taupasar.com

we read, we create and we share it.

Apa Saja Layanan Customer Service Bisnis dalam Perusahaan?

Apa Saja Layanan Customer Service Bisnis dalam Perusahaan?

Pasti diantara kamu tidak asing dengan customer service, biasanya di setiap perusahaan pasti memiliki customer service. Customer service adalah seseorang yang melayani pelanggan dengan baik, seperti memberikan, menyediakan pelayanan dan solusi.
Layanan Customer Service Bisnis
Selain itu juga bisa bermanfaat dan memiliki kualitas tinggi dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh konsumen. Jadi dapat disimpulkan customer service atau pelayanan pelanggan ini adalah tombak tertinggi dalam suatu bisnis. 

Jika di suatu perusahaan mempunyai customer service yang berkualitas tiggi, secara otomatis pelanggan akan semakin loyal. Tujuan layanan customer service bisnis akan memberikan kenyamanan dengan memenuhi ekspektasi serta pengalaman bertransaksi menjadi baik.

Berkembangnya zaman membuat bentuk customer service semakin beragam, dulu hanya bisa lewat telepon. Sekarang layanan customer service bisnis telah banyak sekali website yang menawarkan layanan customer service melalui chat.

Berikut ini akan membahas 4 layanan customer service bisnis yang wajib untuk kamu ketahui, berikut penjelasannya.

Layanan Customer Service Bisnis

1. Layanan Merespon Panggilan Telepon secara Langsung

Layanan customer service bisnis yang  pertama adalah menerima panggilan telepon secara langsung.
Saat pelanggan mengalami permasalahan pada suatu produk atau jada, otomatis mereka akan bersikap marah dan kesal yang bercampur aduk.

Sehingga mereka ingin secepat mungkin untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Menelpon customer service secara langsung inilah yang pertama kali mereka melakukan, tetapi panggilan telepon saja tidak cukup.

Karena pelanggan bukan hanya menginginkan pelayanan pelanggan melalui panggilan telepon saja, namun ada beberapa kriteria. Seperti:
  • Pelayanan cepat dan pencarian solusi tepat pula.
  • Kejelasan ucapan yang disampaikan oleh ke penerima telepon. 
  • Pelanggan mendapat jaminan daru hasil penyelesaian yang benar-benar pasti. 
  • Keramahan saat menjawab telepon pelanggan. 
2. Layanan Respon Suara secara Interaktif

Layanan customer service bisnis selanjutnya yaitu berkaitan yang sangat erat dengan kecerdasan buatan atau disebut sebagai artificial intelligence (AI). Adanya layanan respon suara ini akan memberikan kemudahan pada pelanggan untuk menceritakan permasalahan yang mereka alami. 

Layanan respon suara bisa mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan. Tak hanya itu saja, bentuk layanan ini juga bisa memandunya pada langkah-langkah penyelesaian. Memaksimalkan customer service ini, pastinya perlu bekerjasama dengan sebuah tim pelayanan pelanggan in-house.

3. Layanan Pelanggan melalui Email.

Keberadaan Email bisa dikatakan sudah sepuh jika dibandingkan dengan media komunikasi sosial lainnya. Meskipun begitu, Email hingga saat ini pun tidak kalah populer. Karena penggunanya juga ada di zaman sekarang sehingga membuatnya makin eksis.

Layanan customer service bisnis ke para pelanggan bisa menyampaikan permasalahan mereka sambil mengikuti rapat kerja. Selain itu, juga bisa mengkoordinasikan suatu proyek, dan menyelesaikan pekerjaan lainnya. 

Intinya, kamu tetap bisa produktif meskipun sedang memberikan komplain kepada customer service.
Untuk memaksimalkannya, perlu otomatisasi yang memungkinkan untuk memilih dan menanganinya dengan lebih cepat dan lebih baik.'

4. Layanan Chat secara Langsung Melalui Website

Untuk memudahkan para pelanggan melakukan chat atau obrolan secara langsung dengan admin. Hal inilah yang bertugas sebagai perwakilan dari customer service di suatu bisnis. Mungkin kamu pernah membuka situs web dan menemukan ada jendela chat atau obrolan seperti,  “Hai, Saya Jessie, Ada yang bisa dibantu?”.

Melalui jendela chat ini, para pelanggan akan lebih mudah menyampaikan keluh kesah yang mereka miliki terhadap produk atau layanan jasa. Pelanggan yang menggunakan layanan ini, saat pelanggan tidak memiliki kesempatan menelepon layanan customer service bisnis.

Meskipun secara langsung maupun jika mereka merasa akan lebih nyaman untuk berinteraksi melalui chat. Secara keseluruhan, layanan customer service bisnis seperti ini adalah metode yang paling populer.
Buktinya, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh e-Digital mengatakan sebanyak 73% pelanggan puas. 

Ketika mereka bisa menyampaikan permasalahan yang dialami melalui jendela chat seperti ini.
61% pelanggan merasa  nyaman menggunakan email dan 44% lainnya malah lebih suka menelepon customer service secara langsung.  

Untuk memaksimalkan sistem ini, pastikan bahwa server website kamu selalu berfungsi dengan baik.
Selain itu, pastikan juga bahwa admin atau staff yang akan menjawab pertanyaan pelanggan benar-benar sudah terlatih dengan baik.

Sebenarnya tugas sebagai layanan customer service bisnis itu berbeda-beda, tergantung pada industri dan bidang pekerjaan yang digeluti. Layanan customer service bisnis bukan hanya membuat para pelanggannya bahagia saja. Mereka juga diharuskan mampu menciptakan brand image perusahaan yang baik.

Menciptakan penampilan dari segi fisik seperti packaging atau sekadar konten media sosial saja. Makanya tim customer service harus dilatih memiliki tanggung jawab yang sangat besar karena sebagai perwakilan dari perusahaan. 

Dengan begitu, pihak perusahaan bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh para pelanggan dan ekspektasi apa yang harus dipenuhi. Adanya layanan customer service bisnis juga menjadi jembatan hubungan antara perusahaan dan pelanggan, sehingga tercipta lah pelanggan loyalty.

Menjadi bagian layanan customers service bisnis harus mampu memberikan masukan berdasarkan data yang dikumpulkan dari para pelanggan. Perusahaan atau brand bisa melakukan pembenahan diri untuk bisa memenuhi ekspektasi juga kebutuhan pasar.

Menjadi customer service itu tidak sendirian, nantinya mereka akan bekerja bersama tim untuk dibagi-bagi tugasnya. Jika suatu perusahaan memiliki brand besar, maka akan banyak pula customer service menghadapi tantangan dan komplain-komplain yang masuk.

Elemen Dasar Menjadi Customer Srervice

Agar bisa menjadi layanan customer service bisnis yang baik, kamu harus memiliki 5 elemen berikut ini.

1. Pengertian

Mengenali para customer sehingga memberikan saran dan antisipasi kebutuhannya yang baik.Dengan begitu, mereka merasa dihargai.

2. Respek

Buatlah para customer kamu merasa dirinya merupakan seseorang yang sangat penting dan melayaninya dengan tulus. Respek customer service ke pelanggan dikaitkan dengan pemilihan kata seperti: maaf, tolong, dan terima kasih.

3. Responsif

Saat menghadapi pelanggan yang komplain pada produk online, jangan lupa membalasnya maksimal 30 menit setelah komplain masuk. Berikan jawaban yang membangun bukan m seperti robot atau template, karena ekspektasi mereka berinteraksi dengan manusia bukan robot.

4. Melayani

Layani para customer service dengan menepati janji sebelum ditagih, agar mereka tidak mudah tersulut emosi. Tim customer service dengan pelayanan terbaik, bikin perusahaan atau brand melesat maju dan semakin dikenal dengan pelayanan yang baik.

5. Mendengar

Layanan customer service bisnis ini harus sigap dan berkonsentrasi tinggi untuk mendengarkan apa yang dikatakan para customer. Mendengar semua saran, kritik, dan komplain yang relevan untuk perbaikan perusahaan. Mulailah berbenah diri menjadi yang lebih baik lagi.

Simak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Jadi, menjadi seorang customer service yang baik merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis.
Demikian pembahasan mengenai layanan customer service bisnis yang perlu kamu ketahui, semoga informasi ini bisa dijadikan sebagai referensi.
Related Posts