya semakin bagus performa tim sales. Sedang dalam marketing parameter utama aktifitasnya adalah seberapa tinggi brand awareness dan seberapa besar market share yang dimiliki.
perbedaan sales dan marketing : pixabay.com
Supaya teman – teman lebih mudah memahami perbedaan keduanya, taupasar.com akan mengilustrasikan dengan lebih sederhana. Teman – teman coba bayangkan saja minuman yang terkenal misal Aqua, Teh Pucuk Harum, Sprite atau Pocary Sweet. Semua aktifitas berupa iklan, billboard, endorse, atau sponsorsorship itu adalah zona aktifitas marketing. Sedang jika melihat SPG di tempat umum, diskon di toko atau memberikan hadiah dalam kemasan, semua itu masuk area sales activity.