-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Jobdesk Merchandiser : Tugas, Klasifikasi dan Contoh Pekerjaannya

Apa Itu Merchandiser?

Merchandiser adalah orang yang melaksanakan segala tugas yang berkaitan dengan merchandising.
Merchandiser atau yang biasa disingkat dengan MD merupakan sebuah jabatan dimana ia memiliki tanggung jawab terhadap pajangan / display sesuai dengan arti dari kata MD itu sendiri, yaitu pemajang. Apakah MD hanya bertugas sebagai pemajang saja? Dan bagaimana cara kinerja MD? Siapa atasan langsung dari MD?

MD tidak hanya bertugas sebagai pemajang produk saja, namun MD juga memiliki tugas untuk berjualan dan branding outlet di area yang menjadi tanggung jawabnya. Jika stok ditoko habis, maka tidak ada yang bisa dipajang oleh MD tersebut, maka untuk memaksimalkan kinerja dan waktu, MD juga bertugas untuk membawa barang dan menjual ke outlet jika produk di outlet tersebut habis. Lalu, MD juga bertugas untuk melakukan branding, berupa melakukan pemasangan stiker, spanduk, flagchain, skirting, taplak, stiker chiller, dll.

jobdesk dan tugas merchandiser display
Jobdesk Merchandiser - Pixels

Definisi Merchandise dan Merchandising


Merchandise adalah produk-produk yang dijual pada sebuah gerai, toko, tempat usaha, atau swalayan. Merchandise merupakan ujung tombak yang menekankan pada persediaan, harga, kualitas, dan manfaat produk bagi konsumen.

Sedangkan  Merchandising merupakan setiap praktek yang berkontribusi terhadap penjualan produk ke konsumen ritel. Pada tingkat di dalam toko ritel, merchandising mengacu pada berbagai produk yang tersedia untuk dijual dan tampilan produk tersebut sedemikian rupa sehingga menarik minat dan membujuk pelanggan untuk melakukan pembelian.

Dalam pengertian lain Merchandising adalah setiap kegiatan yang berkaitan dengan proses penjualan produk merchandise. Merchandise ialah berbagai macam produk yang dijual pada gerai, toko, tempat usaha, atau swalayan, produk yang akan dijual tersebut ditampilkan sedemikian rupa sehingga mampu menarik minat pengunjung toko untuk membelinya.


Pengertian Merchendiser Display


MD atau Merchandiser Display adalah salah satu bagian dari tim promosi yang bertugas mendisplay atau memajang produk di etalase toko dengan baik dan menarik. MD (Merchandiser) display adalah pihak yang melakukan proses perancangan permintaan barang ke beberapa toko dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan di area toko yang ditentukan

Produk yang tertata rapi di etalase selain enak dipandang juga akan meningkatkan penjualan, jika produk tersebut ditata sedemikian rupa maka akan mudah di jangkau dan ditemukan oleh pembeli. Inilah sebenarnya hal pokok yang melatar belakangi kenapa bagian merchandiser display(MD) itu ada. Paling sering kita lihat profesi ini dapat dilihat pada merchandiser Indomaret atau merchandiser Alfamart.

Seringkali ketika pembeli pergi ke sebuah minimarket untuk membeli suatu produk tertentu tetapi ketika sampai disana, ia melihat pajangan produk lain yang tertata rapi, maka bisa jadi keinginannya akan berubah atau  bertambah untuk membeli produk yang menarik tersebut.

Tugas Merchandiser Display  tidak hanya bertugas di modern market tetapi juga di retail ataupun di pasar-pasar tradisional, kita akan bisa melihat pajangan shampo, deterjen, pelembut pakaian yang tertata rapi. Itulah beberapa contoh hasil kerja Merchandiser Display.

Selain itu tugas Merchandiser Display (MD) lainnya adalah memasang alat promosi produk seperti striker, spanduk, banner dan lain sebagainya sebagai bentuk promosi langsung untuk menunjang promosi produk yang telah dilakukan lewat iklan di TV, radio atau internet.

Tugas dan tanggung jawab seorang Merchandiser (MD)

MD memiliki tugas penting untuk meningkatkan image produk dan demand sehingga dengan melakukan branding, secara tidak langsung akan menimbulkan impulse buying (melalukan transaksi yang tidak direncanakan). Selain itu, dengan melakukan branding, produk kita akan semakin dikenal dan diingat oleh masyarakat. Jadi dapat disimpulkan bahwa seorang MD memiliki peranan penting untuk menjaga Avis (Avaibility & Visibility) produk.

Tugas Merchandiser

  1. Memajang, mendisplay, merapikan dan menata produk
  2. Menjaga kebersihan produk yang dipajang
  3. Menjalankan semua progam promosi perusahaan
  4. Membantu menjaga stok produk dan memperlebar shelving di etalase toko
  5. Membuat hasil laporan yang ditentukan oleh perusahaan
  6. Menjalankan tugas kunjungan ke toko sesuai dengan rencana kerja
  7. Memberikan informasi tentang produk baru

Kualifikasi Merchandiser Display (MD)

  1. Pendidikan minimal yang dibutuhkan adalah tergantung yang diminta oleh Perusahaan,namun umumnya cukup diperlukan minimal pendidikan setara SMU
  2. Memiliki kendaraan roda dua sendiri
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik
  4. Mengetahui dan menguasai area kerja
  5. Rajin, ulet, cekatan, agresif, kreatif dan insiatif
  6. Rapih dalam berpakaian dan berpenampilan
  7. Sebagai bagian dari team promosi pabrik, MD walaupun kerja di distributor tetapi secara hirarki berada dibawah koordinasi  area supervisor Principal (pabrik). sedangkan secara pengajian biasanya dilewatkan agensi yang ditunjuk oleh perusahaan.

Jobdesc Standar Seorang MD (Merchandiser)

1. Greeting / Salam

  1. Mengucapkan salam kepada karyawan toko
  2. Memperkenalkan diri kepada Kepala Toko/Assisten Toko/Karyawan Toko
  3. Menginformasikan kepada pihak toko mengenai Promo yang sedang berjalan
  4. Minta izin untuk melakukan aktivitas kegiatan merchandiser

2. Walk In The Store / Inspeksi Toko

  1. Cek Price Tag
  2. Cek OOS (Out Of Stock)
  3. Cek POB (Point Of Buying)
  4. Cek POSM (Point Of Selling Material)

3. Storage Room Activity / Inspeksi Gudang

  1. Meminta izin/bantuan kepada pihak toko untuk melakukan pemeriksaan Stock di gudang dan mengeluarkannya untuk di Display.
  2. Mengambil stock untuk mengisi stock di dalam toko seperti (Rack Reguler, POB, Secondary Display) dengan catatan seizin dari pihak toko.
  3. Melakukan FEFO (First Expired First Out)

4. Merchandising Activity / Kegiatan

  1. Meakukan pemajangan semua produk di POB
  2. Pastikan Price Tag terpasang pada setiap SKU
  3. Pastikan Promo yang sedang berjalan memiliki POSM nya
  4. Cek semua POB dan pastikan posisinya berada pada posisi Hot Zone dan High Traffic Area
  5. Cek semua produk sesuai dengan Plannogram toko
  6. Pastikan produk mudah dijangkau oleh konsumen
  7. Promo yang sedang berjalan wajib untuk Secondary Display

5. Wrap Up / Review

  1. Mengingatkan kembali pihak toko mengenai program promosi yang sedang berjalan
  2. Memastikan pihak store mengetahui informasi ter update mengenai produk

Merchandiser Toolkits / Peralatan Dasar Merchandiser :

  1. Buletin Promo
  2. Produk Informasi (NPD)
  3. Iternary (Schedule)
  4. MSL (Must Stock List)
  5. Surat Tugas
  6. Absen Stempel Toko
  7. POP (Point Of Price) & POSM (Point Of Selling Material)
  8. Alat Tulis
  9. Seragam & ID Card

Contoh Operasional Pekerjaan Merchandiser (MD)


MD ini berada dibawah atau dipimpin langsung oleh MPS (Merchandiser Promotion Supervisor). MPS akan memberikan wilayah untuk dirawat oleh MD beserta dengan rute kunjungan per harinya, biasanya kunjungan 30 – 40 outlet perharinya. Sebagai Contoh:

MD A dipercayakan untuk merawat wilayah Tangerang Kota 1. Di Tangerang Kota 1 ini terdapat 2 Daerah Tujuan Wisata (DTW A & DTW B), 1 Point Of Interest (Pasar A) dan 3 Main Road (Jalan A, Jalan B & Jalan C). Maka, berikut adalah contoh pengaturan rute kunjungan MD tersebut dalam 1 minggu:
  • Senin: Jalan A (40 toko)
  • Selasa: Off (Libur)
  • Rabu: Pasar A (30 toko)
  • Kamis: Jalan B (38 toko)
  • Jumat: Jalan C (35 toko)
  • Sabtu: DTW 1 (32 toko)
  • Minggu: DTW B (31 toko)

Untuk posisi MD & MPS, wajib masuk dihari libur besar dan minggu ya guys dan liburnya dihari biasa. Khusus dihari minggu, sebelum berangkat ke rute, MD dan MPS wajib berkumpul lebih pagi ditempat Car Free Day untuk melakukan kegiatan Direct Selling, yaitu sekitar Jam 7 kurang ya.
Contoh kegiatan MD dalam kesehariannya:
  • 08.00 – 09.00: Kumpul di distributor& Briefing
  • 09.30 – 10.00: Loading di outlet yang ditunjuk untuk mencairkan stok dioutlet tersebut
  • 10.30-12.00: Tiba diarea dan merapikan avis (Jualan dan branding)
  • 12.00-13.00: Istirahat & Makan Siang
  •  13.00-17.00: merapikan avis (Jualan dan branding), laporan kinerja harian & pulang istirahat
Related Posts