taupasar.com

we read, we create and we share it.

Jangan Lewatkan Inilah Sejumlah Cara Promosi di Tiktok

Jangan Lewatkan Inilah Sejumlah Cara Promosi di Tiktok

Salah satu media sosial yang sedang naik daun dan banyak digunakan saat ini adalah aplikasi Tiktok, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi media sosial untuk berbagi video singkat tersebut dengan banyaknya fitur yang ditawarkan dalam membuat video membuat banyak orang tertarik mencoba aplikasi ini.

promosi di tiktok

Walaupun sebelumnya aplikasi Tiktok sempat diblokir oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika namun dapat kamu lihat Tiktok kini menjadi aplikasi populer dan memiliki pengguna aktif yang sangat tinggi, oleh sebab itu kini banyak pelaku bisnis yang melirik aplikasi tersebut sebagai wadah untuk melakukan promosi bisnis.

Kelebihan dari Aplikasi Tiktok

1. Memiliki Filter Beragam

Begitu banyak filter menarik yang ditawarkan oleh aplikasi Tiktok kepada penggunanya sehingga kamu dapat memilih beragam filter untuk setiap video promosi yang kamu buat.

2. Memiliki Challenge

Berawal dari video challenge mengenai produk kamu, yang kamu bagikan kemungkinan video tersebut bisa menjadi viral jika banyak yang mengikutinya, selain mengenalkan produk kamu juga bisa meningkatkan penjualan produk dari challenge tersebut.

3. Bebas Gunakan Background Musik

Selain filter beragam, hal menarik dari Tiktok adalah background musik, dengan pilihan beragam dan bebas menggunakan background musik video yang kamu hasilkan akan semakin menarik, Tiktok selalu mengupdate list musik di aplikasinya sehingga kamu bisa menggunakan background musik yang sedang viral saat itu.

4. Video Berdurasi Pendek 

Dengan durasi video yang hanya 15 detik ditambah konten video yang menarik pasti akan membuat pengguna aplikasi tersebut betah dan tertarik untuk melihat video promosi yang kamu buat sampai habis dan diharapkan dengan lebih mengenal produk dari video pengguna tersebut tertarik juga untuk membeli.

Setelah melihat kelebihan dari aplikasi Tiktok, mari ketahui cara promosi di Tiktok berikut ini adalah ulasan mengenai cara promosi di Tiktok

Cara Promosi di Tiktok

1. Daftar akun Tiktok Bisnis

Sebelum mulai fokus membuat konten, kamu buat dan persiapkan akun Tiktok kamu terlebih dahulu gunakan akun bisnis yang ada di menu "Kelola Akun Saya" isi data mengenai produk dan perusahaan kamu dengan jelas agar lebih dikenal dan rapi.

Kamu juga bisa menambahkan situs resmi dan informasi kontak yang memiliki respon cepat pada bagian bio agar setiap calon konsumen kamu yang tertarik bisa langsung menghubungi kamu.

2. Pelajari Aplikasi Tiktok

Aplikasi Tiktok adalah aplikasi berbagi video dan kebanyakan penggunanya adalah kaum milenial pahami dan pelajarilah hal tersebut, agar konten kamu dapat lebih cepat diterima oleh mereka kamu bisa ikuti konten apa yang sedang viral disana lalu baurkan dengan konten bisnis kamu.

Jika target kamu adalah kaum milenial menggunakan aplikasi Tiktok untuk mempromosikan produk adalah hal yang sangat tepat.

3. Buat Konten yang Bagus dan Berkualitas

Dengan memanfaatkan fitur beragam pada aplikasi Tiktok video yang kamu hasilkan tentu akan bagus dan menarik, namun bagus saja tidak cukup pesan dan tujuan dari dibuatnya video tersebut juga harus bisa tersampaikan pada calon target kamu, sehingga mereka tahu apa yang sedang kamu tawarkan dan lebih baik lagi tertarik melakukan pembelian.

Jika dilihat kembali konten yang cocok dan dapat kamu coba untuk melakukan promosi bisnis salah satunya konten edukasi, dengan mengedukasi calon pelanggan kamu menggunakan produk yang kamu tawarkan bisa juga dengan konten tutorial mengenai cara penggunaan dan manfaat dari produk kamu.

4. Meluncurkan Hashtag Challenge

Masih ingat dengan challenge yang banyak ditiru dan viral di Tiktok beberapa waktu lalu, walaupun beberapa challenge ada yang sedikit nyeleneh tapi antusias para pengguna Tiktok untuk mencoba challenge tersebut tetap sangat tinggi.

Kamu bisa memulainya dengan buat sebuah konten video lalu tambahkan hastag challenge pada keterangan video tersebut, setelah itu kamu hanya perlu menunggu dan melihat seberapa banyak interaksi yang di dapatkan dari challenge tersebut semakin banyak, semakin bagus untuk pengenalan produk kamu.

5. Gunakan Jasa Influencer

Jika sebelumnya banyak orang menggunakan jasa influencer hanya untuk konten pada Youtube atau Instagram kini sudah banyak bisnis yang menggunakan jasa influencer di aplikasi Tiktok karena kepopuleran Tiktok dan tingginya pengguna aktif Tiktok.

Tentunya akan ada biaya tambahan untuk promosi karena penggunaan jasa influencer tersebut namun selain memperhitungkan biaya jasa kamu juga harus memperhitungkan dalam memilih influencer yang akan kamu gunakan jasanya.

Pilihlah influencer yang sesuai dengan brand yang kamu miliki sehingga hasilnya dapat efektif dan sesuai dengan target yang ingin kamu capai.

6. Gunakan Fitur Tiktok Ads

Agar semakin lengkap dan jangkauan bisnis semakin luas kamu bisa manfaatkan fitur iklan langsung dari Tiktok yakni Tiktok Ads. Kamu bisa mengetahui cara daftar Tiktok Ads dengan mengkliknya disini.

Ada beberapa jenis iklan Tiktok yang ditawarkan dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan diantaranya:

Jenis Iklan Tiktok Ads

1. Brand Takeover

Jenis iklan yang muncul ketika kamu baru mengakses aplikasi Tiktok

2. In Feed Video

Jenis iklan yang muncul pada feed atau beranda Tiktok kamu

3. Branded Augmented Reality(AR) Content

Jenis iklan yang muncul seperti filter atau stiker dalam sebuah video tentunya bentuk dan kalimatnya disesuaikan dengan brand yang kamu miliki.

4. Hashtag Challenge

Jenis iklan dengan membuat hastag tantangan kepada para pengguna Tiktok, sehingga setiap video yang di posting akan terhubung dan naik melalui hastag tersebut.

Tidak hanya itu, dapatkan juga tambahan informasi pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:

1. Hashtag Tiktok Agar Masuk FYP

2. Ide Konten Tiktok Untuk Promosi Bisnis

3. Cara Promosi di Instagram

4. Cara Promosi Produk

Sangat mudah bukan? segera lakukan promosi bisnis kamu sesuai dengan artikel cara promosi di Tiktok yang sudah di ulas tadi.

Penulis: Tuti

Related Posts