taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Promosi Bisnis di Instagram Reels: Inovasi Baru dalam Digital Marketing

Cara Promosi Bisnis di Instagram Reels: Inovasi Baru dalam Digital Marketing


Cara promosi bisnis di Instagram Reels perlu sekali untuk Anda ketahui karena fitur Instagram yang satu ini bisa membantu Anda dalam melancarkan proses pemasaran secara digital. Sehingga bisnis yang sedang Anda jalankan pun bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan harapan.
cara promosi bisnis
Ketika Anda memiliki suatu usaha atau bisnis, melakukan kegiatan promosi tentunya adalah hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Sebab, dengan melakukan promosi tersebut, maka orang-orang akan mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalankan.

Dengan begitu, besar kemungkinan mereka akan tertarik untuk membeli produk yang dijual ataupun jasa yang ditawarkan. Melakukan kegiatan promosi pun bisa dilakukan dalam berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengetahui cara promosi bisnis di Instagram Reels.

Apa itu Instagram Reels?


Sebelum mengetahui cara promosi bisnis di Instagram Reels, Anda perlu memahami Instagram Reels dan fitur-fitur di dalamnya terlebih dahulu agar tidak mengalami ke dalam yang berarti saat melakukan promosi.

Instagram Reels itu sendiri merupakan salah satu fitur dalam media sosial Instagram yang diklaim sebagai pesaing media sosial TikTok. Durasi yang disediakan oleh fitur ini adalah tiga detik hingga tiga puluh detik yang bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan promosi bisnis.

Untuk melancarkan proses promosi bisnis melalui Instagram Reels, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur di bawah ini:

  • Multiple recording
  • Augmented Reality (AR) Effect
  • Music Background
  • Rekaman Suara
  • Sticker and GIF
  • Timer
  • Easy-to-use-text
  • Filter yang beragam

Bahkan, dengan tambahan stok musik yang beragam, fitur Instagram Reels ini kian diisukan banyak orang, salah satunya para pelaku bisnis.

Cara Membuat Reels di Instagram


Setelah mengetahui pengertian dari Instagram Reels, selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui cara membuat Reels di Instagram agar proses promosi mencapai target yang diinginkan. Di antara cara membuat Reels adalah:
  • Menekan dan menahan “Record Button” di Instagram untuk mendapatkan video footage.
  • Mengunggah video footage langsung dari kamera Anda.
Di samping itu, Anda juga dapat melakukan pembuatan Reels dari beberapa rekaman video klip ataupun yang sudah terunggah. Berikut ini merupakan spesifikasi yang bisa Anda lakukan:
  • Video berbentuk potrait dengan ukuran 9:16
  • Durasi yang bisa digunakan sekitar 3-30 detik
  • Reels hanya bisa diunggah melalui smartphone. 
Reels yang sudah Anda buat akan muncul di beberapa lokasi yang ada di Instagram, di antaranya adalah:
  • Secara otomatis akan muncul di Feed Instagram (apabila calon konsumen mengikuti akun Instagram Anda).
  • Akan tampil dalam fitur Pencarian Audio.
  • Akan tampil dalam Kumpulan Hashtag yang digunakan dalam Reels.
  • Tersedia dalam fitur Explore IG ketika melakukan Trending Reels

Cara Promosi Bisnis di Instagram Reels


Setelah mengetahui cara membuat Reeks, di bawah ini merupakan cara promosi yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan fitur Reels pada Instagram:

1. Mengenali Lebih dalam Fitur Instagram Reels

Mengenali dan memahami masing-masing fitur dalam Instagram Reels sangatlah penting. Bagi Anda yang ingin bisnisnya lebih dikenal banyak orang dan dijangkau banyak calon konsumen, maka pahamilah fitur-fitur yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dengan begitu, maka para calon konsumen pun dapat menentukan dengan jelas untuk membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan dalam bisnis Anda. Hal tersebut tentu akan berhasil jika konten yang ditampilkan menarik perhatian.

2. Menuangkan Ide-ide Kreatif yang Dimiliki

Cara selajutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyajikan ide-ide kreatif yang juga bersifat informatif dan inovatif. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menjadikan konten Anda viral dan populer di Instagram Reels.

Apalagi jika konten yang ditampilkan adalah konten yang baru dikenal masyarakat, maka besar kemungkinan bisnis yang Anda lakukan pun memiliki tingkat penjualan yang sangat menarik.

3. Melakukan Persiapan dan Perancangan Sebuah Konten

Segala bentuk kegiatan promosi tentu saja memerlukan persiapan dan juga perancangan yang sangat matang, termasuk konten yang akan ditampilkan dalam media promosi yang digunakan. 

Pastikanlah Anda memiliki peta konsep untuk konten, sehingga hal ini memberikan gambaran mengenai konten promosi yang akan diberikan. Dengan begitu, proses promosi pun menjadi lebih terarah dan juga rapi.

Di bawah ini merupakan hal-hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan promosi bisnis di Instagram Reels:
  • Masukkan lah pesan-pesan yang unik dari brand yang Anda miliki. Sampaikanlah pesan-pesan yang penting kepada calon konsumen.
  • Tentukan lah tujuan dari konten yang digunakan, apakah untuk tujuan jangka pendek atau untuk jangka panjang.
  • Anda bisa mengaitkan konten yang dibuat dengan isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan atau yang sedang viral.
  • Anda pun harus memastikan kualitas HD pada video yang diunggah sehingga para calon konsumen nyaman saat menontonnya.
  • Pastikanlah video yang diunggah memiliki tujuan yang jelas dan tidak berbelit-belit karena keterbatasan waktu pada Instagram Reels.
  • Disarankan untuk selalu menggunakan teknik soft-selling dibandingkan dengan hard-selling. Seperti Anda menawarkan solusi pada masalah-masalah yang mungkin terjadi pada calon konsumen Anda.
4. Melakukan Fokus pada Interaksi dengan Calon Konsumen (Engagement)

Instagram Reels juga diklaim mampu membantu Anda dalam berinteraksi dengan konsumen. Sehingga, buatlah konten-konten yang interaktif (meminta komentar, membuat kuis, dan memberikan likes) agar interaksi Anda dengan konsumen dapat terbentuk dengan baik.

5. Mengenali Target Audiens

Cara promosi bisnis di Instagram Reels yang terakhir adalah dengan mengenali target audiens sebaik mungkin. Di bawah ini merupakan hal-hal penting saat akan membuat target audiens untuk kepentingan promosi bisnis Anda:
  • Sasaran kelompok masyarakat yang akan dituju, sebab biasanya konten-konten yang diunggah memiliki perbedaan kecocokan yang dipengaruhi oleh perbedaan usia.
  • Ketahui dan juga pahami dengan pasti fungsi Instagram Reels dan hal yang membedakannya dengan platform lain yang Anda gunakan untuk melakukan kegiatan promosi bisnis. 
  • Kenali dan pahami dengan pasti hal-hal yang disukai oleh para konsumen, sehingga hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat konten Reels yang akan diunggah.
Itulah beberapa cara promosi bisnis di Instagram Reels yang bisa Anda lakukan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan promosi melalui Instagram Reels.

Sejumlah informasi berikut ini bisa dijadikan tambahan pengetahuan.

Baca juga:





Anda bisa menemukan cara baru dalam mempromosikan atau membuat bisnis yang sedang dijalankan menjadi lebih populer, menjangkau lebih banyak pemirsa, dan juga menjangkau generasi milenial atau Gen Z. Maka, bisnis Anda pun bisa memenuhi target yang telah direncanakan. 
Related Posts