taupasar.com

we read, we create and we share it.

9 Cara Mengelola Usaha Kecil Menjadi Besar

9 Cara Mengelola Usaha Kecil Menjadi Besar

Di era dengan akses informasi yang sangat mudah seperti sekarang, banyak orang berbondong-bondong ingin membuka usaha mereka sendiri. Menjadi seorang wirausaha yang memimpin bisnis menjadi cita-cita semua orang.
Cara Mengelola Usaha
Tentu saja, minat tersebut sangat positif. Bahkan harus menjadi sesuatu yang mendapatkan dukungan dari semua pihak, baik pemerintah, kelompok sosial, maupun setiap individu.

Kesadaran untuk membuka usaha sendiri dapat meningkatkan stabilitas perekonomian, mengembangkan kualitas ekonomi kreatif, membuka lapangan pekerjaan, dan tentunya pemerataan kualitas SDA maupun SDM.

Jika Anda juga berencana membuka usaha, namun masih ragu mengenai cara merintis dan mengembangkannya, jangan khawatir. Artikel kali ini akan membahas 10 strategi untuk mengembangkan usaha kecil menjadi besar dan sangat menguntungkan.

Dilansir Taupasar.com dari Thebalancesmb.com, berikut deretan caranya:

Cara Mengelola Usaha Kecil Menjadi Besar

1. Pelanggan adalah Aset Terbaik

Seseorang yang pernah menjadi konsumen produk Anda adalah aset berharga yang tidak boleh diabaikan. Meskipun Anda sudah memiliki pembeli-pembeli baru, pastikan Anda tetap mempertahankan pelanggan lama dengan baik.

Anda bisa melakukan pengelolaan yang baik dengan menjaga kepercayaan mereka seperti mengirimkan notifikasi produk baru, menawarkan informasi promo, atau mengadakan give away.

2. Meminta Rekomendasi kepada Pembeli

Sebagai seorang pengusaha baru/kecil, jangan berharap berlebihan kepada pembeli bahwa mereka dengan sadar dan sukarela mempromosikan produk Anda kepada teman atau sahabatnya.

Strategi yang benar, Anda dapat meminta kontak teman mereka yang sekiranya potensial untuk menjadi konsumen. Langkah selanjutnya, hubungi langsung kontak baru tersebut untuk menawarkan produk Anda.

Ini adalah cara yang lebih efektif untuk meluaskan jangkauan konsumen sehingga usaha kecil Anda lebih mudah berkembang.

3. Bijak Mengeluarkan Biaya Marketing

Teknik pemasaran merupakan taktik kunci untuk memperluas jaringan pasar. Marketing secara digital maupun langsung adalah aspek yang harus dioptimalkan dengan baik oleh para pengusaha kecil.

Namun demikian, tidak sedikit usaha yang mengalami krisis keuangan akibat penggunaan dana marketing kurang bijak. Misalnya, endorsement secara serampangan atau biaya-biaya tidak efektif lainnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda meminilisir pengeluaran dana marketing dengan baik sehingga dapat menghasilkan keuntungan berlipat ganda dari modal yang sudah Anda keluarkan.

4. Membuat Jangkauan Pasar Tidak Terbatas

Cara mengembangkan bisnis kecil menjadi besar selanjutnya ialah memperluas jaringan konsumen hingga tidak terbatas. Misalnya, jika produk Anda adalah piyama, maka tidak ada salahnya untuk berbagai macam model maupun ukuran.

Dengan demikian, meskipun Anda hanya menjual satu produk saja, konsumen Anda menjadi lebih luas. Bisa laki-laki, perempuan, dewasa, anak-anak, pasangan, hingga keluarga besar.

5. Ikuti Bazar, Pameran, dan berbagai Event Penjualan

Dalam event penjualan demikian, produk maupun brand Anda benar-benar berada dalam persaingan dengan pedagang-pedagang lain. Tentunya, ini akan memberikan keuntungan karena pembeli bisa secara langsung melihat keunggulan produk Anda.

Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan berbagai event penjualan seperti bazar atau pameran. Berbagai acara tersebut akan memberikan dampak yang luar bisa, baik secara laba maupun jaringan bisnis.

6. Mengembangkan Layanan yang Berkaitan dengan Produk

Salah satu upaya jenius untuk mengembangkan bisnis kecil selanjutnya adalah mengembangkan layanan terkait produk Anda. Contohnya, Anda memiliki toko kue yang melayani pembelian secara ecer maupun grosir.

Namun selain itu, Anda juga menyediakan layanan pemesanan bagi konsumen yang ingin membeli produk dalam jumlah banyak. Demikian semisal Anda menjual perabotan rumah tangga, Anda bisa sekaligus menyediakan jasa pemasangan.

Dengan demikian, pengembangan bisnis Anda akan tetap berdampak positif bagi para konsumen baru maupun konsumen lama tanpa merubah pasar produk.

7. Membuka Bisnis Waralaba

Saat ini, model pengembangan bisnis waralaba atau franchise sedang menjamur. Banyak pengusaha mulai membuat lisensi untuk produk yang sistem penjualan mereka. Di sisi lain, banyak pekerja yang ingin membuka bisnis sampingan yang simpel.

Jika merasa produk Anda menarik dan populer, tidak ada salahnya untuk membuka waralaba dan bermitra. Tentunya, passive income Anda akan terus meningkat dan bisnis bisa bertahan lebih stabil.

8. Selalu Lakukan Evaluasi Strategi Pengembangan Bisnis Bersama Tim

Menjadi pengusaha berarti menjadi seseorang yang tidak pernah berhenti belajar. Oleh karena itu, jangan bosan melakukan evaluasi terhadap strategi pengembangan bisnis untuk mengukur efektivitas.

Setiap bisnis melalui problem pengembangan dan kendala pasar masing-masing. Oleh karena itu, tidak ada tips sukses yang paten untuk berbagai jenis bisnis.

Oleh karena itu, lakukan evaluasi rutin terhadap strategi bisnis. Selalu responsif terhadap perubahan iklim pasar adalah syarat wajib agar sebuah bisnis bisa bertahan.

9. Ekspor Produk ke Luar Negeri

Tips untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar terakhir ialah melakukan eksportir produk ke luar negeri. Tentu saja, banyak tantangan yang harus Anda hadapi sebagai pemula, namun keuntungan dari bisnis ekspor ini tidak akan membuat menyesal.

Sebelum melakukan eksportir, pengusaha harus memastikan terlebih dahulu nilai jual produk di negeri sasaran. Selain itu, ada proses hukum maupun administrasi cukai yang harus dituntaskan.

Namun jika usaha Anda sudah berkembang dalam negeri dan sudah menemukan pangsa pasar yang mapan di luar negeri, mengapa tidak?

Informasi seputar bisnis dan marketing lainnya bisa Anda dapatkan di artikel-artikel lain dalam sejumlah artikel berikut ini. Jangan sampai terlewatkan membaca dan membagikannya kepada orang-orang sekitar.

Baca juga:





Demikian 9 strategi jitu untuk cara mengelola usaha kecil menjadi besar. Kini, jangan ragu lagi untuk memulai membuka bisnis dan meningkatkan pendapatan.
Related Posts