taupasar.com

we read, we create and we share it.

Anda Harus Tahu Inilah Podcast Pertama di Indonesia

Anda Harus Tahu Inilah Podcast Pertama di Indonesia

Podcast pertama di Indonesia ternyata yang memperkenalkan pertama kalinya bukanlah Deddy Coribuzier, melainkan Adriano Qalbi. Dia seorang komika yang merupakan pelopor pertama podcast di Indonesia. Sosok Adriano yang sering muncul diberbagai konten YouTube Majelis Lucu Indonesia. 
Podcast Pertama di Indonesia
Pertama kali dikenalkan bahwa Adriano Qolbi merupakan pelopor pertama yang memperkenalkan Podcast di Indonesia melalui postingan @majelislucuindonesia yang me-repost postingan @indozone.id yang diberikan caption tambahan bahwa Adriano merupakan sosok pertama yang memperkenalkan podcast di Indonesia. Jadi bukan Deddy Corbozier sosok pertama yang memperkenalkan podcast di Indonesia. 

Siapa sebenarnya sosok Adriano Qalbi?

Sebelum Adriano menjadi podcaster yang pertama kali memperkenalkan dunia podcast di Indonesi dia adalah seorang copywriter dan creative director. Sebelum menjadi podcaster dia bekerja di sebuah agensi periklanan yang menuntutnya untuk terus memulai berkarya secara mandiri. 

Awalnya pada tahun 2015 dia memulai karir sebagai penulis iklan, kemudian mencoba stand up di tahun 2011. Dia juga pernah memulai karir sebagai komika yang pernah tampil di acara TV dan juga radio, namun akhirnya kontraknya habis yang membuat dia terus berpikir untuk mempertahankan penontonnya  yang datang ke acara stand up tersebut.

Akhirnya menemukan ide untuk membuat dan mengurus konten-kontennya sendiri. Munculah ide untuk membuat podcast dengan judul “Podcast Awal Minggu”. Di Podcastnya kerap kali dia membahas isu dan kondisi terkini di Indonesia yang diunggah di situs Soundcloud. Akhirnya tahun 2018 dia bergabung dengan MLI (Majelis Lucu Indonesia). 

Inilah 3 Alasan Adriano Qalbi Membuat Podcast

1. Kepepet

Adriano Qalbi mengaku membuat podcast atau siniar kala itu hanyalah keisengan semata. Kerap kali ia merasa tidak nyaman disebut-sebut sebagai bapak podcast Indonesia. Awalnya dia berpikir mencari medium baru yang bisa konsisten, murah dan intimate dalam melakukannya. 

Dia bercerita bahwa tidak nyaman disebut sebagai bapak podcast, karena pada bulan Agustus tahun 2015 dia kepepet membuat podcast dimana pada saat itu kontraknya sebagai penyiar radio selesai dan series di salah satu TV juga selesai. 

2. Dapat Melatih Kemampuan Komedi

Adriano berujar bahwa dengan melalui podcas dia dapat melatih kemampuan komedinya. Awalnya dia juga merupakan sebatas karyawan kantoran. Hingga kemudia berani mencoba hal baru menjadi seorang penyiar radio. Dia bercerita awalnya dia bekerja sebagai copywriter disebuah agensi periklanan tahun 2005, kemudia mencoba stand up tahun 2011 dan tahun 2012 lepas karir advertising. 

3. Mengenal Stand Up

Naik turunnya kehidupan yang telah dialami Adriano Qalbi membawa dia mengenal dunia stand up comedy yang membuatnya berkarir didepan kamera hingga saat ini. Awalnya dia mengenal dunia stand up comedy dari Pandji Pragiwaksono. 

Adriano bercerita bahwa dia berada di circle production yang dekat dan tepat. Menjadi hanya berpikir untuk menjadi komedian tidak untuk menjadi selebriti. Jadi copywriter membuatnya nyaman karena bekerja di belakang kamera, Cuma stand up yang membuatnya bekerja di depan kamera.

Festival Podcast Pertama Di Indonesia

Podcast pertama di Indonesia adalah milik Adriano Qalbi, adapun festival podcast telah dilaksanakan hari Sabtu, pada tanggal 3 Juni 2023. Festival yang digelar di M Bloc  Space, Jakarta. Festival ini diramaikan oleh berbagai siniar yang aktif menghadirkan konten-konten dalam beberapa tahun terakhir secara konsisten. 

Beberapa podcaster yang hadir adalah Agak Laen!, Capek Mikir With Jebung, BKR Brother X Unfaedah Podcast, GJLS, Podcast Ancur, Do You See What I See X Podcast Malam Kliwon, Podkesmas, Podcast Raditya Dika, Rapot, dan lainnya seperti Pokuss, Sruput Nendang, Podcast Seminggu, dan masih banyak lagi. 

Simak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas merupakan informasi mengenai podcast pertama di Indonesia, kisah yang dialami oleh Adriano Qalbi mungkin bisa menjadi motivasi buat Anda yang sedang mencari peluang untuk menghasilkan cuan melalui komedi ataupun podcast. Semoga informasi di atas bermanfaat buat Anda yang sedang mencari referensi podcast pertama yang menarik. 
Related Posts