taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ternyata Begini Cara Mengelola Usaha Mebel Agar Cepat Sukses

Ternyata Begini Cara Mengelola Usaha Mebel Agar Cepat Sukses

Furnitur merupakan peralatan atau kelengkapan rumah tangga yang selalu dibutuhkan, sehingga minat serta peluang pasarnya dipastikan selalu terbuka lebar. 
Cara Mengelola Usaha
Hal inilah yang menjadi salah satu alasan banyak yang tertarik membuka usaha furnitur atau mebel. Namun untuk membuat bisnis berkembang, maka cara mengelola usaha mebel harus diperhatikan.

Katakanlah strategi yang baik menjadi seni mengelola bisnis agar lebih mudah berkembang dan sukses. Meskipun peluangnya menjanjikan, namun usaha mebel bukanlah hal baru. Artinya Anda mungkin akan memiliki banyak kompetitor. Jika bisnis Anda memiliki daya saing kuat, maka akan banyak dipilih oleh target pasar.

13 Cara Mengelola Usaha Mebel yang Tepat


1. Mulai dari Hal Kecil

Taktik untuk memulai usaha yang sukses bisa dilakukan dengan strategi dan perhitungan yang tepat. Jadi, Anda tidak perlu merasa terburu-buru menggunakan modal yang terlalu besar untuk memulai usaha tersebut.

Sebagai permulaan, bisnis mebel bisa diawali secara sederhana namun lengkap serta menjanjikan bagi calon pembeli. Setelah nantinya dirasa memiliki banyak pelanggan dan bisnis mulai dikenal luas, usaha bisa dikembangkan dan dana yang dimiliki bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Tips membuka usaha secara sederhana sebagai langkah awal ini sangat berguna, terutama bagi pemula yang masih memiliki keraguan dan ingin memastikan peluangnya terlebih dahulu. Tentunya dalam bisnis apapun, seorang pemula lebih dianjurkan memulai bisnis dengan resiko rendah.

2. Pisahkan Penghasilan untuk Pengembangan

Terutama ketika bisnis masih dalam tahap pengembangan awal, penghasilan dari penjualan harus dikelola dengan baik. Hasil yang didapatkan bisa Anda pisahkan, mana untuk digunakan kebutuhan pribadi dan mana untuk modal mengembangkan usaha.

Bahkan ketika baru memulai usaha mebel, disarankan agar sebagaian besar hasil digunakan untuk pengembangan terlebih dahulu. Tips ini juga banyak diterapkan oleh pemula. Artinya mereka tidak terlalu terburu-buru menikmati hasil dagang sebelum bisnisnya berjalan dengan stabil. Dan ini bisa menjadi cara mengelola usaha mebel yang baik bagi Anda.

3. Ikuti Komunitas dan Pameran

Banyak orang yang berbisnis ikut andil atau aktif dalam sebuah pameran. Dalam event bisnis tertentu, kita bisa menemukan banyak manfaat. Selain dapat menawarkan bisnis kita pada sasaran yang tepat, juga bisa bertemu dengan pihak-pihak penting.

Sangat direkomendasikan pula untuk bergabung dalam komunitas bisnis, khususnya mereka yang menjalankan bisnis serupa. Dengan begitu apapun yang dibahas di dalamnya tidak akan keluar dari ranah usaha mebel. Anda bisa berbagi ilmu dan pengalaman di dalamnya.

4. Peka Akan Tren

Untuk membuat usaha berjalan dengan stabil, kita perlu membuatnya menarik dimata calon konsumen. Apalagi dengan banyaknya pesaing, kita harus memberikan kesan yang berbeda sehingga pembeli lebih tertarik pada produk furnitur yang ada.

Agar produk yang disediakan beragam, Anda pun perlu mengikuti tren properti dengan model-model terbaru. Sebagai seseorang yang memiliki passion lebih dalam bidang furniture, maka tidak akan susah bagi Anda untuk selalu update dengan berbagai perkembangannya.

5. Terapkan Inovasi

Tidak ada ruginya menerapkan berbagai inovasi ke dalam bisnis. Selagi ide cocok diterapkan pada usaha, maka hasilnya pun akan bagus dan menarik pembeli. 

Sesuatu yang baru umumnya akan membuat pembeli lebih tersugesti memilih produk dari mebel Anda, dan hal pembeda tersebut bisa menjadi ciri khas tersendiri.

6. Berikan Layanan Terbaik

Agar bisnis terus berlanjut, Anda bisa memikirkan bagaimana caranya mempertahankan kepercayaan pelanggan. Cara mengelola usaha mebel satu ini tentu dapat disiasati dengan memberikan pelayanan terbaik untuk customer

Anda dan tim bisa mengedepankan prinsip-prinsip yang mengutamakan kepuasan pembeli, pelayanan yang ramah, penanganan yang cepat serta solutif.

7. Maksimalkan di Target Konsumen

Salah satu perhitungan bahwa sebuah bisnis meraih kesuksesan adalah banyaknya konsumen yang membeli produk di mebel Anda. Untuk itu dari awal strategi bisnis harus benar-benar tepat, sehingga target usaha langsung tertuju pada konsumen yang sudah dibidik.

Penentuan target pasar juga harus disesuaikan. Misalnya Anda cenderung pada penyediaan furnitur kelas atas dengan kualitas premium untuk kalangan menengah ke atas. Maka sudah pasti target pembelinya pun harus kalangan pemilik rumah mewah, apartemen, atau gedung-gedung lainnya.

Begitu pula jika Anda ingin mulai dengan menyasar pembeli kalangan menengah ke bawah, maka produk yang disediakan pun harus memiliki harga bersahabat namun tentu kualitasnya tidak boleh dikesampingkan.

8. Mencari Peluang

Cara mengelola usaha mebel agar berkembang dan sukses, adalah dengan mencari berbagai peluang selebar-lebarnya. Pemilik bisa menarik lebih banyak pembeli dengan menawarkan berbagai promo menarik.

Akan tetapi pengadaan promo juga harus disesuaikan, jangan sampai demi menarik pembeli, malah menimbulkan kerugian karena terlalu memberikan promo yang wah.

9. Kembangkan Tenaga Kerja

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan adalah mengembangkan tenaga kerja yang tergabung. Jika tim kerjanya memberikan kualitas pekerjaan yang loyal, maka kendali bisnis bisa sama-sama diarahkan untuk lebih maju. Dari hal ini kita tahu bahwa sistem internal seperti sumber daya manusia memiliki pernanan penting untuk mendukung kesuksesan sebuah usaha.

Tim yang solid tentunya akan lebih mudah diarahkan sesuai tujuan. Makanya pastikan Anda merekrut tim kerja yang pas. Misalnya menggunakan pengrajin berpengalaman jika ingin memproduksi furnitur sendiri. Juga pemilihan kru kerja yang loyal serta profesional.

10. Pilih Supplier Furnitur Terpercaya

Selanjutnya jika Anda ingin menggunakan supplier untuk menyediakan stok furnitur, maka pilihlah yang terkemuka dan dikenal sebagai produsen produk berkualitas. 

Hal yang perlu dipastikan ketika memilih stok furnitur dari penyuplai adalah kualitas produk, bahan yang digunakan, ketahanannya, model, hingga perkiraan tren harga pasarannya.

11. Sediakan Produk Berkualitas

Ketika mebel Anda melengkapi segala perlengkapan rumah tangga secara beragam dan berkualitas unggulan, maka akan memperoleh kepercayaan diri pula dalam penawarannya. 

Cara mengelola usaha mebel yang baik pun, Anda perlu mengontrol persediaan furnitur terutama ketika salah satu fariannya telah laku terjual.

12. Bangun Branding yang Baik

Strategi lain untuk mengembangkan bisnis adalah membuat branding yang bagus terhadap usaha mebel yang dijalankan. 

Jika mebel kita memiliki citra yang baik bagi para konsumen, maka mereka pun tidak akan segan untuk selalu memilih furnitur yang Anda sediakan. Misalnya furnitur Anda dipercaya berkualitas baik dan asli.

13. Kenalkan Usaha Anda Lebih Luas

Dan yang terakhir, Anda bisa mengerahkan usaha agar bisnis furnitur dapat dikenal lebih luas oleh orang-orang. Akan semakin baik jika mebel Anda dikenal dengan baik dan luas di pasarannya.

Taktik pemasaran yang baik adalah dengan promosi gencar-gencaran. Selain dari banner atau brosur, manfaatkan juga marketplace serta media sosial. Jika bisnis Anda sudah menjangkau konsumen yang cukup luas, maka nantinya akan lebih banyak pemesanan dari berbagai wilayah.

Untuk mendapatkan informasi lainnya Anda bisa mengklik sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Begitulah cara mengelola usaha mebel dengan strategi tepat yang banyak dilakukan oleh para pebisnis lainnya. Jika Anda menerapkan tips tersebut dan mengelola usaha secara konsisten, maka hasil terbaik pun pasti bisa didapatkan.
Related Posts