taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Tips Memasarkan Produk Baru Agar Mendapatkan Hasil Terbaik

Inilah Tips Memasarkan Produk Baru Agar Mendapatkan Hasil Terbaik 

Bagi Anda yang memiliki produk atau ingin memulai usaha, salah satu yang menjadi hal penting untuk dipelajari adalah trik marketing atau tips memasarkan produk baru tersebut agar bisa menggaet pembeli.
Tips Memasarkan Produk
Hal ini tampak sederhana namun pada pelaksanaannya butuh cara yang tepat agar mampu memaksimalkan usaha Anda. 

Selain cara yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda, hal lain yang dibutuhkan adalah tenaga, baik untuk tenaga pelaksana atau pemikir cara agar bisa berjalan dengan baik. 

Anda bisa mencoba beberapa tips memasarkan produk baru berikut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Mengingat untuk memulai usaha tidak berasal dari kondisi yang sama, akan tetapi bisa dipilah mana dengan kualitas yang baik selain untuk menjaga nama baik Anda sebagai produsen. Juga untuk mempertahankan konsumen agar menjadi pelanggan Anda. 

Tips Memasarkan Produk Baru


1. Lakukan Cek Pasar dan Tentukan Target Pasar Anda

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memulai usaha adalah dengan mengetahui pasar di sekitar Anda. Hal ini dibutuhkan agar Anda bisa mengetahui kehutuhan pasar di era sekarang. 

Hal ini dibutuhkan karena tidak bisa serta merta memutuskan produk yang akan dijual tanpa mengetahui kebutuhan pasar Anda. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan dalah menentukan target pasar dari produk yang akan Anda jual. Itu menjadikan Anda lebih fokus dalam menciptakan produk baru dengan mantap. 

Misalkan Anda melihat peluang pasar terkait sayur organik. Maka target pasar Anda adalah ibu-ibu yang gemar memasak sayuran terutama yang paham terkait kesehatan dengan mengutamakan produk organik. Maka dengan begitu Anda bisa memasarkan produk di kalangan ibu-ibu di sekitar Anda atau di supermarket terdekat.

2. Percantik Kemasan Agar Pembeli Tertarik

Kemasan yang cantik akan menarik pembeli untuk mencobanya. Hal ini jarang menjadi perhatian orang karena memang akan menjadikan harga sedikit berbeda. Akan tetapi Anda bisa melihat harga antara sayuran yang dijual di pasar dengan di supermarket

Dari pengemasan tampak sangat jauh berbeda, karena dari segi pengemasan pun berbeda diantara keduanya. 

Maka dari itu salah satu langkah untuk meningkatkan harga jual adalah dengan menjadikan kemasan lebih estetik sehingga bisa dipasarkan di berbagai tempat yang lebih menarik. Akan tetapi hal ini jarang diperhatikan mengingat untuk kemasan yang lebih menarik membutuhkan modal yang lebih banyak sedikit dibandingkan dengan kemasan biasa.

3. Tentukan Lokasi Pemawaran atau Penjualan yang Tepat

Tips memasarkan produk baru selanjutnya adalah dengan menentukan lokasi penjualan yang tepat. Jika Anda menjual produk minuman kekinian. 

Maka kawasan yang dituju atau dijadikan tempat jualan yang tepat adalah di lokasi strategis bisa di pinggir jalan atau di persimpangan, dengan cuaca yang mendukung alias panas. 

Dengan begitu Anda seolah membuka peluang agar dilihat banyak orang terutama kalangan remaja atau anak-anak yang sedang haus di tengah jalan.

Bisa dibayangkan jika Anda menjual es di tempat yang dingin dan ditempat yang tidak tampak alias terpencil. Maka kemungkinan dikenal dan diketahui akan sedikit dan pastinya akan mempengaruhi penjualan dan omset Anda ke depannya.

4. Berikan Promo di Awal Penjualan

Semakin banyak promo makanakan semakin mudah untuk menggaet pembeli untuk mencoba produk Anda. Dengan adanya promo di awal memudahkan calon konsumen untuk mengajak teman-temannya untuk membeli secara bersama. Misalkan beli 2 gratis 1. 

Maka bagian satu tersebut akan dicoba oleh satu orang lagi dan akan memancing untuk membeli di kemudian hari jika merasakan kecocokan dengan produk Anda.

Bisa juga memberikan promo berupa voucher atau sejenisnya jika dikumpulkan dalam jumlah sekian akan mendapatkan satu produk smdengan menukan sekian voucher yang didapatkan dari setiap pembelian. Hal ini memancing untuk terus membeli guna mendapatkan gratis tersebut sesuai jumlah voucher yang dikumpulkan.

5. Manfaatkan Pelanggan Anda untuk Memasarkannya

Salah satu cara untuk meminta pelanggan untuk membantu Anda adalah dengan memberikan review pada Google review lokasi Anda atau juga bisa dengan memberikan model pemasaran lainnya. 

Bisa juga dengan memberikan ulasan pada Google dengan peringkat baik akan memudahkan pembeli lain untuk menemukan toko atau tempat jualan Anda. Anda bisa memberi potongan harga sebagai reward pembeli yang sudah memberikan review tersebut.

Bisa juga Anda manfaatkan dengan meminta nomor telepon untuk memudahkan apabila sewaktu waktu membutuhkan pembelian secara delivery online. Anda hisa memanfaatkan untuk melakukan promosi melalui WhatsApp atau aplikais lainnya yang dilihat banyak orang.

6. Optimalkan Pemasaran dengan Media Online

Memiliki media online baik media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran produk. 

Anda bisa memasarkannya melalui marketplace atau sosial media Anda. Bisa dengan memposting produk Anda dan juga meninggalkan nomor untuk kelanjutan transaksi. Hal ini dirasa efisien mengingat langsung bisa diproses dengan mudah dan cepat. Jika membutuhkan pengiriman juga bisa dilakukan pengiriman di hari yang sama. 

Untuk pemasaran melalui media online jangan lupa untuk menyertakan nomor atau link untuk menghubungkan Anda dengan pembeli. Hal ini seringkali ketinggalan atau terlupa padahal banyak diluar sana yang tertarik dengan produk Anda. Selain itu juga harga barang sehingga pembeli bisa menentukan barang yang akan dibeli beserta perkiraan ongkir yang akan ditangguhkan kepadanya.

7. Menjadi Sponsor Untuk mengenalkan Produk

Bagi pengusaha atau oemilik usaha baru yang memiliki modal yang cukup besar, salah satu tips memasarkan peoduk baru yang luar biasa adalah dengan menjadi sponsor suatu kegiatan agar bisa dikenal banyak orang. 

Hal ini dirasa cukup efisien mengingat di setiap kegiatan seringkali berkaitan dengan banyak orang sehingga bisa mengenal produk Anda. Misalkan jika produk Anda adalah makanan, Anda bisa melakukan promosi dengan menyertakan stiker label pada kotak atau kemasan makanan dan sertakan nomor atau media sosial yang bisa digunakan untuk menyambungkan Anda dengan konsumen.

Beberapa orang akan tertarik untuk menghubungi Anda jika membutuhkan produk Anda dan bisa juga merekomendasikan ke orang lain jika memang produk Anda berkualitas sesuai dengan harapan calon konsumen. 

Dengan cara menjadi sponsor Anda akan menjaring lebih luas calon konsumen Anda lebih luas lagi dan akan lebih banyak dikenal. Semakin dikenal maka akan semakin luas pula target pasar Anda nantinya.

8. Melakukan Kegiatan Amal 

Salah satu teori yang jarang dilakukan atau kadang seringkali terlupa namun sangat mempengaruhi penghasilan adalah dengan melakukan amal. Semakin banyak Anda memberi maka akan semakin banyak pula yang akan Anda dapatkan. 

Simak juga sejumlah informasi berikut ini.

Baca juga:





Beberapa tips memasarkan produk baru tersebut bisa Anda jadikan acuan sebelum memulai usaha atau melangkah ke arah pemasaran usaha. Semakin Anda siap mental untuk memulai usaha, maka akan semakin kuat pula pondasi Anda untuk bisa survive di segala kondisi usaha Anda di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Penulis: Latifah
Related Posts